psikologi ABK (studi kasus)


LAPORAN STUDI LAPANGAN
1.      Identifikasi klien
Nama               : M. Nor Hayan
Karakteristik   : -  tidak bisa tenang
-       Mudah terganggu dengan teman yang ribut
-       Komunikasi non verbal
-       Terlambat perkembangan bicara
-       Suka memukul teman
-       Suka menganggu
-       Suka mengambil barang milik teman
Usia                 : 7 tahun
Identifikasi     : Gejala Ketunalarasan dan hambatan wicara (berdasarkan instrumen non formal)
2.      Tujuan Pengajaran
a.       Perilaku     : agar anak menjadi patuh dan duduk tenang
b.      Kognitif    : pemahaman anak dalam bentuk persepsi benda secara visual
3.      Strategi Pengajaran
a.       Perilaku     : secara bertahap, mencari perhatian anak
b.      Kognitif    : dengan menggunakan media bergambar
4.      Materi/bahan
-            Untuk perilaku agar anak menjadi patuh mau duduk tenang memerlukan pendekatan secara emosional dengan mencari perhatian anak.
-            Untuk kognitif menggunakan media bergambar dalam pemahaman anak terhadap suatu benda, karena anak berkomunikasi dengan non verbal maka anak disuruh menunjuk gambar yang diminta.
5.      Uji strategi dan bahan
a.       Sesi 1         :
Tanggal           : 27 Oktober 2014
Jam                  : 08.30-09.30 WITA
b.      Sesi 2
Tanggal           : 28 Oktober 2014.
Jam                  : 08.30-09.30 WITA

c.       Sesi 3
Tanggal           : 29 Oktober 2014.
Jam                  : 08.30-09.30 WITA
6.      Evaluasi
4        November 2014
Hasil evaluasi :
-          Anak mendapatkan perhatian melalui media gambar benda yang ia suka.
-          Anak kurang lebih sudah dapat mengikuti instruksi.
-          Anak dapat menunjukkan bentuk gambar yang dimaksud dari 2 pilihan – 3 pilihan
-          Anak dapat mengambil gambar sendiri yang dimaksud.




















Lampiran
Uji strategi bahan dan materi
Pertemuan 1
Strategi :
27 Oktober 2014

Tahap instruksi

Bisa

Belum Bisa

Perkenalan diri dengan pendekatan langsung terhadap anak

ü



Mencari perhatian anak sampai ia patuh terhadap instruksi



ü

Setiap pertemuan dilakukan ± 1 jam

ü



Mencari perhatian dengan memanggil nama anak



ü

Dengan menunjukkan benda yang ia suka

ü



Menyuruh anak duduk diam



ü

Anak disuruh duduk dengan kursi dan meja bedekatan dengan observer

ü



Anak diberi pertanyaan dengan menunjukkan gambar benda :

-          Mana gambar sepatu ?

-          Mana gambar baju ?

-          Mana gambar mobil ?

-          Mana gambar pesawat ?

-          Mana gambar rumah ?

*disuruh menunjuk gambar dengan 2 pilihan gambar







ü

ü



ü

ü





ü











Pertemuan 2
Strategi :
28 Oktober 2014

Tahap instruksi

Bisa

Belum Bisa

Anak sudah mengenal dengan observer

ü



Anak mulai mendapatkan perhatian dengan instruksi

ü



Setiap pertemuan dilakukan ± 1 jam

ü



Mencari perhatian dengan memanggil nama anak



ü

Dengan menunjukkan benda yang ia suka

ü



Menyuruh anak duduk diam



ü

Mengenalkan gambar yang ingin ditunjukkan pada anak

ü



Anak diberi pertanyaan dengan menunjukkan gambar benda :

-          Mana gambar sepatu ?

-          Mana gambar baju ?

-          Mana gambar kaos kaki ?

-          Mana gambar topi ?

-          Mana gambar rumah ?

-          Mana gambar buku ?

-          Mana gambar pensil ?

*disuruh menunjuk gambar dengan 3 pilihan gambar



ü

ü



ü

ü







ü





ü

ü












Pertemuan 3
Strategi :
29 Oktober 2014

Tahap instruksi

Bisa

Belum Bisa

Anak duduk dengan observer

ü



Anak mulai mendapatkan perhatian dengan instruksi

ü



Setiap pertemuan dilakukan ± 1 jam

ü



Mencari perhatian dengan memanggil nama anak

ü



Dengan menunjukkan kartu gambar yang ada dimeja

ü



Mengenalkan gambar yang ingin ditunjukkan pada anak

ü



Anak diberi pertanyaan dengan menunjukkan gambar benda :

-          Mana gambar sendal ?

-          Mana gambar celana ?

-          Mana gambar topi ?

-          Mana gambar rumah ?

-          Mana gambar buku ?

-          Mana gambar pensil ?

*disuruh mengambil gambar dengan semua pilihan gambar diatas mejanya





ü

ü

ü

ü

ü



ü












Komentar

Postingan populer dari blog ini

instrumen asesmen ABK (kesulitan membaca)

instrumen identifikasi anak hiperaktif

identifikasi anak tuna daksa (laporan observasi)