instrumen identifikasi anak hiperaktif


KISI-KISI PENYUSUNAN INSTRUMEN IDENTIFIKASI
KETERAMPILAN PRA-AKADEMIS
ANAK HIPERAKTIF (ADHD)
KOMPONEN
RUANG LINGKUP
INDIKATOR IDENTIFIKASI








Aspek Perkembangan / hiperaktif, impulsif dan kurang perhatian
1. Perkembangan Kognitif
  1. Mengenal cara perhatian anak terhadap tugas
  2. Melihat cara berpikir anak di sekolah
  3. Mengenali keaktifan anak dalam proses akademik
  4. Mengenali cara perkembangan koginitif anak di lingkungan
2. Perkembangan Emosi
  1. Melihat kontrol emosi anak
  2. Mengenali rasa empati anak
  3. Mengenali gejala impulsifitas anak
  4. Mengenali keaktifan anak dalam bergerak
3. Perkembangan Sosial
  1. Mengenali tumbuh kembang anak dilingkungan
  2. Mengenali cara interaksi anak





1. LEMBAR OBSERVASI
INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK HIPERAKTIF

IDENTITAS :

Nama               :                                                           Kelas               :
Usia saat ini     :                                                           Asal sekolah    :
Jenis Kelamin  :                                                          
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK



PERKEMBANG-AN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN























PERKEMBANG-AN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN




























PERKEMBANG-AN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN

1.       Anak tidak mendengarkan instruksi dari Guru

2.       Anak tidak mampu duduk selama 15 detik

3.       Anak bergerak lebih aktif dari anak lain

4.       Anak menabrak meja dan kursi di dalam kelas

5.       Anak tidak mampu memusatkan perhatian bermain warna

6.       Anak tidak perhatian dalam tugas yang diberikan

7.       Sering lupa kalau disuruh

8.       Gelisah saat disuruh duduk diam

9.       Anak dapat mengerjakan tugas sesuai instruksi

10.   Anak tidak duduk tenang dalam belajar mengelompokkan ukuran benda kecil dan besar

11.   Anak tidak bersikap tenang dan berkonsentrasi dalam belajar benda yang kecil, sedang dan besar

12.   Anak gelisah dalam mengelompokkan ukuran benda panjang dan pendek

13.   Anak tidak mampu melipat kertas dengan rapi

14.   Anak beceloteh saat menulis
15.   Anak tidak mampu menunggu pembagian mainan oleh guru

16.   Anak tidak menghiraukan disuruh menulis di papan tulis

17.   Anak tidak mampu mendengar dan memperhatikan guru

18.   Anak tidak mau mengerjakan tugas

19.   Anak cepat lupa meletakkan alat tulisnya

20.   Anak tidak fokus dalam belajar menyusun balok dengan benar

21.   Terlalu cepat/ lambat mengerjakan tugas

22.   Suka marah-marah tidak jelas saat mengerjakan tugas

23.   Sering frustasi dalam mengerjakan tugas
24.   Menjawab sebelum pertanyaan guru selesai

25.   Suka menari tanpa kendali saat belajar

26.   Sering mencari perhatian guru dengan  keaktifannya

27.   Paling bosan saat disuruh menulis
























INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN EMOSI ANAK HIPERAKTIF
(OBSERVASI)
IDENTITAS   :

Nama               :                                                                                   Kelas               :
Usia saat ini     :                                                                                   Asal sekolah    :
Jenis kelamin   :                                                          
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK






PERKEMBA-NGAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN


























PERKEMBA-NGAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN





























PERKEMBA-NGAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN

1.      Anak mengganggu temannya saat belajar

2.      Anak bergerak kacau di kelas

3.      Anak memukul teman saat belajar menyusun balok

4.      Anak  keluar kelas sebelum jam istirahat

5.      Anak mencela guru saat belajar

6.      Anak naik ke atas meja saat belajar

7.      Meletakkan mainan dengan sembrono


8.      Anak mengambil pensil temannya saat belajar

9.      Anak tidak memasukkan kembali buku tulisnya

10.  Anak tidak duduk dengan tenang di kelas

11.  Anak melempar objek mainannya kepada teman

12.  Anak tidak dapat mengekspresikan saat ia merasa suka atau tidak

13.  Anak tidak mengembalikan alat tulis yang dipinjamnya

14.  Anak mengambil makanan temannya saat istirahat

15.  Anak memukul teman saat mengantri



16.  Anak menabrak temannya saat di dalam kelas

17.  Anak menabrak papan tulis saat berjalan

18.  Anak menabrak meja saat berjalan

19.  Anak mempunyai waktu tidur yang sedikit

20.  Sering menghindar ketika disuruh makan

21.  Tidak suka dipeluk

22.  Sering marah dan frustasi saat bosan

23.  Sering berputar-putar di dalam kelas

24.  Tidak suka berada dalam ruangan kecil

25.  Melempar barang tanpa kendali

26.  Tantrum saat dipeluk

27.  Suka mengejek temannya tanpa kendali

28.  Sering menghamburkan barang yang disekatnya

29.  Suka berceloteh tidak jelas saat disuruh tidur

30.  Tidak mempunyai rasa lelah dalam aktifitasnya






















INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK HIPERAKTIF
(OBSERVASI)
IDENTITAS :

Nama               :                                                           Kelas               :
Usia saat ini     :                                                           Asal sekolah    :
Jenis Kelamin  :                                                          
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK





PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN



























PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN




































PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN































PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN






















PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN


1.      Anak bersikap aktif / pasif terhadap orang yang baru ia kenal

2.      Anak tidak  menghiraukan guru pengajarnya

3.      Anak tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru

4.      Anak tidak mau bermain secara berkelompok

5.      Anak tidak menghiraukan sekitarnya bermain



6.      Sering membuat ramai karena keaktifannya

7.      Anak lebih banyak bicara tidak jelas

8.      Anak sering memotong pembicaraan orang lain

9.      Anak sering lupa dan tidak fokus dalam tugas kelompok dengan temannya

10.  Pola istirahat anak yang sedikit

11.  Tidak merasa kelelahan dengan gerakan-gerakan kacau sepanjang hari

12.  Tidak menghiraukan ibunya yang memanggil

13.  Tidak mau diam

14.  Selalu menunda pekerjaan
15.  Sulit diajak bicara secara langsung (berhadapan)

16.  Tantrum saat keinginannya tidak ada yang mengerti

17.  Pola makan yang sulit/ tidak teratur

18.  Hanya memikirkan diri sendiri

19.  Sering menjatuhkan temannya saat berlari

20.  Lebih suka berada di luar ruangan (out door)

21.  Anak tidak dapat mengenal dan menyebutkan nama temannya di dalam kelas

22.  Anak tidak dapat disuruh memperkenalkan diri



23.  Anak sering tidak menyadari orang baru di lingkungannya

24.  Anak tidak memperhatikan temannya mengajak bicara

25.  Anak tidak dapat mengatakan pinjam pensil dengan temannya

26.  Anak tidak dapat menunjukkan orangtuanya saat ditanya guru

27.  Anak sering bingung dengan orang baru

28.  Anak tida  bermain tenang dengan teman

29.  Anak menghindar saat ditanya namanya

30.  Anak tidak membantu temannya yang jatuh


31.  Anak tidak dapat meminjamkan buku dengan temannya

32.  Anak berjalan-jalan di dalam kelas

33.  Anak tidak dapat mengikuti gerakan guru saat olahraga

34.  Anak tidak menoleh saat dipanggil

35.  Anak tidak dapat berinteraksi dengan sopan

36.  Anak tidak merespon lawan bicaranya

37.  Anak tidak bersikap baik dengan lingkungannya

38.  Anak tidak dapat bicara meminta untuk pergi ke toilet





                                                           



2. LEMBAR TEST
INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK HIPERAKTIF
(TEST)
IDENTITAS :

Nama               :                                                           Kelas               :
Usia saat ini     :                                                           Asal sekolah    :
Jenis Kelamin  :                                                          
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK











PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN





















PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN


























PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
































PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
























PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN

1.      Anak tidak mendengarkan instruksi dari Guru
( Panggil anak dan berikan insturksi pada anak)

2.      Anak tidak mampu duduk selama 15 detik
(Suruh anak untuk duduk diam)

3.      Anak bergerak lebih aktif dari anak lain
(Lihat gerakan keaktifan anak, gerakan kacau atau terarah)

4.      Anak menabrak meja dan kursi di dalam kelas
(Lihat gerakan yang ditimbulkan anak berdampak dapat menabrak benda disekitarnya)

5.      Anak tidak mampu memusatkan perhatian bermain warna
(Berikan anak permainan dalam menyusun warna)

6.      Anak tidak perhatian dalam tugas yang diberikan
( Berikan tugas dan dampingi anak)

7.      Sering lupa kalau disuruh
( Suruh anak mengambil benda)

8.      Gelisah saat disuruh duduk diam
(Suruh anak tetap duduk dan diam)

9.      Anak dapat mengerjakan tugas sesuai instruksi
(Berikan Instruksi pada anak)


10.  Anak tidak duduk tenang dalam belajar mengelompokkan ukuran benda kecil dan besar
(Suruh anak mengelompokkan ukuran benda)

11.  Anak tidak bersikap tenang dan berkonsentrasi dalam belajar benda yang kecil, sedang dan besar
(Berikan anak pembelajaran menyusun benda)

12.  Anak gelisah dalam mengelompokkan ukuran benda panjang dan pendek
(Suruh anak untuk bermain mengelompokkan ukuran)

13.  Anak tidak mampu melipat kertas dengan rapi
(Suruh anak untuk bermain melipat kertas)


14.  Anak beceloteh saat menulis
( Lihat aktifitas anak saat menulis)

15.  Anak tidak mampu menunggu pembagian mainan oleh guru
(Suruh anak mengantri)

16.  Anak tidak menghiraukan disuruh menulis di papan tulis
(Suruh anak untuk ke depan)

17.  Anak tidak mampu mendengar dan memperhatikan guru
(Lihat kefokusan anak)

18.  Anak tidak mau mengerjakan tugas
(Suruh anak mengerjakan tugas)

19.  Anak cepat lupa meletakkan alat tulisnya
(Suruh anak mengambil alat tulisnya)


20.  Anak tidak fokus dalam belajar menyusun balok dengan benar
(Suruh anak menyusun balok-balok dengan rapi)

21.  Terlalu cepat/ lambat mengerjakan tugas
(Lihat gerakan anak anak dalam mengerjakan tugas, terlalu cepat/lambat)

22.  Suka marah-marah tidak jelas saat mengerjakan tugas
(Lihat nanak saat mengerjakan tugas)

23.  Sering frustasi dalam mengerjakan tugas
(Dampingi anak dalam menyelesaikan tugas, lihat titik Frustasi nya)

24.  Menjawab sebelum pertanyaan guru selesai
(Berikan pertanyaan pada anak)



25.  Suka menari tanpa kendali saat belajar :
(Lihat keaktifan anak dalam kelas)

26.  Sering mencari perhatian guru dengan  keaktifannya
(Lihat keaktifan anak dalam mencari perhatian)

27.  Paling bosan saat disuruh menulis
(Perhatikan anak dalam menulis)






















INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN EMOSI ANAK HIPERAKTIF
(TEST)
IDENTITAS :

Nama               :                                                           Kelas               :
Usia saat ini     :                                                           Asal sekolah    :
Jenis Kelamin  :                                                          
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK







PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN



























PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN























PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN



























PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN




































PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN






















PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN

1.      Anak mengganggu temannya saat belajar
(Lihat Gerakan anak dalam kelas, mengganggu atau tidak)

2.      Anak bergerak kacau di kelas
(Lihat keaktifan anak)

3.      Anak memukul teman saat belajar menyusun balok
(Lihat emosi anak saat belajar menyusun balok)

4.      Anak  keluar kelas sebelum jam istirahat
(Dampingi anak dalam menunggu jam istirahat)



5.      Anak mencela guru saat belajar
(Lihat emosi bicara anak)

6.      Anak naik ke atas meja saat belajar
(Amati aktifitas gerakan anak dalam belajar)

7.      Meletakkan mainan dengan sembrono
(Suruh anak meletakkan mainan ditempatnya)

8.      Anak mengambil pensil temannya saat belajar
(Lihat gerakan anak yang mendekati temannya)

9.      Anak tidak memasukkan kembali buku tulisnya
(Bisa/ tidak anak memasukkan buku tulis setelah belajar)

10.  Anak tidak duduk dengan tenang di kelas
(Lihat keaktifan anak, tenang/ kacau)

11.  Anak melempar objek mainannya kepada teman
(Berikan anak mainan di tangannya)

12.  Anak tidak dapat mengekspresikan saat ia merasa suka atau tidak
(Tanyakan pada anak ia suka benda tersebut/ tidak)

13.  Anak tidak mengembalikan alat tulis yang dipinjamnya
(Minta anak mengembalikan alat tulis yang dipinjamnya)

14.  Anak mengambil makanan temannya saat istirahat
(Lihat aktifitas anak saat istirahat)

15.  Anak memukul teman saat mengantri
(Suruh anak untuk menunggu dibelakang temannya)

16.  Anak menabrak temannya saat di dalam kelas
(Lihat keaktifan anak dalam kelas)

17.  Anak menabrak papan tulis saat berjalan
(Amati gerak anak seperti dikendalikan motor)

18.  Anak menabrak meja saat berjalan
(Amati gerak anak seperti dikendalikan motor)

19.  Anak mempunyai waktu tidur yang sedikit
(Suruh anak istirahat dari keaktifannya)

20.  Sering menghindar ketika disuruh makan
(Suruh anak untuk makan)

21.  Tidak suka dipeluk
((mencoba peluk anak disela keaktifannya)
22.  Sering marah dan frustasi saat bosan
(Tes emosi anak dalam mengerjakan tugas)

23.  Sering berputar-putar di dalam kelas
(Amati gerakan anak)

24.  Tidak suka berada dalam ruangan kecil
(bawa anak dalam ruangan/ kelas)

25.  Melempar barang tanpa kendali
(Letakkan barang-barang disekitar anak)

26.  Tantrum saat dipeluk
(Peluk anak di sela keaktifannya)

27.  Suka mengejek temannya tanpa kendali
(Suruh anak berinteraksi dengan temannya)

28.  Sering menghamburkan barang yang disekatnya
(Biarkan barang ada didekat anak)

29.  Suka berceloteh tidak jelas saat disuruh tidur
(Lihat kektifan anak saat tidur)

30.  Tidak mempunyai rasa lelah dalam aktifitasnya
(coba disuruh terus bergerak)























INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK HIPERAKTIF
(TEST)
IDENTITAS :

Nama               :                                                           Kelas               :
Usia saat ini     :                                                           Asal sekolah    :
Jenis Kelamin  :                      
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK





PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN



























PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN




































PERKEMBANGAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
1.      Anak bersikap aktif / pasif terhadap orang yang baru ia kenal
(Coba perkenalkan diri anda kepada anak)

2.      Anak tidak  menghiraukan guru pengajarnya
(Komunikasikan tugas yang akan dikerjakan anak)

3.      Anak tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru :
(Coba ajak anak dalam berinteraksi)




4.      Anak tidak mau bermain secara berkelompok :
(Suruh anak berada dalam kelompok)

5.      Anak tidak menghiraukan sekitarnya bermain :
(Suruh anak ikut bermain dengan temannya)

6.      Sering membuat ramai karena keaktifannya
(Ikuti anak dalam setiap gerakannya)

7.      Anak lebih banyak bicara tidak jelas
(Ajak anak berkomunikasi)

8.      Anak sering memotong pembicaraan orang lain
(Ajak anak bicara lebih dekat)




9.      Anak sering lupa dan tidak fokus dalam tugas kelompok dengan temannya
(minta anak meriviu tugas kelompoknya)

10.  Pola istirahat anak yang sedikit
(Suruh anak istirahat disela keaktifannya)

11.  Tidak merasa kelelahan dengan gerakan-gerakan kacau sepanjang hari
(Suruh anak terus-menerus bergerak)

12.  Tidak menghiraukan ibunya yang memanggil
(Coba untuk memanggil namanya)

13.  Tidak mau diam
(Suruh anak untuk diam)

14.  Selalu menunda pekerjaan
(Suruh anak mengerjakan segera tugasnya)

15.  Sulit diajak bicara secara langsung /berhadapan
(Cari perhatian anak dengan komunikasi langsung)

16.  Tantrum saat keinginannya tidak ada yang mengerti
(Minta apa yang anak mau)

17.  Pola makan yang sulit/ tidak teratur
(Suruh anak untuk makan di jam yang teratur)

18.  Hanya memikirkan diri sendiri
(Suruh anak untuk membantu temannya)

19.  Sering menjatuhkan temannya saat berlari
(Suruh anak untuk berlari dan lihat gerakannya)

20.  Lebih suka berada di luar ruangan /out door
(Ajak anak keluar dari dalam kelas)
21.  Anak tidak dapat mengenal dan menyebutkan nama temannya di dalam kelas
(Minta anak untuk menyebutkan teman-temanya)

22.  Anak tidak dapat disuruh memperkenalkan diri
(Minta anak memperkenalkan dirinya)

23.  Anak sering tidak menyadari orang baru di lingkungannya
(Coba perkenalkan diri anda dihadapan anak)

24.  Anak tidak memperhatikan temannya mengajak bicara
(Minta anak lain untuk bicara dengannya)

25.  Anak tidak dapat mengatakan pinjam pensil dengan temannya
(Minta anak untuk meminjam pensil pada temannya)

26.  Anak tidak dapat menunjukkan orangtuanya saat ditanya guru
(Tanya anak yang mana orangtuanya)

27.  Anak sering bingung dengan orang baru
(Ajak bicara anak)

28.  Anak tidak  bermain tenang dengan teman
(Kumpulkan anak untuk bermain dengan temannya)

29.  Anak menghindar saat ditanya namanya
(Tanyakan siapa namanya)

30.  Anak tidak membantu temannya yang jatuh
(Minta anak melihat temannya yang jatuh)

31.  Anak tidak dapat meminjamkan buku dengan temannya :
(Minta anak mengatakan untuk meminjam buku dengan temannya)

32.  Anak berjalan-jalan di dalam kelas
(Amati gerakan anak)

33.  Anak tidak dapat mengikuti gerakan guru saat olahraga
(Minta anak mengikuti gerakan guru olahraga nya)

34.  Anak tidak menoleh saat dipanggil
(Panggil nama anak saat ia bergerak kesana kemari)

35.  Anak tidak dapat berinteraksi dengan sopan
(Ajak anak dalam berinteraksi langsung/

36.  Anak tidak merespon lawan bicaranya
(Ajak anak bicara berhadapan)

37.  Anak tidak bersikap baik dengan lingkungannya
(Bawa anak berada dalam kelompok)

38.  Anak tidak dapat bicara meminta untuk pergi ke toilet
(Tanyakan anak apakah ia ingin ke toilet)


























3. LEMBAR DOKUM ENTASI
            Dalam  lembar  dokumentasi  didapat  dari  doku men pihak sekolah yang mekuan wawancra sebelum nak mauk ke sekolah tersebut.
A.    Identitas Anak
Nama                           :                                   Jenis kelamin               :
Usia                             :                                   Tempat Tanggal Lahir :
Kelas                           :                                   Jenis Hambatan           :
Agama                         :                                   Anak ke                       :
Status dalam keluarga :                                   Jumlah Saudara           :
Tinggi Badan             :                                   Berat Badan                :
Golongan Darah          :
B. Keterangan Orangtua / Wali
Nama Ayah                 :                                               Umur               :                                   Pendidikan Terakhir :                                               Pekerjaan         :
Nama Ibu                       :                                   Pendidikan Terakhir    :
Pekerjaan                        :                                   Alamat Orang Tua      :
Nama Wali (bila ada)              :                                   Umur               :
Pendidikan Terakhir                :                                   Pekerjaan         :
Hubungan dengan Anak         :                                   Alamat Wali    :



4. LEMBAR WAWANCARA
Dalam aspek lembar wawancara langsung dengan guru dan orangtua anak yang berada di sekolah.
INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK HIPERAKTIF
(WAWANCARA)
IDENTITAS :

Nama               :                                                           Kelas               :
Usia saat ini     :                                                           Asal sekolah    :
Jenis Kelamin  :                                              
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK










PERKEMBANG-AN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN



























PERKEMBANGAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
1.      Apakah anak tidak mendengarkan instruksi dari Guru saat di dalam kelas?

2.      Apakah anak tidak mampu duduk selama 15 detik di dalam kelas?

3.      Apakah anak bergerak lebih aktif dari anak lain?

4.      Apakah anak sering menabrak meja dan kursi di dalam kelas dengan keaktifannya?


5.      Apakah anak tidak mampu memusatkan perhatian saat bermain warna?

6.      Apakah anak tidak memperhatikan dalam tugas yang diberikan?

7.      Apakah anak sering lupa kalau disuruh ?

8.      Apakah anak gelisah saat disuruh duduk diam ?

9.      Apakah anak dapat mengerjakan tugas sesuai instruksi ?

10.  Apakah anak tidak duduk tenang dalam belajar mengelompokkan ukuran benda kecil dan besar di dalam kelas ?

11.  Apakah anak tidak bersikap tenang dan berkonsentrasi dalam belajar benda yang kecil, sedang dan besar?


12.  Apakah anak gelisah dalam mengelompokkan
ukuran benda panjang dan pendek ?

13.  Apakah anak tidak mampu melipat kertas dengan rapi ?

14.  Apakah anak beceloteh saat menulis ?

15.  Apakah anak tidak mampu menunggu pembagian mainan oleh guru?

16.  Apakah anak tidak menghiraukan disuruh menulis di papan tulis?

17.  Apakah anak tidak mampu mendengar dan memperhatikan guru?

18.  Apakah anak tidak mau mengerjakan tugas?



19.  Apakah anak cepat lupa meletakkan alat tulisnya?

20.  Apakah anak tidak fokus dalam belajar menyusun balok dengan benar?

21.  Apakah anak terlalu cepat/ lambat mengerjakan tugas?

22.  Apakah anak suka marah-marah tidak jelas saat mengerjakan tugas?

23.  Apakah anak sering frustasi dalam mengerjakan tugas?

24.  Apakah anak memberikan jawaban sebelum pertanyaan guru selesai?

25.  Apakah anak suka menari tanpa kendali saat belajar?



26.  Apakah anak sering mencari perhatian guru dengan  keaktifannya?

27.  Apakah anak merasa paling bosan saat disuruh menulis?






























INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN EMOSI ANAK HIPERAKTIF
(WAWANCARA)
IDENTITAS :

Nama               :                                                           Kelas               :
Usia saat ini     :                                                           Asal sekolah    :
Jenis Kelamin  :                                                          
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK






PERKEMBA-NGAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
























PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
1.      Apakah anak mengganggu temannya saat belajar?

2.      Apakah anak selalu bergerak kacau di kelas?

3.      Apakah anak memukul teman saat belajar menyusun balok?

4.      Apakah anak  keluar kelas sebelum jam istirahat?

5.      Apakah anak mencela guru saat belajar?

6.      Apakah anak naik ke atas meja saat belajar?

7.      Apakah anak meletakkan mainan dengan sembrono?

8.      Apakah anak sering mengambil pensil temannya saat belajar?

9.      Apakah anak tidak memasukkan kembali buku tulisnya?

10.  Apakah anak tidak duduk dengan tenang di kelas?

11.  Apakah anak melempar objek mainannya kepada teman?

12.  Apakah anak tidak dapat mengekspresikan saat ia merasa suka atau tidak?

13.  Apakah anak tidak mengembalikan alat tulis yang dipinjamnya?

14.  Apakah anak mengambil makanan temannya saat istirahat?

15.  Apakah anak memukul teman saat mengantri?

16.  Apakah anak menabrak temannya saat di dalam kelas?

17.  Apakah anak menabrak papan tulis saat berjalan?

18.  Apakah anak menabrak meja saat berjalan?

19.  Apakah anak mempunyai waktu tidur yang sedikit?

20.  Apakah anak sering menghindar ketika disuruh makan?


21.  Apakah anak tidak suka dipeluk?

22.  Apakah anak sering marah dan frustasi saat ia merasa bosan?

23.  Apakah anak sering berputar-putar di dalam kelas?

24.  Apakah anak tidak suka berada dalam ruangan kecil?

25.  Apakah anak sering melempar barang tanpa kendali?

26.  Apakah anak tantrum saat dipeluk?

27.  Apakah anak suka mengejek temannya tanpa kendali?

28.  Apakah anak sering menghamburkan barang yang didekatnya?

29.  Apakah anak suka berceloteh tidak jelas saat disuruh tidur?

30.  Apakah anak tidak mempunyai rasa lelah dalam aktifitasnya?


































INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK HIPERAKTIF
(WAWANCARA)
IDENTITAS :

Nama               :                                                           Kelas               :
Usia saat ini     :                                                           Asal sekolah    :
Jenis Kelamin  :                                              
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK







PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN



























PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN




































PERKEMBANGAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
1.      Apakah anak bersikap aktif / pasif terhadap orang yang baru ia kenal?

2.      Apakah anak tidak  menghiraukan guru pengajarnya?

3.      Apakah anak tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru?

4.      Apakah anak tidak mau bermain secara berkelompok?

5.      Apakah anak tidak menghiraukan sekitarnya saat bermain?

6.      Apakah anak sering membuat ramai karena keaktifannya?

7.      Apakah anak lebih banyak bicara tidak jelas?

8.      Apakah anak sering memotong pembicaraan orang lain?

9.      Apakah anak sering lupa dan tidak fokus dalam tugas kelompok dengan temannya?

10.  Apakah pola istirahat anak sedikit?

11.  Apakah anak tidak merasa kelelahan dengan gerakan-gerakan kacau sepanjang hari?

12.  Apakah anak tidak menghiraukan ibunya yang memanggil?


13.  Apakah anak tidak mau diam?

14.  Apakah anak selalu menunda pekerjaannya?

15.  Apakah anak sulit diajak bicara secara langsung (berhadapan)?

16.  Apakah anak tantrum saat keinginannya tidak ada yang mengerti?

17.  Apakah pola makan anak sulit/ tidak teratur?

18.  Apakah anak hanya memikirkan diri sendiri saat melihat temannya jatuh?

19.  Apakah anak sering menjatuhkan temannya saat berlari?



20.  Apakah anak lebih suka berada di luar ruangan (out door)?

21.  Apakah anak tidak dapat mengenal dan menyebutkan nama temannya di dalam kelas?

22.  Apakah anak tidak dapat disuruh memperkenalkan diri saat disuruh untuk memperkenalkan?

23.  Apakah anak sering tidak menyadari orang baru di lingkungannya?

24.  Apakah anak tidak memperhatikan temannya mengajak bicara?

25.  Apakah anak tidak dapat mengatakan pinjam pensil dengan temannya?

26.  Apakah anak tidak dapat menunjukkan orangtuanya saat ditanya guru?

27.  Apakah anak sering bingung dengan orang baru?

28.  Apakah anak tidak  bermain tenang dengan teman?

29.  Apakah anak menghindar saat ditanya namanya?

30.  Apakah anak tidak membantu temannya yang jatuh?

31.  Apakah anak tidak dapat meminjamkan buku dengan temannya?

32.  Apakah anak berjalan-jalan di dalam kelas?

33.  Apakah anak tidak dapat mengikuti gerakan guru saat olahraga?

34.  Apakah anak tidak menoleh saat dipanggil?

35.  Apakah anak tidak dapat berinteraksi dengan sopan dihadapan orang sekitarnya?

36.  Apakah anak tidak merespon lawan bicaranya?

37.  Apakah anak tidak bersikap baik dengan lingkungannya?

38.  Apakah anak tidak dapat bicara meminta untuk pergi ke toilet?




LEMBAR WAWANCARA ORANGTUA/WALI
Selain wawancara untuk guru, identifikasi di atas dapat juga untuk orangtua/wali peserta didik.
 Riwayat Hidup Anak
1. Sebelum kelahiran                                                   : apakah ibu sehat selama mengandung?
2. Saat kelahiran, lama kandungan                             : apakah cukup bulan, berat badan…. gram….cm
3. Melahirkan di                                                          : rumah bersalin/rumah sakit
4. Ditolong oleh                                                          :
5. Proses kelahiran                                                      :
6. Makanan pertama yang diberikan                           : susu kaleng, mulai umur…bulan sampai…bulan
7. Perkembangan tengkurap anak                               :
8. Perkembangan duduk anak                                     :
9. Perkembangan pengucapan kata                             :
10. Perkembangan kelancaran berbicara                     :
11. Subyek dalam hal mengisap jempol                      :          
12. Berapa jam pola tidur anak                                   :
13. Subyek terhadap perhatian dalam lingkungan      :          
14. Subyek dalam hal perasaan takut                          :
15. Subyek dalam hal perasaan malu                          :
16. Subyek dalam hal kegiatan sehari-hari                  :
17. Anak menjadi mandi sendiri                                 :
18. Anak tidak merasa lelah dengan aktifitasnya       :
19. Anak menjadi berpakaian sendiri                          :
20. Anak menjadi makan sendiri                                :
21. Anak menjadi bermain dengan mainan                 :
22. Anak menjadi bergaul dengan anak sebaya          :

KISI-KISI PENYUSUNAN INSTRUMEN IDENTIFIKASI
KETERAMPILAN PRA-AKADEMIS
ANAK HIPERAKTIF (ADHD)
KOMPONEN
RUANG LINGKUP
INDIKATOR IDENTIFIKASI








Aspek Perkembangan / hiperaktif, impulsif dan kurang perhatian
1. Perkembangan Kognitif
  1. Mengenal cara perhatian anak terhadap tugas
  2. Melihat cara berpikir anak di sekolah
  3. Mengenali keaktifan anak dalam proses akademik
  4. Mengenali cara perkembangan koginitif anak di lingkungan
2. Perkembangan Emosi
  1. Melihat kontrol emosi anak
  2. Mengenali rasa empati anak
  3. Mengenali gejala impulsifitas anak
  4. Mengenali keaktifan anak dalam bergerak
3. Perkembangan Sosial
  1. Mengenali tumbuh kembang anak dilingkungan
  2. Mengenali cara interaksi anak





1. LEMBAR OBSERVASI
INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK HIPERAKTIF

IDENTITAS :

Nama               :                                                           Kelas               :
Usia saat ini     :                                                           Asal sekolah    :
Jenis Kelamin  :                                                          
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK



PERKEMBANG-AN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN























PERKEMBANG-AN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN




























PERKEMBANG-AN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN

1.       Anak tidak mendengarkan instruksi dari Guru

2.       Anak tidak mampu duduk selama 15 detik

3.       Anak bergerak lebih aktif dari anak lain

4.       Anak menabrak meja dan kursi di dalam kelas

5.       Anak tidak mampu memusatkan perhatian bermain warna

6.       Anak tidak perhatian dalam tugas yang diberikan

7.       Sering lupa kalau disuruh

8.       Gelisah saat disuruh duduk diam

9.       Anak dapat mengerjakan tugas sesuai instruksi

10.   Anak tidak duduk tenang dalam belajar mengelompokkan ukuran benda kecil dan besar

11.   Anak tidak bersikap tenang dan berkonsentrasi dalam belajar benda yang kecil, sedang dan besar

12.   Anak gelisah dalam mengelompokkan ukuran benda panjang dan pendek

13.   Anak tidak mampu melipat kertas dengan rapi

14.   Anak beceloteh saat menulis
15.   Anak tidak mampu menunggu pembagian mainan oleh guru

16.   Anak tidak menghiraukan disuruh menulis di papan tulis

17.   Anak tidak mampu mendengar dan memperhatikan guru

18.   Anak tidak mau mengerjakan tugas

19.   Anak cepat lupa meletakkan alat tulisnya

20.   Anak tidak fokus dalam belajar menyusun balok dengan benar

21.   Terlalu cepat/ lambat mengerjakan tugas

22.   Suka marah-marah tidak jelas saat mengerjakan tugas

23.   Sering frustasi dalam mengerjakan tugas
24.   Menjawab sebelum pertanyaan guru selesai

25.   Suka menari tanpa kendali saat belajar

26.   Sering mencari perhatian guru dengan  keaktifannya

27.   Paling bosan saat disuruh menulis
























INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN EMOSI ANAK HIPERAKTIF
(OBSERVASI)
IDENTITAS   :

Nama               :                                                                                   Kelas               :
Usia saat ini     :                                                                                   Asal sekolah    :
Jenis kelamin   :                                                          
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK






PERKEMBA-NGAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN


























PERKEMBA-NGAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN





























PERKEMBA-NGAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN

1.      Anak mengganggu temannya saat belajar

2.      Anak bergerak kacau di kelas

3.      Anak memukul teman saat belajar menyusun balok

4.      Anak  keluar kelas sebelum jam istirahat

5.      Anak mencela guru saat belajar

6.      Anak naik ke atas meja saat belajar

7.      Meletakkan mainan dengan sembrono


8.      Anak mengambil pensil temannya saat belajar

9.      Anak tidak memasukkan kembali buku tulisnya

10.  Anak tidak duduk dengan tenang di kelas

11.  Anak melempar objek mainannya kepada teman

12.  Anak tidak dapat mengekspresikan saat ia merasa suka atau tidak

13.  Anak tidak mengembalikan alat tulis yang dipinjamnya

14.  Anak mengambil makanan temannya saat istirahat

15.  Anak memukul teman saat mengantri



16.  Anak menabrak temannya saat di dalam kelas

17.  Anak menabrak papan tulis saat berjalan

18.  Anak menabrak meja saat berjalan

19.  Anak mempunyai waktu tidur yang sedikit

20.  Sering menghindar ketika disuruh makan

21.  Tidak suka dipeluk

22.  Sering marah dan frustasi saat bosan

23.  Sering berputar-putar di dalam kelas

24.  Tidak suka berada dalam ruangan kecil

25.  Melempar barang tanpa kendali

26.  Tantrum saat dipeluk

27.  Suka mengejek temannya tanpa kendali

28.  Sering menghamburkan barang yang disekatnya

29.  Suka berceloteh tidak jelas saat disuruh tidur

30.  Tidak mempunyai rasa lelah dalam aktifitasnya






















INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK HIPERAKTIF
(OBSERVASI)
IDENTITAS :

Nama               :                                                           Kelas               :
Usia saat ini     :                                                           Asal sekolah    :
Jenis Kelamin  :                                                          
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK





PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN



























PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN




































PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN































PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN






















PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN


1.      Anak bersikap aktif / pasif terhadap orang yang baru ia kenal

2.      Anak tidak  menghiraukan guru pengajarnya

3.      Anak tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru

4.      Anak tidak mau bermain secara berkelompok

5.      Anak tidak menghiraukan sekitarnya bermain



6.      Sering membuat ramai karena keaktifannya

7.      Anak lebih banyak bicara tidak jelas

8.      Anak sering memotong pembicaraan orang lain

9.      Anak sering lupa dan tidak fokus dalam tugas kelompok dengan temannya

10.  Pola istirahat anak yang sedikit

11.  Tidak merasa kelelahan dengan gerakan-gerakan kacau sepanjang hari

12.  Tidak menghiraukan ibunya yang memanggil

13.  Tidak mau diam

14.  Selalu menunda pekerjaan
15.  Sulit diajak bicara secara langsung (berhadapan)

16.  Tantrum saat keinginannya tidak ada yang mengerti

17.  Pola makan yang sulit/ tidak teratur

18.  Hanya memikirkan diri sendiri

19.  Sering menjatuhkan temannya saat berlari

20.  Lebih suka berada di luar ruangan (out door)

21.  Anak tidak dapat mengenal dan menyebutkan nama temannya di dalam kelas

22.  Anak tidak dapat disuruh memperkenalkan diri



23.  Anak sering tidak menyadari orang baru di lingkungannya

24.  Anak tidak memperhatikan temannya mengajak bicara

25.  Anak tidak dapat mengatakan pinjam pensil dengan temannya

26.  Anak tidak dapat menunjukkan orangtuanya saat ditanya guru

27.  Anak sering bingung dengan orang baru

28.  Anak tida  bermain tenang dengan teman

29.  Anak menghindar saat ditanya namanya

30.  Anak tidak membantu temannya yang jatuh


31.  Anak tidak dapat meminjamkan buku dengan temannya

32.  Anak berjalan-jalan di dalam kelas

33.  Anak tidak dapat mengikuti gerakan guru saat olahraga

34.  Anak tidak menoleh saat dipanggil

35.  Anak tidak dapat berinteraksi dengan sopan

36.  Anak tidak merespon lawan bicaranya

37.  Anak tidak bersikap baik dengan lingkungannya

38.  Anak tidak dapat bicara meminta untuk pergi ke toilet





                                                           



2. LEMBAR TEST
INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK HIPERAKTIF
(TEST)
IDENTITAS :

Nama               :                                                           Kelas               :
Usia saat ini     :                                                           Asal sekolah    :
Jenis Kelamin  :                                                          
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK











PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN





















PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN


























PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
































PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
























PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN

1.      Anak tidak mendengarkan instruksi dari Guru
( Panggil anak dan berikan insturksi pada anak)

2.      Anak tidak mampu duduk selama 15 detik
(Suruh anak untuk duduk diam)

3.      Anak bergerak lebih aktif dari anak lain
(Lihat gerakan keaktifan anak, gerakan kacau atau terarah)

4.      Anak menabrak meja dan kursi di dalam kelas
(Lihat gerakan yang ditimbulkan anak berdampak dapat menabrak benda disekitarnya)

5.      Anak tidak mampu memusatkan perhatian bermain warna
(Berikan anak permainan dalam menyusun warna)

6.      Anak tidak perhatian dalam tugas yang diberikan
( Berikan tugas dan dampingi anak)

7.      Sering lupa kalau disuruh
( Suruh anak mengambil benda)

8.      Gelisah saat disuruh duduk diam
(Suruh anak tetap duduk dan diam)

9.      Anak dapat mengerjakan tugas sesuai instruksi
(Berikan Instruksi pada anak)


10.  Anak tidak duduk tenang dalam belajar mengelompokkan ukuran benda kecil dan besar
(Suruh anak mengelompokkan ukuran benda)

11.  Anak tidak bersikap tenang dan berkonsentrasi dalam belajar benda yang kecil, sedang dan besar
(Berikan anak pembelajaran menyusun benda)

12.  Anak gelisah dalam mengelompokkan ukuran benda panjang dan pendek
(Suruh anak untuk bermain mengelompokkan ukuran)

13.  Anak tidak mampu melipat kertas dengan rapi
(Suruh anak untuk bermain melipat kertas)


14.  Anak beceloteh saat menulis
( Lihat aktifitas anak saat menulis)

15.  Anak tidak mampu menunggu pembagian mainan oleh guru
(Suruh anak mengantri)

16.  Anak tidak menghiraukan disuruh menulis di papan tulis
(Suruh anak untuk ke depan)

17.  Anak tidak mampu mendengar dan memperhatikan guru
(Lihat kefokusan anak)

18.  Anak tidak mau mengerjakan tugas
(Suruh anak mengerjakan tugas)

19.  Anak cepat lupa meletakkan alat tulisnya
(Suruh anak mengambil alat tulisnya)


20.  Anak tidak fokus dalam belajar menyusun balok dengan benar
(Suruh anak menyusun balok-balok dengan rapi)

21.  Terlalu cepat/ lambat mengerjakan tugas
(Lihat gerakan anak anak dalam mengerjakan tugas, terlalu cepat/lambat)

22.  Suka marah-marah tidak jelas saat mengerjakan tugas
(Lihat nanak saat mengerjakan tugas)

23.  Sering frustasi dalam mengerjakan tugas
(Dampingi anak dalam menyelesaikan tugas, lihat titik Frustasi nya)

24.  Menjawab sebelum pertanyaan guru selesai
(Berikan pertanyaan pada anak)



25.  Suka menari tanpa kendali saat belajar :
(Lihat keaktifan anak dalam kelas)

26.  Sering mencari perhatian guru dengan  keaktifannya
(Lihat keaktifan anak dalam mencari perhatian)

27.  Paling bosan saat disuruh menulis
(Perhatikan anak dalam menulis)






















INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN EMOSI ANAK HIPERAKTIF
(TEST)
IDENTITAS :

Nama               :                                                           Kelas               :
Usia saat ini     :                                                           Asal sekolah    :
Jenis Kelamin  :                                                          
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK







PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN



























PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN























PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN



























PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN




































PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN






















PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN

1.      Anak mengganggu temannya saat belajar
(Lihat Gerakan anak dalam kelas, mengganggu atau tidak)

2.      Anak bergerak kacau di kelas
(Lihat keaktifan anak)

3.      Anak memukul teman saat belajar menyusun balok
(Lihat emosi anak saat belajar menyusun balok)

4.      Anak  keluar kelas sebelum jam istirahat
(Dampingi anak dalam menunggu jam istirahat)



5.      Anak mencela guru saat belajar
(Lihat emosi bicara anak)

6.      Anak naik ke atas meja saat belajar
(Amati aktifitas gerakan anak dalam belajar)

7.      Meletakkan mainan dengan sembrono
(Suruh anak meletakkan mainan ditempatnya)

8.      Anak mengambil pensil temannya saat belajar
(Lihat gerakan anak yang mendekati temannya)

9.      Anak tidak memasukkan kembali buku tulisnya
(Bisa/ tidak anak memasukkan buku tulis setelah belajar)

10.  Anak tidak duduk dengan tenang di kelas
(Lihat keaktifan anak, tenang/ kacau)

11.  Anak melempar objek mainannya kepada teman
(Berikan anak mainan di tangannya)

12.  Anak tidak dapat mengekspresikan saat ia merasa suka atau tidak
(Tanyakan pada anak ia suka benda tersebut/ tidak)

13.  Anak tidak mengembalikan alat tulis yang dipinjamnya
(Minta anak mengembalikan alat tulis yang dipinjamnya)

14.  Anak mengambil makanan temannya saat istirahat
(Lihat aktifitas anak saat istirahat)

15.  Anak memukul teman saat mengantri
(Suruh anak untuk menunggu dibelakang temannya)

16.  Anak menabrak temannya saat di dalam kelas
(Lihat keaktifan anak dalam kelas)

17.  Anak menabrak papan tulis saat berjalan
(Amati gerak anak seperti dikendalikan motor)

18.  Anak menabrak meja saat berjalan
(Amati gerak anak seperti dikendalikan motor)

19.  Anak mempunyai waktu tidur yang sedikit
(Suruh anak istirahat dari keaktifannya)

20.  Sering menghindar ketika disuruh makan
(Suruh anak untuk makan)

21.  Tidak suka dipeluk
((mencoba peluk anak disela keaktifannya)
22.  Sering marah dan frustasi saat bosan
(Tes emosi anak dalam mengerjakan tugas)

23.  Sering berputar-putar di dalam kelas
(Amati gerakan anak)

24.  Tidak suka berada dalam ruangan kecil
(bawa anak dalam ruangan/ kelas)

25.  Melempar barang tanpa kendali
(Letakkan barang-barang disekitar anak)

26.  Tantrum saat dipeluk
(Peluk anak di sela keaktifannya)

27.  Suka mengejek temannya tanpa kendali
(Suruh anak berinteraksi dengan temannya)

28.  Sering menghamburkan barang yang disekatnya
(Biarkan barang ada didekat anak)

29.  Suka berceloteh tidak jelas saat disuruh tidur
(Lihat kektifan anak saat tidur)

30.  Tidak mempunyai rasa lelah dalam aktifitasnya
(coba disuruh terus bergerak)























INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK HIPERAKTIF
(TEST)
IDENTITAS :

Nama               :                                                           Kelas               :
Usia saat ini     :                                                           Asal sekolah    :
Jenis Kelamin  :                      
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK





PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN



























PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN




































PERKEMBANGAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
1.      Anak bersikap aktif / pasif terhadap orang yang baru ia kenal
(Coba perkenalkan diri anda kepada anak)

2.      Anak tidak  menghiraukan guru pengajarnya
(Komunikasikan tugas yang akan dikerjakan anak)

3.      Anak tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru :
(Coba ajak anak dalam berinteraksi)




4.      Anak tidak mau bermain secara berkelompok :
(Suruh anak berada dalam kelompok)

5.      Anak tidak menghiraukan sekitarnya bermain :
(Suruh anak ikut bermain dengan temannya)

6.      Sering membuat ramai karena keaktifannya
(Ikuti anak dalam setiap gerakannya)

7.      Anak lebih banyak bicara tidak jelas
(Ajak anak berkomunikasi)

8.      Anak sering memotong pembicaraan orang lain
(Ajak anak bicara lebih dekat)




9.      Anak sering lupa dan tidak fokus dalam tugas kelompok dengan temannya
(minta anak meriviu tugas kelompoknya)

10.  Pola istirahat anak yang sedikit
(Suruh anak istirahat disela keaktifannya)

11.  Tidak merasa kelelahan dengan gerakan-gerakan kacau sepanjang hari
(Suruh anak terus-menerus bergerak)

12.  Tidak menghiraukan ibunya yang memanggil
(Coba untuk memanggil namanya)

13.  Tidak mau diam
(Suruh anak untuk diam)

14.  Selalu menunda pekerjaan
(Suruh anak mengerjakan segera tugasnya)

15.  Sulit diajak bicara secara langsung /berhadapan
(Cari perhatian anak dengan komunikasi langsung)

16.  Tantrum saat keinginannya tidak ada yang mengerti
(Minta apa yang anak mau)

17.  Pola makan yang sulit/ tidak teratur
(Suruh anak untuk makan di jam yang teratur)

18.  Hanya memikirkan diri sendiri
(Suruh anak untuk membantu temannya)

19.  Sering menjatuhkan temannya saat berlari
(Suruh anak untuk berlari dan lihat gerakannya)

20.  Lebih suka berada di luar ruangan /out door
(Ajak anak keluar dari dalam kelas)
21.  Anak tidak dapat mengenal dan menyebutkan nama temannya di dalam kelas
(Minta anak untuk menyebutkan teman-temanya)

22.  Anak tidak dapat disuruh memperkenalkan diri
(Minta anak memperkenalkan dirinya)

23.  Anak sering tidak menyadari orang baru di lingkungannya
(Coba perkenalkan diri anda dihadapan anak)

24.  Anak tidak memperhatikan temannya mengajak bicara
(Minta anak lain untuk bicara dengannya)

25.  Anak tidak dapat mengatakan pinjam pensil dengan temannya
(Minta anak untuk meminjam pensil pada temannya)

26.  Anak tidak dapat menunjukkan orangtuanya saat ditanya guru
(Tanya anak yang mana orangtuanya)

27.  Anak sering bingung dengan orang baru
(Ajak bicara anak)

28.  Anak tidak  bermain tenang dengan teman
(Kumpulkan anak untuk bermain dengan temannya)

29.  Anak menghindar saat ditanya namanya
(Tanyakan siapa namanya)

30.  Anak tidak membantu temannya yang jatuh
(Minta anak melihat temannya yang jatuh)

31.  Anak tidak dapat meminjamkan buku dengan temannya :
(Minta anak mengatakan untuk meminjam buku dengan temannya)

32.  Anak berjalan-jalan di dalam kelas
(Amati gerakan anak)

33.  Anak tidak dapat mengikuti gerakan guru saat olahraga
(Minta anak mengikuti gerakan guru olahraga nya)

34.  Anak tidak menoleh saat dipanggil
(Panggil nama anak saat ia bergerak kesana kemari)

35.  Anak tidak dapat berinteraksi dengan sopan
(Ajak anak dalam berinteraksi langsung/

36.  Anak tidak merespon lawan bicaranya
(Ajak anak bicara berhadapan)

37.  Anak tidak bersikap baik dengan lingkungannya
(Bawa anak berada dalam kelompok)

38.  Anak tidak dapat bicara meminta untuk pergi ke toilet
(Tanyakan anak apakah ia ingin ke toilet)


























3. LEMBAR DOKUM ENTASI
            Dalam  lembar  dokumentasi  didapat  dari  doku men pihak sekolah yang mekuan wawancra sebelum nak mauk ke sekolah tersebut.
A.    Identitas Anak
Nama                           :                                   Jenis kelamin               :
Usia                             :                                   Tempat Tanggal Lahir :
Kelas                           :                                   Jenis Hambatan           :
Agama                         :                                   Anak ke                       :
Status dalam keluarga :                                   Jumlah Saudara           :
Tinggi Badan             :                                   Berat Badan                :
Golongan Darah          :
B. Keterangan Orangtua / Wali
Nama Ayah                 :                                               Umur               :                                   Pendidikan Terakhir :                                               Pekerjaan         :
Nama Ibu                       :                                   Pendidikan Terakhir    :
Pekerjaan                        :                                   Alamat Orang Tua      :
Nama Wali (bila ada)              :                                   Umur               :
Pendidikan Terakhir                :                                   Pekerjaan         :
Hubungan dengan Anak         :                                   Alamat Wali    :



4. LEMBAR WAWANCARA
Dalam aspek lembar wawancara langsung dengan guru dan orangtua anak yang berada di sekolah.
INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK HIPERAKTIF
(WAWANCARA)
IDENTITAS :

Nama               :                                                           Kelas               :
Usia saat ini     :                                                           Asal sekolah    :
Jenis Kelamin  :                                              
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK










PERKEMBANG-AN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN



























PERKEMBANGAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
1.      Apakah anak tidak mendengarkan instruksi dari Guru saat di dalam kelas?

2.      Apakah anak tidak mampu duduk selama 15 detik di dalam kelas?

3.      Apakah anak bergerak lebih aktif dari anak lain?

4.      Apakah anak sering menabrak meja dan kursi di dalam kelas dengan keaktifannya?


5.      Apakah anak tidak mampu memusatkan perhatian saat bermain warna?

6.      Apakah anak tidak memperhatikan dalam tugas yang diberikan?

7.      Apakah anak sering lupa kalau disuruh ?

8.      Apakah anak gelisah saat disuruh duduk diam ?

9.      Apakah anak dapat mengerjakan tugas sesuai instruksi ?

10.  Apakah anak tidak duduk tenang dalam belajar mengelompokkan ukuran benda kecil dan besar di dalam kelas ?

11.  Apakah anak tidak bersikap tenang dan berkonsentrasi dalam belajar benda yang kecil, sedang dan besar?


12.  Apakah anak gelisah dalam mengelompokkan
ukuran benda panjang dan pendek ?

13.  Apakah anak tidak mampu melipat kertas dengan rapi ?

14.  Apakah anak beceloteh saat menulis ?

15.  Apakah anak tidak mampu menunggu pembagian mainan oleh guru?

16.  Apakah anak tidak menghiraukan disuruh menulis di papan tulis?

17.  Apakah anak tidak mampu mendengar dan memperhatikan guru?

18.  Apakah anak tidak mau mengerjakan tugas?



19.  Apakah anak cepat lupa meletakkan alat tulisnya?

20.  Apakah anak tidak fokus dalam belajar menyusun balok dengan benar?

21.  Apakah anak terlalu cepat/ lambat mengerjakan tugas?

22.  Apakah anak suka marah-marah tidak jelas saat mengerjakan tugas?

23.  Apakah anak sering frustasi dalam mengerjakan tugas?

24.  Apakah anak memberikan jawaban sebelum pertanyaan guru selesai?

25.  Apakah anak suka menari tanpa kendali saat belajar?



26.  Apakah anak sering mencari perhatian guru dengan  keaktifannya?

27.  Apakah anak merasa paling bosan saat disuruh menulis?






























INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN EMOSI ANAK HIPERAKTIF
(WAWANCARA)
IDENTITAS :

Nama               :                                                           Kelas               :
Usia saat ini     :                                                           Asal sekolah    :
Jenis Kelamin  :                                                          
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK






PERKEMBA-NGAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
























PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
1.      Apakah anak mengganggu temannya saat belajar?

2.      Apakah anak selalu bergerak kacau di kelas?

3.      Apakah anak memukul teman saat belajar menyusun balok?

4.      Apakah anak  keluar kelas sebelum jam istirahat?

5.      Apakah anak mencela guru saat belajar?

6.      Apakah anak naik ke atas meja saat belajar?

7.      Apakah anak meletakkan mainan dengan sembrono?

8.      Apakah anak sering mengambil pensil temannya saat belajar?

9.      Apakah anak tidak memasukkan kembali buku tulisnya?

10.  Apakah anak tidak duduk dengan tenang di kelas?

11.  Apakah anak melempar objek mainannya kepada teman?

12.  Apakah anak tidak dapat mengekspresikan saat ia merasa suka atau tidak?

13.  Apakah anak tidak mengembalikan alat tulis yang dipinjamnya?

14.  Apakah anak mengambil makanan temannya saat istirahat?

15.  Apakah anak memukul teman saat mengantri?

16.  Apakah anak menabrak temannya saat di dalam kelas?

17.  Apakah anak menabrak papan tulis saat berjalan?

18.  Apakah anak menabrak meja saat berjalan?

19.  Apakah anak mempunyai waktu tidur yang sedikit?

20.  Apakah anak sering menghindar ketika disuruh makan?


21.  Apakah anak tidak suka dipeluk?

22.  Apakah anak sering marah dan frustasi saat ia merasa bosan?

23.  Apakah anak sering berputar-putar di dalam kelas?

24.  Apakah anak tidak suka berada dalam ruangan kecil?

25.  Apakah anak sering melempar barang tanpa kendali?

26.  Apakah anak tantrum saat dipeluk?

27.  Apakah anak suka mengejek temannya tanpa kendali?

28.  Apakah anak sering menghamburkan barang yang didekatnya?

29.  Apakah anak suka berceloteh tidak jelas saat disuruh tidur?

30.  Apakah anak tidak mempunyai rasa lelah dalam aktifitasnya?


































INSTRUMEN IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK HIPERAKTIF
(WAWANCARA)
IDENTITAS :

Nama               :                                                           Kelas               :
Usia saat ini     :                                                           Asal sekolah    :
Jenis Kelamin  :                                              
ASPEK
JENIS
INDIKATOR
PRESENTASE
DESKRIPSI KUALITATIF
YA
TIDAK







PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN



























PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN




































PERKEMBANGAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
1.      Apakah anak bersikap aktif / pasif terhadap orang yang baru ia kenal?

2.      Apakah anak tidak  menghiraukan guru pengajarnya?

3.      Apakah anak tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru?

4.      Apakah anak tidak mau bermain secara berkelompok?

5.      Apakah anak tidak menghiraukan sekitarnya saat bermain?

6.      Apakah anak sering membuat ramai karena keaktifannya?

7.      Apakah anak lebih banyak bicara tidak jelas?

8.      Apakah anak sering memotong pembicaraan orang lain?

9.      Apakah anak sering lupa dan tidak fokus dalam tugas kelompok dengan temannya?

10.  Apakah pola istirahat anak sedikit?

11.  Apakah anak tidak merasa kelelahan dengan gerakan-gerakan kacau sepanjang hari?

12.  Apakah anak tidak menghiraukan ibunya yang memanggil?


13.  Apakah anak tidak mau diam?

14.  Apakah anak selalu menunda pekerjaannya?

15.  Apakah anak sulit diajak bicara secara langsung (berhadapan)?

16.  Apakah anak tantrum saat keinginannya tidak ada yang mengerti?

17.  Apakah pola makan anak sulit/ tidak teratur?

18.  Apakah anak hanya memikirkan diri sendiri saat melihat temannya jatuh?

19.  Apakah anak sering menjatuhkan temannya saat berlari?



20.  Apakah anak lebih suka berada di luar ruangan (out door)?

21.  Apakah anak tidak dapat mengenal dan menyebutkan nama temannya di dalam kelas?

22.  Apakah anak tidak dapat disuruh memperkenalkan diri saat disuruh untuk memperkenalkan?

23.  Apakah anak sering tidak menyadari orang baru di lingkungannya?

24.  Apakah anak tidak memperhatikan temannya mengajak bicara?

25.  Apakah anak tidak dapat mengatakan pinjam pensil dengan temannya?

26.  Apakah anak tidak dapat menunjukkan orangtuanya saat ditanya guru?

27.  Apakah anak sering bingung dengan orang baru?

28.  Apakah anak tidak  bermain tenang dengan teman?

29.  Apakah anak menghindar saat ditanya namanya?

30.  Apakah anak tidak membantu temannya yang jatuh?

31.  Apakah anak tidak dapat meminjamkan buku dengan temannya?

32.  Apakah anak berjalan-jalan di dalam kelas?

33.  Apakah anak tidak dapat mengikuti gerakan guru saat olahraga?

34.  Apakah anak tidak menoleh saat dipanggil?

35.  Apakah anak tidak dapat berinteraksi dengan sopan dihadapan orang sekitarnya?

36.  Apakah anak tidak merespon lawan bicaranya?

37.  Apakah anak tidak bersikap baik dengan lingkungannya?

38.  Apakah anak tidak dapat bicara meminta untuk pergi ke toilet?




LEMBAR WAWANCARA ORANGTUA/WALI
Selain wawancara untuk guru, identifikasi di atas dapat juga untuk orangtua/wali peserta didik.
 Riwayat Hidup Anak
1. Sebelum kelahiran                                                   : apakah ibu sehat selama mengandung?
2. Saat kelahiran, lama kandungan                             : apakah cukup bulan, berat badan…. gram….cm
3. Melahirkan di                                                          : rumah bersalin/rumah sakit
4. Ditolong oleh                                                          :
5. Proses kelahiran                                                      :
6. Makanan pertama yang diberikan                           : susu kaleng, mulai umur…bulan sampai…bulan
7. Perkembangan tengkurap anak                               :
8. Perkembangan duduk anak                                     :
9. Perkembangan pengucapan kata                             :
10. Perkembangan kelancaran berbicara                     :
11. Subyek dalam hal mengisap jempol                      :          
12. Berapa jam pola tidur anak                                   :
13. Subyek terhadap perhatian dalam lingkungan      :          
14. Subyek dalam hal perasaan takut                          :
15. Subyek dalam hal perasaan malu                          :
16. Subyek dalam hal kegiatan sehari-hari                  :
17. Anak menjadi mandi sendiri                                 :
18. Anak tidak merasa lelah dengan aktifitasnya       :
19. Anak menjadi berpakaian sendiri                          :
20. Anak menjadi makan sendiri                                :
21. Anak menjadi bermain dengan mainan                 :
22. Anak menjadi bergaul dengan anak sebaya          :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

instrumen asesmen ABK (kesulitan membaca)

identifikasi anak tuna daksa (laporan observasi)