instrumen identifikasi anak hiperaktif
KISI-KISI PENYUSUNAN INSTRUMEN IDENTIFIKASI
KETERAMPILAN PRA-AKADEMIS
ANAK HIPERAKTIF (ADHD)
KOMPONEN
|
RUANG LINGKUP
|
INDIKATOR IDENTIFIKASI
|
Aspek Perkembangan / hiperaktif, impulsif dan kurang perhatian
|
1. Perkembangan Kognitif
|
|
2. Perkembangan Emosi
|
|
|
3. Perkembangan Sosial
|
|
1.
LEMBAR OBSERVASI
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK
PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK HIPERAKTIF
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis Kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBANG-AN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBANG-AN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBANG-AN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1. Anak tidak mendengarkan instruksi dari Guru
2. Anak tidak mampu duduk selama 15 detik
3. Anak bergerak lebih aktif dari
anak lain
4. Anak menabrak meja dan kursi di
dalam kelas
5. Anak tidak mampu memusatkan perhatian bermain
warna
6. Anak tidak perhatian dalam tugas yang diberikan
7. Sering lupa kalau disuruh
8. Gelisah saat disuruh duduk diam
9. Anak dapat mengerjakan tugas sesuai instruksi
10. Anak tidak duduk tenang dalam belajar
mengelompokkan ukuran benda kecil dan besar
11. Anak tidak bersikap tenang dan berkonsentrasi
dalam belajar benda yang kecil, sedang dan besar
12. Anak gelisah dalam mengelompokkan ukuran benda panjang
dan pendek
13. Anak tidak mampu melipat kertas dengan rapi
14. Anak beceloteh saat menulis
15. Anak tidak mampu menunggu pembagian mainan oleh
guru
16. Anak tidak menghiraukan disuruh menulis di papan
tulis
17. Anak tidak mampu mendengar dan memperhatikan
guru
18. Anak tidak mau mengerjakan tugas
19. Anak cepat lupa meletakkan alat tulisnya
20. Anak tidak fokus dalam belajar menyusun balok
dengan benar
21. Terlalu cepat/ lambat mengerjakan tugas
22. Suka marah-marah tidak jelas saat mengerjakan
tugas
23. Sering frustasi dalam mengerjakan tugas
24. Menjawab sebelum pertanyaan guru selesai
25. Suka menari tanpa kendali saat belajar
26. Sering mencari perhatian guru dengan keaktifannya
27. Paling bosan saat disuruh menulis
|
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK
PERKEMBANGAN EMOSI ANAK HIPERAKTIF
(OBSERVASI)
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBA-NGAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBA-NGAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBA-NGAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1.
Anak mengganggu
temannya saat belajar
2.
Anak
bergerak kacau di kelas
3.
Anak
memukul teman saat belajar menyusun balok
4.
Anak keluar kelas sebelum jam istirahat
5.
Anak
mencela guru saat belajar
6.
Anak naik
ke atas meja saat belajar
7.
Meletakkan
mainan dengan sembrono
8.
Anak mengambil
pensil temannya saat belajar
9.
Anak tidak memasukkan
kembali buku tulisnya
10.
Anak tidak
duduk dengan tenang di kelas
11.
Anak
melempar objek mainannya kepada teman
12.
Anak tidak
dapat mengekspresikan saat ia merasa suka atau tidak
13.
Anak tidak
mengembalikan alat tulis yang dipinjamnya
14.
Anak
mengambil makanan temannya saat istirahat
15.
Anak memukul
teman saat mengantri
16.
Anak menabrak
temannya saat di dalam kelas
17.
Anak menabrak
papan tulis saat berjalan
18.
Anak menabrak
meja saat berjalan
19.
Anak
mempunyai waktu tidur yang sedikit
20.
Sering
menghindar ketika disuruh makan
21.
Tidak suka
dipeluk
22.
Sering
marah dan frustasi saat bosan
23.
Sering
berputar-putar di dalam kelas
24.
Tidak suka
berada dalam ruangan kecil
25.
Melempar
barang tanpa kendali
26.
Tantrum
saat dipeluk
27.
Suka
mengejek temannya tanpa kendali
28.
Sering
menghamburkan barang yang disekatnya
29.
Suka
berceloteh tidak jelas saat disuruh tidur
30.
Tidak
mempunyai rasa lelah dalam aktifitasnya
|
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK
PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK HIPERAKTIF
(OBSERVASI)
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis Kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1. Anak bersikap aktif / pasif terhadap orang yang
baru ia kenal
2. Anak tidak
menghiraukan guru pengajarnya
3. Anak tidak dapat menyesuaikan diri dengan
lingkungan baru
4. Anak tidak mau bermain secara berkelompok
5. Anak tidak menghiraukan sekitarnya bermain
6. Sering membuat ramai karena keaktifannya
7. Anak lebih banyak bicara tidak jelas
8. Anak sering memotong pembicaraan orang lain
9. Anak sering lupa dan tidak fokus dalam tugas
kelompok dengan temannya
10. Pola istirahat anak yang sedikit
11. Tidak merasa kelelahan dengan gerakan-gerakan
kacau sepanjang hari
12. Tidak menghiraukan ibunya yang memanggil
13. Tidak mau diam
14. Selalu menunda pekerjaan
15. Sulit diajak bicara secara langsung (berhadapan)
16. Tantrum saat keinginannya tidak ada yang
mengerti
17. Pola makan yang sulit/ tidak teratur
18. Hanya memikirkan diri sendiri
19. Sering menjatuhkan temannya saat berlari
20. Lebih suka berada di luar ruangan (out door)
21. Anak tidak dapat mengenal dan menyebutkan nama
temannya di dalam kelas
22. Anak tidak dapat disuruh memperkenalkan diri
23. Anak sering tidak menyadari orang baru di
lingkungannya
24. Anak tidak memperhatikan temannya mengajak bicara
25. Anak tidak dapat mengatakan pinjam pensil dengan
temannya
26. Anak tidak dapat menunjukkan orangtuanya saat
ditanya guru
27. Anak sering bingung dengan orang baru
28. Anak tida bermain tenang dengan teman
29. Anak menghindar saat ditanya namanya
30. Anak tidak membantu temannya yang jatuh
31. Anak tidak dapat meminjamkan buku dengan
temannya
32. Anak berjalan-jalan di dalam kelas
33. Anak tidak dapat mengikuti gerakan guru saat
olahraga
34. Anak tidak menoleh saat dipanggil
35. Anak tidak dapat berinteraksi dengan sopan
36. Anak tidak merespon lawan bicaranya
37. Anak tidak bersikap baik dengan lingkungannya
38. Anak tidak dapat bicara meminta untuk pergi ke
toilet
|
2. LEMBAR TEST
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK
PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK HIPERAKTIF
(TEST)
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis Kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1. Anak tidak mendengarkan instruksi dari Guru
( Panggil anak dan berikan insturksi pada anak)
2. Anak tidak mampu duduk selama 15 detik
(Suruh anak untuk duduk diam)
3. Anak bergerak lebih aktif dari
anak lain
(Lihat gerakan keaktifan anak, gerakan kacau atau terarah)
4. Anak menabrak meja dan kursi di
dalam kelas
(Lihat gerakan yang ditimbulkan anak berdampak dapat menabrak benda
disekitarnya)
5. Anak tidak mampu memusatkan perhatian bermain
warna
(Berikan anak permainan dalam menyusun warna)
6. Anak tidak perhatian dalam tugas yang diberikan
( Berikan tugas dan dampingi anak)
7. Sering lupa kalau disuruh
( Suruh anak mengambil benda)
8. Gelisah saat disuruh duduk diam
(Suruh anak tetap duduk dan diam)
9. Anak dapat mengerjakan tugas sesuai instruksi
(Berikan Instruksi pada anak)
10. Anak tidak duduk tenang dalam belajar
mengelompokkan ukuran benda kecil dan besar
(Suruh anak mengelompokkan ukuran benda)
11. Anak tidak bersikap tenang dan berkonsentrasi
dalam belajar benda yang kecil, sedang dan besar
(Berikan anak pembelajaran menyusun benda)
12. Anak gelisah dalam mengelompokkan ukuran benda
panjang dan pendek
(Suruh anak untuk bermain mengelompokkan ukuran)
13. Anak tidak mampu melipat kertas dengan rapi
(Suruh anak untuk bermain melipat kertas)
14. Anak beceloteh saat menulis
( Lihat aktifitas anak saat menulis)
15. Anak tidak mampu menunggu pembagian mainan oleh
guru
(Suruh anak mengantri)
16. Anak tidak menghiraukan disuruh menulis di papan
tulis
(Suruh anak untuk ke depan)
17. Anak tidak mampu mendengar dan memperhatikan
guru
(Lihat kefokusan anak)
18. Anak tidak mau mengerjakan tugas
(Suruh anak mengerjakan tugas)
19. Anak cepat lupa meletakkan alat tulisnya
(Suruh anak mengambil alat tulisnya)
20. Anak tidak fokus dalam belajar menyusun balok
dengan benar
(Suruh anak menyusun balok-balok dengan rapi)
21. Terlalu cepat/ lambat mengerjakan tugas
(Lihat gerakan anak anak dalam mengerjakan tugas, terlalu cepat/lambat)
22. Suka marah-marah tidak jelas saat mengerjakan
tugas
(Lihat nanak saat mengerjakan tugas)
23. Sering frustasi dalam mengerjakan tugas
(Dampingi anak dalam menyelesaikan tugas, lihat titik Frustasi nya)
24. Menjawab sebelum pertanyaan guru selesai
(Berikan pertanyaan pada anak)
25. Suka menari tanpa kendali saat belajar :
(Lihat keaktifan anak dalam kelas)
26. Sering mencari perhatian guru dengan keaktifannya
(Lihat keaktifan anak dalam mencari perhatian)
27. Paling bosan saat disuruh menulis
(Perhatikan anak dalam menulis)
|
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK
PERKEMBANGAN EMOSI ANAK HIPERAKTIF
(TEST)
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis Kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1. Anak mengganggu temannya saat belajar
(Lihat Gerakan anak dalam kelas, mengganggu atau tidak)
2. Anak bergerak kacau di kelas
(Lihat keaktifan anak)
3. Anak memukul teman saat belajar menyusun balok
(Lihat emosi anak saat belajar menyusun balok)
4. Anak keluar kelas sebelum jam istirahat
(Dampingi anak dalam menunggu jam istirahat)
5. Anak mencela guru saat belajar
(Lihat emosi bicara anak)
6. Anak naik ke atas meja saat belajar
(Amati aktifitas gerakan anak dalam belajar)
7. Meletakkan mainan dengan sembrono
(Suruh anak meletakkan mainan ditempatnya)
8. Anak mengambil pensil temannya saat belajar
(Lihat gerakan anak yang mendekati temannya)
9. Anak tidak memasukkan kembali buku tulisnya
(Bisa/ tidak anak memasukkan buku tulis setelah belajar)
10. Anak tidak duduk dengan tenang di kelas
(Lihat keaktifan anak, tenang/ kacau)
11. Anak melempar objek mainannya kepada teman
(Berikan anak mainan di tangannya)
12. Anak tidak dapat mengekspresikan saat ia merasa
suka atau tidak
(Tanyakan pada anak ia suka benda tersebut/ tidak)
13. Anak tidak mengembalikan alat tulis yang
dipinjamnya
(Minta anak mengembalikan alat tulis yang dipinjamnya)
14. Anak mengambil makanan temannya saat istirahat
(Lihat aktifitas anak saat istirahat)
15. Anak memukul teman saat mengantri
(Suruh anak untuk
menunggu dibelakang temannya)
16. Anak menabrak temannya saat di dalam kelas
(Lihat keaktifan anak dalam kelas)
17. Anak menabrak papan tulis saat berjalan
(Amati gerak anak seperti dikendalikan motor)
18. Anak menabrak meja saat berjalan
(Amati gerak anak seperti dikendalikan motor)
19. Anak mempunyai waktu tidur yang sedikit
(Suruh anak istirahat dari keaktifannya)
20. Sering menghindar ketika disuruh makan
(Suruh anak untuk makan)
21. Tidak suka dipeluk
((mencoba peluk anak disela keaktifannya)
22. Sering marah dan frustasi saat bosan
(Tes emosi anak dalam mengerjakan tugas)
23. Sering berputar-putar di dalam kelas
(Amati gerakan anak)
24. Tidak suka berada dalam ruangan kecil
(bawa anak dalam ruangan/ kelas)
25. Melempar barang tanpa kendali
(Letakkan barang-barang disekitar anak)
26. Tantrum saat dipeluk
(Peluk anak di sela keaktifannya)
27. Suka mengejek temannya tanpa kendali
(Suruh anak berinteraksi dengan temannya)
28. Sering menghamburkan barang yang disekatnya
(Biarkan barang ada didekat anak)
29. Suka berceloteh tidak jelas saat disuruh tidur
(Lihat kektifan anak saat tidur)
30. Tidak mempunyai rasa lelah dalam aktifitasnya
(coba disuruh terus bergerak)
|
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK
PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK HIPERAKTIF
(TEST)
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis Kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBANGAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1. Anak bersikap aktif / pasif terhadap orang yang
baru ia kenal
(Coba perkenalkan diri anda kepada anak)
2. Anak tidak
menghiraukan guru pengajarnya
(Komunikasikan tugas yang akan dikerjakan anak)
3. Anak tidak dapat menyesuaikan diri dengan
lingkungan baru :
(Coba ajak anak dalam berinteraksi)
4. Anak tidak mau bermain secara berkelompok :
(Suruh anak berada dalam kelompok)
5. Anak tidak menghiraukan sekitarnya bermain :
(Suruh anak ikut bermain dengan temannya)
6. Sering membuat ramai karena keaktifannya
(Ikuti anak dalam setiap gerakannya)
7. Anak lebih banyak bicara tidak jelas
(Ajak anak berkomunikasi)
8. Anak sering memotong pembicaraan orang lain
(Ajak anak bicara lebih dekat)
9. Anak sering lupa dan tidak fokus dalam tugas
kelompok dengan temannya
(minta anak meriviu tugas kelompoknya)
10. Pola istirahat anak yang sedikit
(Suruh anak istirahat disela keaktifannya)
11. Tidak merasa kelelahan dengan gerakan-gerakan
kacau sepanjang hari
(Suruh anak terus-menerus bergerak)
12. Tidak menghiraukan ibunya yang memanggil
(Coba untuk memanggil namanya)
13. Tidak mau diam
(Suruh anak untuk diam)
14. Selalu menunda pekerjaan
(Suruh anak mengerjakan segera tugasnya)
15. Sulit diajak bicara secara langsung /berhadapan
(Cari perhatian anak dengan komunikasi langsung)
16. Tantrum saat keinginannya tidak ada yang
mengerti
(Minta apa yang anak mau)
17. Pola makan yang sulit/ tidak teratur
(Suruh anak untuk makan di jam yang teratur)
18. Hanya memikirkan diri sendiri
(Suruh anak untuk membantu temannya)
19. Sering menjatuhkan temannya saat berlari
(Suruh anak untuk berlari dan lihat gerakannya)
20. Lebih suka berada di luar ruangan /out door
(Ajak anak keluar dari dalam kelas)
21. Anak tidak dapat mengenal dan menyebutkan nama
temannya di dalam kelas
(Minta anak untuk menyebutkan teman-temanya)
22. Anak tidak dapat disuruh memperkenalkan diri
(Minta anak memperkenalkan dirinya)
23. Anak sering tidak menyadari orang baru di
lingkungannya
(Coba perkenalkan diri anda dihadapan anak)
24. Anak tidak memperhatikan temannya mengajak bicara
(Minta anak lain untuk bicara dengannya)
25. Anak tidak dapat mengatakan pinjam pensil dengan
temannya
(Minta anak untuk meminjam pensil pada temannya)
26. Anak tidak dapat menunjukkan orangtuanya saat
ditanya guru
(Tanya anak yang mana orangtuanya)
27. Anak sering bingung dengan orang baru
(Ajak bicara anak)
28. Anak tidak bermain tenang dengan teman
(Kumpulkan anak untuk bermain dengan temannya)
29. Anak menghindar saat ditanya namanya
(Tanyakan siapa namanya)
30. Anak tidak membantu temannya yang jatuh
(Minta anak melihat temannya yang jatuh)
31. Anak tidak dapat meminjamkan buku dengan
temannya :
(Minta anak mengatakan untuk meminjam buku dengan temannya)
32. Anak berjalan-jalan di dalam kelas
(Amati gerakan anak)
33. Anak tidak dapat mengikuti gerakan guru saat
olahraga
(Minta anak mengikuti gerakan guru olahraga nya)
34. Anak tidak menoleh saat dipanggil
(Panggil nama anak saat ia bergerak kesana kemari)
35. Anak tidak dapat berinteraksi dengan sopan
(Ajak anak dalam berinteraksi langsung/
36. Anak tidak merespon lawan bicaranya
(Ajak anak bicara berhadapan)
37. Anak tidak bersikap baik dengan lingkungannya
(Bawa anak berada dalam kelompok)
38. Anak tidak dapat bicara meminta untuk pergi ke
toilet
(Tanyakan anak apakah ia ingin ke toilet)
|
3. LEMBAR DOKUM ENTASI
Dalam
lembar dokumentasi didapat
dari doku men pihak sekolah yang
mekuan wawancra sebelum nak mauk ke sekolah tersebut.
A. Identitas Anak
Nama : Jenis kelamin :
Usia : Tempat
Tanggal Lahir :
Agama : Anak ke :
Status dalam keluarga : Jumlah
Saudara :
Tinggi Badan : Berat
Badan :
Golongan Darah :
B. Keterangan Orangtua /
Wali
Nama Ayah : Umur : Pendidikan
Terakhir : Pekerjaan :
Nama Ibu : Pendidikan
Terakhir :
Pekerjaan : Alamat
Orang Tua :
Nama Wali (bila ada) :
Umur
:
Pendidikan Terakhir :
Pekerjaan
:
Hubungan dengan Anak : Alamat
Wali :
4.
LEMBAR WAWANCARA
Dalam aspek lembar wawancara langsung dengan guru dan orangtua anak yang
berada di sekolah.
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK
PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK HIPERAKTIF
(WAWANCARA)
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis Kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBANG-AN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBANGAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1. Apakah anak tidak mendengarkan instruksi dari
Guru saat di dalam kelas?
2. Apakah anak tidak mampu duduk selama 15 detik di dalam kelas?
3. Apakah anak bergerak lebih aktif
dari anak lain?
4. Apakah anak sering menabrak meja
dan kursi di dalam kelas dengan keaktifannya?
5. Apakah anak tidak mampu memusatkan perhatian
saat bermain warna?
6. Apakah anak tidak memperhatikan dalam tugas yang
diberikan?
7. Apakah anak sering lupa kalau disuruh ?
8. Apakah anak gelisah saat disuruh duduk diam ?
9. Apakah anak dapat mengerjakan tugas sesuai
instruksi ?
10. Apakah anak tidak duduk tenang dalam belajar mengelompokkan
ukuran benda kecil dan besar di dalam kelas ?
11. Apakah anak tidak bersikap tenang dan
berkonsentrasi dalam belajar benda yang kecil, sedang dan besar?
12. Apakah anak gelisah dalam mengelompokkan
ukuran benda panjang dan pendek ?
13. Apakah anak tidak mampu melipat kertas dengan
rapi ?
14. Apakah anak beceloteh saat menulis ?
15. Apakah anak tidak mampu menunggu pembagian
mainan oleh guru?
16. Apakah anak tidak menghiraukan disuruh menulis
di papan tulis?
17. Apakah anak tidak mampu mendengar dan memperhatikan
guru?
18. Apakah anak tidak mau mengerjakan tugas?
19. Apakah anak cepat lupa meletakkan alat tulisnya?
20. Apakah anak tidak fokus dalam belajar menyusun
balok dengan benar?
21. Apakah anak terlalu cepat/ lambat mengerjakan
tugas?
22. Apakah anak suka marah-marah tidak jelas saat
mengerjakan tugas?
23. Apakah anak sering frustasi dalam mengerjakan
tugas?
24. Apakah anak memberikan jawaban sebelum
pertanyaan guru selesai?
25. Apakah anak suka menari tanpa kendali saat
belajar?
26. Apakah anak sering mencari perhatian guru
dengan keaktifannya?
27. Apakah anak merasa paling bosan saat disuruh
menulis?
|
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK
PERKEMBANGAN EMOSI ANAK HIPERAKTIF
(WAWANCARA)
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis Kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBA-NGAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1. Apakah anak mengganggu temannya saat belajar?
2. Apakah anak selalu bergerak kacau di kelas?
3. Apakah anak memukul teman saat belajar menyusun
balok?
4. Apakah anak keluar kelas sebelum jam istirahat?
5. Apakah anak mencela guru saat belajar?
6. Apakah anak naik ke atas meja saat belajar?
7. Apakah anak meletakkan mainan dengan sembrono?
8. Apakah anak sering mengambil pensil temannya
saat belajar?
9. Apakah anak tidak memasukkan kembali buku
tulisnya?
10. Apakah anak tidak duduk dengan tenang di kelas?
11. Apakah anak melempar objek mainannya kepada
teman?
12. Apakah anak tidak dapat mengekspresikan saat ia
merasa suka atau tidak?
13. Apakah anak tidak mengembalikan alat tulis yang
dipinjamnya?
14. Apakah anak mengambil makanan temannya saat
istirahat?
15. Apakah anak memukul teman saat mengantri?
16. Apakah anak menabrak temannya saat di dalam
kelas?
17. Apakah anak menabrak papan tulis saat berjalan?
18. Apakah anak menabrak meja saat berjalan?
19. Apakah anak mempunyai waktu tidur yang sedikit?
20. Apakah anak sering menghindar ketika disuruh
makan?
21. Apakah anak tidak suka dipeluk?
22. Apakah anak sering marah dan frustasi saat ia
merasa bosan?
23. Apakah anak sering berputar-putar di dalam kelas?
24. Apakah anak tidak suka berada dalam ruangan
kecil?
25. Apakah anak sering melempar barang tanpa kendali?
26. Apakah anak tantrum saat dipeluk?
27. Apakah anak suka mengejek temannya tanpa kendali?
28. Apakah anak sering menghamburkan barang yang didekatnya?
29. Apakah anak suka berceloteh tidak jelas saat
disuruh tidur?
30. Apakah anak tidak mempunyai rasa lelah dalam
aktifitasnya?
|
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK HIPERAKTIF
(WAWANCARA)
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis Kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBANGAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1. Apakah anak bersikap aktif / pasif terhadap
orang yang baru ia kenal?
2. Apakah anak tidak menghiraukan guru pengajarnya?
3. Apakah anak tidak dapat menyesuaikan diri dengan
lingkungan baru?
4. Apakah anak tidak mau bermain secara
berkelompok?
5. Apakah anak tidak menghiraukan sekitarnya saat
bermain?
6. Apakah anak sering membuat ramai karena
keaktifannya?
7. Apakah anak lebih banyak bicara tidak jelas?
8. Apakah anak sering memotong pembicaraan orang
lain?
9. Apakah anak sering lupa dan tidak fokus dalam
tugas kelompok dengan temannya?
10. Apakah pola istirahat anak sedikit?
11. Apakah anak tidak merasa kelelahan dengan
gerakan-gerakan kacau sepanjang hari?
12. Apakah anak tidak menghiraukan ibunya yang
memanggil?
13. Apakah anak tidak mau diam?
14. Apakah anak selalu menunda pekerjaannya?
15. Apakah anak sulit diajak bicara secara langsung
(berhadapan)?
16. Apakah anak tantrum saat keinginannya tidak ada
yang mengerti?
17. Apakah pola makan anak sulit/ tidak teratur?
18. Apakah anak hanya memikirkan diri sendiri saat
melihat temannya jatuh?
19. Apakah anak sering menjatuhkan temannya saat
berlari?
20. Apakah anak lebih suka berada di luar ruangan
(out door)?
21. Apakah anak tidak dapat mengenal dan menyebutkan
nama temannya di dalam kelas?
22. Apakah anak tidak dapat disuruh memperkenalkan
diri saat disuruh untuk memperkenalkan?
23. Apakah anak sering tidak menyadari orang baru di
lingkungannya?
24. Apakah anak tidak memperhatikan temannya mengajak
bicara?
25. Apakah anak tidak dapat mengatakan pinjam pensil
dengan temannya?
26. Apakah anak tidak dapat menunjukkan orangtuanya
saat ditanya guru?
27. Apakah anak sering bingung dengan orang baru?
28. Apakah anak tidak bermain tenang dengan teman?
29. Apakah anak menghindar saat ditanya namanya?
30. Apakah anak tidak membantu temannya yang jatuh?
31. Apakah anak tidak dapat meminjamkan buku dengan
temannya?
32. Apakah anak berjalan-jalan di dalam kelas?
33. Apakah anak tidak dapat mengikuti gerakan guru
saat olahraga?
34. Apakah anak tidak menoleh saat dipanggil?
35. Apakah anak tidak dapat berinteraksi dengan
sopan dihadapan orang sekitarnya?
36. Apakah anak tidak merespon lawan bicaranya?
37. Apakah anak tidak bersikap baik dengan
lingkungannya?
38. Apakah anak tidak dapat bicara meminta untuk
pergi ke toilet?
|
LEMBAR
WAWANCARA ORANGTUA/WALI
Selain wawancara untuk guru, identifikasi di atas
dapat juga untuk orangtua/wali peserta didik.
Riwayat Hidup Anak
1.
Sebelum kelahiran :
apakah ibu sehat selama mengandung?
2.
Saat kelahiran, lama kandungan :
apakah cukup bulan, berat badan…. gram….cm
3.
Melahirkan di :
rumah bersalin/rumah sakit
4. Ditolong oleh :
5. Proses kelahiran :
6.
Makanan pertama yang diberikan :
susu kaleng, mulai umur…bulan sampai…bulan
7. Perkembangan tengkurap anak :
8. Perkembangan duduk anak :
9. Perkembangan pengucapan kata :
10. Perkembangan kelancaran berbicara :
11. Subyek dalam hal mengisap jempol :
12. Berapa jam pola tidur anak :
13. Subyek terhadap perhatian dalam
lingkungan :
14. Subyek dalam hal perasaan takut :
15. Subyek dalam hal perasaan malu :
16. Subyek dalam hal kegiatan sehari-hari :
17. Anak menjadi mandi sendiri :
18. Anak tidak merasa lelah dengan
aktifitasnya :
19. Anak menjadi berpakaian sendiri :
20. Anak menjadi makan sendiri :
21. Anak menjadi bermain dengan mainan :
22. Anak menjadi bergaul dengan anak sebaya :
KISI-KISI PENYUSUNAN INSTRUMEN IDENTIFIKASI
KETERAMPILAN PRA-AKADEMIS
ANAK HIPERAKTIF (ADHD)
KOMPONEN
|
RUANG LINGKUP
|
INDIKATOR IDENTIFIKASI
|
Aspek Perkembangan / hiperaktif, impulsif dan kurang perhatian
|
1. Perkembangan Kognitif
|
|
2. Perkembangan Emosi
|
|
|
3. Perkembangan Sosial
|
|
1.
LEMBAR OBSERVASI
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK
PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK HIPERAKTIF
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis Kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBANG-AN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBANG-AN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBANG-AN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1. Anak tidak mendengarkan instruksi dari Guru
2. Anak tidak mampu duduk selama 15 detik
3. Anak bergerak lebih aktif dari
anak lain
4. Anak menabrak meja dan kursi di
dalam kelas
5. Anak tidak mampu memusatkan perhatian bermain
warna
6. Anak tidak perhatian dalam tugas yang diberikan
7. Sering lupa kalau disuruh
8. Gelisah saat disuruh duduk diam
9. Anak dapat mengerjakan tugas sesuai instruksi
10. Anak tidak duduk tenang dalam belajar
mengelompokkan ukuran benda kecil dan besar
11. Anak tidak bersikap tenang dan berkonsentrasi
dalam belajar benda yang kecil, sedang dan besar
12. Anak gelisah dalam mengelompokkan ukuran benda panjang
dan pendek
13. Anak tidak mampu melipat kertas dengan rapi
14. Anak beceloteh saat menulis
15. Anak tidak mampu menunggu pembagian mainan oleh
guru
16. Anak tidak menghiraukan disuruh menulis di papan
tulis
17. Anak tidak mampu mendengar dan memperhatikan
guru
18. Anak tidak mau mengerjakan tugas
19. Anak cepat lupa meletakkan alat tulisnya
20. Anak tidak fokus dalam belajar menyusun balok
dengan benar
21. Terlalu cepat/ lambat mengerjakan tugas
22. Suka marah-marah tidak jelas saat mengerjakan
tugas
23. Sering frustasi dalam mengerjakan tugas
24. Menjawab sebelum pertanyaan guru selesai
25. Suka menari tanpa kendali saat belajar
26. Sering mencari perhatian guru dengan keaktifannya
27. Paling bosan saat disuruh menulis
|
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK
PERKEMBANGAN EMOSI ANAK HIPERAKTIF
(OBSERVASI)
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBA-NGAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBA-NGAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBA-NGAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1.
Anak mengganggu
temannya saat belajar
2.
Anak
bergerak kacau di kelas
3.
Anak
memukul teman saat belajar menyusun balok
4.
Anak keluar kelas sebelum jam istirahat
5.
Anak
mencela guru saat belajar
6.
Anak naik
ke atas meja saat belajar
7.
Meletakkan
mainan dengan sembrono
8.
Anak mengambil
pensil temannya saat belajar
9.
Anak tidak memasukkan
kembali buku tulisnya
10.
Anak tidak
duduk dengan tenang di kelas
11.
Anak
melempar objek mainannya kepada teman
12.
Anak tidak
dapat mengekspresikan saat ia merasa suka atau tidak
13.
Anak tidak
mengembalikan alat tulis yang dipinjamnya
14.
Anak
mengambil makanan temannya saat istirahat
15.
Anak memukul
teman saat mengantri
16.
Anak menabrak
temannya saat di dalam kelas
17.
Anak menabrak
papan tulis saat berjalan
18.
Anak menabrak
meja saat berjalan
19.
Anak
mempunyai waktu tidur yang sedikit
20.
Sering
menghindar ketika disuruh makan
21.
Tidak suka
dipeluk
22.
Sering
marah dan frustasi saat bosan
23.
Sering
berputar-putar di dalam kelas
24.
Tidak suka
berada dalam ruangan kecil
25.
Melempar
barang tanpa kendali
26.
Tantrum
saat dipeluk
27.
Suka
mengejek temannya tanpa kendali
28.
Sering
menghamburkan barang yang disekatnya
29.
Suka
berceloteh tidak jelas saat disuruh tidur
30.
Tidak
mempunyai rasa lelah dalam aktifitasnya
|
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK
PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK HIPERAKTIF
(OBSERVASI)
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis Kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1. Anak bersikap aktif / pasif terhadap orang yang
baru ia kenal
2. Anak tidak
menghiraukan guru pengajarnya
3. Anak tidak dapat menyesuaikan diri dengan
lingkungan baru
4. Anak tidak mau bermain secara berkelompok
5. Anak tidak menghiraukan sekitarnya bermain
6. Sering membuat ramai karena keaktifannya
7. Anak lebih banyak bicara tidak jelas
8. Anak sering memotong pembicaraan orang lain
9. Anak sering lupa dan tidak fokus dalam tugas
kelompok dengan temannya
10. Pola istirahat anak yang sedikit
11. Tidak merasa kelelahan dengan gerakan-gerakan
kacau sepanjang hari
12. Tidak menghiraukan ibunya yang memanggil
13. Tidak mau diam
14. Selalu menunda pekerjaan
15. Sulit diajak bicara secara langsung (berhadapan)
16. Tantrum saat keinginannya tidak ada yang
mengerti
17. Pola makan yang sulit/ tidak teratur
18. Hanya memikirkan diri sendiri
19. Sering menjatuhkan temannya saat berlari
20. Lebih suka berada di luar ruangan (out door)
21. Anak tidak dapat mengenal dan menyebutkan nama
temannya di dalam kelas
22. Anak tidak dapat disuruh memperkenalkan diri
23. Anak sering tidak menyadari orang baru di
lingkungannya
24. Anak tidak memperhatikan temannya mengajak bicara
25. Anak tidak dapat mengatakan pinjam pensil dengan
temannya
26. Anak tidak dapat menunjukkan orangtuanya saat
ditanya guru
27. Anak sering bingung dengan orang baru
28. Anak tida bermain tenang dengan teman
29. Anak menghindar saat ditanya namanya
30. Anak tidak membantu temannya yang jatuh
31. Anak tidak dapat meminjamkan buku dengan
temannya
32. Anak berjalan-jalan di dalam kelas
33. Anak tidak dapat mengikuti gerakan guru saat
olahraga
34. Anak tidak menoleh saat dipanggil
35. Anak tidak dapat berinteraksi dengan sopan
36. Anak tidak merespon lawan bicaranya
37. Anak tidak bersikap baik dengan lingkungannya
38. Anak tidak dapat bicara meminta untuk pergi ke
toilet
|
2. LEMBAR TEST
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK
PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK HIPERAKTIF
(TEST)
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis Kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1. Anak tidak mendengarkan instruksi dari Guru
( Panggil anak dan berikan insturksi pada anak)
2. Anak tidak mampu duduk selama 15 detik
(Suruh anak untuk duduk diam)
3. Anak bergerak lebih aktif dari
anak lain
(Lihat gerakan keaktifan anak, gerakan kacau atau terarah)
4. Anak menabrak meja dan kursi di
dalam kelas
(Lihat gerakan yang ditimbulkan anak berdampak dapat menabrak benda
disekitarnya)
5. Anak tidak mampu memusatkan perhatian bermain
warna
(Berikan anak permainan dalam menyusun warna)
6. Anak tidak perhatian dalam tugas yang diberikan
( Berikan tugas dan dampingi anak)
7. Sering lupa kalau disuruh
( Suruh anak mengambil benda)
8. Gelisah saat disuruh duduk diam
(Suruh anak tetap duduk dan diam)
9. Anak dapat mengerjakan tugas sesuai instruksi
(Berikan Instruksi pada anak)
10. Anak tidak duduk tenang dalam belajar
mengelompokkan ukuran benda kecil dan besar
(Suruh anak mengelompokkan ukuran benda)
11. Anak tidak bersikap tenang dan berkonsentrasi
dalam belajar benda yang kecil, sedang dan besar
(Berikan anak pembelajaran menyusun benda)
12. Anak gelisah dalam mengelompokkan ukuran benda
panjang dan pendek
(Suruh anak untuk bermain mengelompokkan ukuran)
13. Anak tidak mampu melipat kertas dengan rapi
(Suruh anak untuk bermain melipat kertas)
14. Anak beceloteh saat menulis
( Lihat aktifitas anak saat menulis)
15. Anak tidak mampu menunggu pembagian mainan oleh
guru
(Suruh anak mengantri)
16. Anak tidak menghiraukan disuruh menulis di papan
tulis
(Suruh anak untuk ke depan)
17. Anak tidak mampu mendengar dan memperhatikan
guru
(Lihat kefokusan anak)
18. Anak tidak mau mengerjakan tugas
(Suruh anak mengerjakan tugas)
19. Anak cepat lupa meletakkan alat tulisnya
(Suruh anak mengambil alat tulisnya)
20. Anak tidak fokus dalam belajar menyusun balok
dengan benar
(Suruh anak menyusun balok-balok dengan rapi)
21. Terlalu cepat/ lambat mengerjakan tugas
(Lihat gerakan anak anak dalam mengerjakan tugas, terlalu cepat/lambat)
22. Suka marah-marah tidak jelas saat mengerjakan
tugas
(Lihat nanak saat mengerjakan tugas)
23. Sering frustasi dalam mengerjakan tugas
(Dampingi anak dalam menyelesaikan tugas, lihat titik Frustasi nya)
24. Menjawab sebelum pertanyaan guru selesai
(Berikan pertanyaan pada anak)
25. Suka menari tanpa kendali saat belajar :
(Lihat keaktifan anak dalam kelas)
26. Sering mencari perhatian guru dengan keaktifannya
(Lihat keaktifan anak dalam mencari perhatian)
27. Paling bosan saat disuruh menulis
(Perhatikan anak dalam menulis)
|
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK
PERKEMBANGAN EMOSI ANAK HIPERAKTIF
(TEST)
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis Kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1. Anak mengganggu temannya saat belajar
(Lihat Gerakan anak dalam kelas, mengganggu atau tidak)
2. Anak bergerak kacau di kelas
(Lihat keaktifan anak)
3. Anak memukul teman saat belajar menyusun balok
(Lihat emosi anak saat belajar menyusun balok)
4. Anak keluar kelas sebelum jam istirahat
(Dampingi anak dalam menunggu jam istirahat)
5. Anak mencela guru saat belajar
(Lihat emosi bicara anak)
6. Anak naik ke atas meja saat belajar
(Amati aktifitas gerakan anak dalam belajar)
7. Meletakkan mainan dengan sembrono
(Suruh anak meletakkan mainan ditempatnya)
8. Anak mengambil pensil temannya saat belajar
(Lihat gerakan anak yang mendekati temannya)
9. Anak tidak memasukkan kembali buku tulisnya
(Bisa/ tidak anak memasukkan buku tulis setelah belajar)
10. Anak tidak duduk dengan tenang di kelas
(Lihat keaktifan anak, tenang/ kacau)
11. Anak melempar objek mainannya kepada teman
(Berikan anak mainan di tangannya)
12. Anak tidak dapat mengekspresikan saat ia merasa
suka atau tidak
(Tanyakan pada anak ia suka benda tersebut/ tidak)
13. Anak tidak mengembalikan alat tulis yang
dipinjamnya
(Minta anak mengembalikan alat tulis yang dipinjamnya)
14. Anak mengambil makanan temannya saat istirahat
(Lihat aktifitas anak saat istirahat)
15. Anak memukul teman saat mengantri
(Suruh anak untuk
menunggu dibelakang temannya)
16. Anak menabrak temannya saat di dalam kelas
(Lihat keaktifan anak dalam kelas)
17. Anak menabrak papan tulis saat berjalan
(Amati gerak anak seperti dikendalikan motor)
18. Anak menabrak meja saat berjalan
(Amati gerak anak seperti dikendalikan motor)
19. Anak mempunyai waktu tidur yang sedikit
(Suruh anak istirahat dari keaktifannya)
20. Sering menghindar ketika disuruh makan
(Suruh anak untuk makan)
21. Tidak suka dipeluk
((mencoba peluk anak disela keaktifannya)
22. Sering marah dan frustasi saat bosan
(Tes emosi anak dalam mengerjakan tugas)
23. Sering berputar-putar di dalam kelas
(Amati gerakan anak)
24. Tidak suka berada dalam ruangan kecil
(bawa anak dalam ruangan/ kelas)
25. Melempar barang tanpa kendali
(Letakkan barang-barang disekitar anak)
26. Tantrum saat dipeluk
(Peluk anak di sela keaktifannya)
27. Suka mengejek temannya tanpa kendali
(Suruh anak berinteraksi dengan temannya)
28. Sering menghamburkan barang yang disekatnya
(Biarkan barang ada didekat anak)
29. Suka berceloteh tidak jelas saat disuruh tidur
(Lihat kektifan anak saat tidur)
30. Tidak mempunyai rasa lelah dalam aktifitasnya
(coba disuruh terus bergerak)
|
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK
PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK HIPERAKTIF
(TEST)
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis Kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBANGAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1. Anak bersikap aktif / pasif terhadap orang yang
baru ia kenal
(Coba perkenalkan diri anda kepada anak)
2. Anak tidak
menghiraukan guru pengajarnya
(Komunikasikan tugas yang akan dikerjakan anak)
3. Anak tidak dapat menyesuaikan diri dengan
lingkungan baru :
(Coba ajak anak dalam berinteraksi)
4. Anak tidak mau bermain secara berkelompok :
(Suruh anak berada dalam kelompok)
5. Anak tidak menghiraukan sekitarnya bermain :
(Suruh anak ikut bermain dengan temannya)
6. Sering membuat ramai karena keaktifannya
(Ikuti anak dalam setiap gerakannya)
7. Anak lebih banyak bicara tidak jelas
(Ajak anak berkomunikasi)
8. Anak sering memotong pembicaraan orang lain
(Ajak anak bicara lebih dekat)
9. Anak sering lupa dan tidak fokus dalam tugas
kelompok dengan temannya
(minta anak meriviu tugas kelompoknya)
10. Pola istirahat anak yang sedikit
(Suruh anak istirahat disela keaktifannya)
11. Tidak merasa kelelahan dengan gerakan-gerakan
kacau sepanjang hari
(Suruh anak terus-menerus bergerak)
12. Tidak menghiraukan ibunya yang memanggil
(Coba untuk memanggil namanya)
13. Tidak mau diam
(Suruh anak untuk diam)
14. Selalu menunda pekerjaan
(Suruh anak mengerjakan segera tugasnya)
15. Sulit diajak bicara secara langsung /berhadapan
(Cari perhatian anak dengan komunikasi langsung)
16. Tantrum saat keinginannya tidak ada yang
mengerti
(Minta apa yang anak mau)
17. Pola makan yang sulit/ tidak teratur
(Suruh anak untuk makan di jam yang teratur)
18. Hanya memikirkan diri sendiri
(Suruh anak untuk membantu temannya)
19. Sering menjatuhkan temannya saat berlari
(Suruh anak untuk berlari dan lihat gerakannya)
20. Lebih suka berada di luar ruangan /out door
(Ajak anak keluar dari dalam kelas)
21. Anak tidak dapat mengenal dan menyebutkan nama
temannya di dalam kelas
(Minta anak untuk menyebutkan teman-temanya)
22. Anak tidak dapat disuruh memperkenalkan diri
(Minta anak memperkenalkan dirinya)
23. Anak sering tidak menyadari orang baru di
lingkungannya
(Coba perkenalkan diri anda dihadapan anak)
24. Anak tidak memperhatikan temannya mengajak bicara
(Minta anak lain untuk bicara dengannya)
25. Anak tidak dapat mengatakan pinjam pensil dengan
temannya
(Minta anak untuk meminjam pensil pada temannya)
26. Anak tidak dapat menunjukkan orangtuanya saat
ditanya guru
(Tanya anak yang mana orangtuanya)
27. Anak sering bingung dengan orang baru
(Ajak bicara anak)
28. Anak tidak bermain tenang dengan teman
(Kumpulkan anak untuk bermain dengan temannya)
29. Anak menghindar saat ditanya namanya
(Tanyakan siapa namanya)
30. Anak tidak membantu temannya yang jatuh
(Minta anak melihat temannya yang jatuh)
31. Anak tidak dapat meminjamkan buku dengan
temannya :
(Minta anak mengatakan untuk meminjam buku dengan temannya)
32. Anak berjalan-jalan di dalam kelas
(Amati gerakan anak)
33. Anak tidak dapat mengikuti gerakan guru saat
olahraga
(Minta anak mengikuti gerakan guru olahraga nya)
34. Anak tidak menoleh saat dipanggil
(Panggil nama anak saat ia bergerak kesana kemari)
35. Anak tidak dapat berinteraksi dengan sopan
(Ajak anak dalam berinteraksi langsung/
36. Anak tidak merespon lawan bicaranya
(Ajak anak bicara berhadapan)
37. Anak tidak bersikap baik dengan lingkungannya
(Bawa anak berada dalam kelompok)
38. Anak tidak dapat bicara meminta untuk pergi ke
toilet
(Tanyakan anak apakah ia ingin ke toilet)
|
3. LEMBAR DOKUM ENTASI
Dalam
lembar dokumentasi didapat
dari doku men pihak sekolah yang
mekuan wawancra sebelum nak mauk ke sekolah tersebut.
A. Identitas Anak
Nama : Jenis kelamin :
Usia : Tempat
Tanggal Lahir :
Agama : Anak ke :
Status dalam keluarga : Jumlah
Saudara :
Tinggi Badan : Berat
Badan :
Golongan Darah :
B. Keterangan Orangtua /
Wali
Nama Ayah : Umur : Pendidikan
Terakhir : Pekerjaan :
Nama Ibu : Pendidikan
Terakhir :
Pekerjaan : Alamat
Orang Tua :
Nama Wali (bila ada) :
Umur
:
Pendidikan Terakhir :
Pekerjaan
:
Hubungan dengan Anak : Alamat
Wali :
4.
LEMBAR WAWANCARA
Dalam aspek lembar wawancara langsung dengan guru dan orangtua anak yang
berada di sekolah.
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK
PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK HIPERAKTIF
(WAWANCARA)
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis Kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBANG-AN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBANGAN KOGNITIF /
HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1. Apakah anak tidak mendengarkan instruksi dari
Guru saat di dalam kelas?
2. Apakah anak tidak mampu duduk selama 15 detik di dalam kelas?
3. Apakah anak bergerak lebih aktif
dari anak lain?
4. Apakah anak sering menabrak meja
dan kursi di dalam kelas dengan keaktifannya?
5. Apakah anak tidak mampu memusatkan perhatian
saat bermain warna?
6. Apakah anak tidak memperhatikan dalam tugas yang
diberikan?
7. Apakah anak sering lupa kalau disuruh ?
8. Apakah anak gelisah saat disuruh duduk diam ?
9. Apakah anak dapat mengerjakan tugas sesuai
instruksi ?
10. Apakah anak tidak duduk tenang dalam belajar mengelompokkan
ukuran benda kecil dan besar di dalam kelas ?
11. Apakah anak tidak bersikap tenang dan
berkonsentrasi dalam belajar benda yang kecil, sedang dan besar?
12. Apakah anak gelisah dalam mengelompokkan
ukuran benda panjang dan pendek ?
13. Apakah anak tidak mampu melipat kertas dengan
rapi ?
14. Apakah anak beceloteh saat menulis ?
15. Apakah anak tidak mampu menunggu pembagian
mainan oleh guru?
16. Apakah anak tidak menghiraukan disuruh menulis
di papan tulis?
17. Apakah anak tidak mampu mendengar dan memperhatikan
guru?
18. Apakah anak tidak mau mengerjakan tugas?
19. Apakah anak cepat lupa meletakkan alat tulisnya?
20. Apakah anak tidak fokus dalam belajar menyusun
balok dengan benar?
21. Apakah anak terlalu cepat/ lambat mengerjakan
tugas?
22. Apakah anak suka marah-marah tidak jelas saat
mengerjakan tugas?
23. Apakah anak sering frustasi dalam mengerjakan
tugas?
24. Apakah anak memberikan jawaban sebelum
pertanyaan guru selesai?
25. Apakah anak suka menari tanpa kendali saat
belajar?
26. Apakah anak sering mencari perhatian guru
dengan keaktifannya?
27. Apakah anak merasa paling bosan saat disuruh
menulis?
|
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK
PERKEMBANGAN EMOSI ANAK HIPERAKTIF
(WAWANCARA)
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis Kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBA-NGAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN EMOSI / HIPERAKTIF, IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1. Apakah anak mengganggu temannya saat belajar?
2. Apakah anak selalu bergerak kacau di kelas?
3. Apakah anak memukul teman saat belajar menyusun
balok?
4. Apakah anak keluar kelas sebelum jam istirahat?
5. Apakah anak mencela guru saat belajar?
6. Apakah anak naik ke atas meja saat belajar?
7. Apakah anak meletakkan mainan dengan sembrono?
8. Apakah anak sering mengambil pensil temannya
saat belajar?
9. Apakah anak tidak memasukkan kembali buku
tulisnya?
10. Apakah anak tidak duduk dengan tenang di kelas?
11. Apakah anak melempar objek mainannya kepada
teman?
12. Apakah anak tidak dapat mengekspresikan saat ia
merasa suka atau tidak?
13. Apakah anak tidak mengembalikan alat tulis yang
dipinjamnya?
14. Apakah anak mengambil makanan temannya saat
istirahat?
15. Apakah anak memukul teman saat mengantri?
16. Apakah anak menabrak temannya saat di dalam
kelas?
17. Apakah anak menabrak papan tulis saat berjalan?
18. Apakah anak menabrak meja saat berjalan?
19. Apakah anak mempunyai waktu tidur yang sedikit?
20. Apakah anak sering menghindar ketika disuruh
makan?
21. Apakah anak tidak suka dipeluk?
22. Apakah anak sering marah dan frustasi saat ia
merasa bosan?
23. Apakah anak sering berputar-putar di dalam kelas?
24. Apakah anak tidak suka berada dalam ruangan
kecil?
25. Apakah anak sering melempar barang tanpa kendali?
26. Apakah anak tantrum saat dipeluk?
27. Apakah anak suka mengejek temannya tanpa kendali?
28. Apakah anak sering menghamburkan barang yang didekatnya?
29. Apakah anak suka berceloteh tidak jelas saat
disuruh tidur?
30. Apakah anak tidak mempunyai rasa lelah dalam
aktifitasnya?
|
INSTRUMEN
IDENTIFIKASI
ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK HIPERAKTIF
(WAWANCARA)
IDENTITAS :
Nama : Kelas :
Usia saat ini : Asal
sekolah :
Jenis Kelamin :
ASPEK
JENIS
|
INDIKATOR
|
PRESENTASE
|
DESKRIPSI KUALITATIF
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBAN-GAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
PERKEMBANGAN SOSIAL / IMPULSIF DAN KURANG PERHATIAN
|
1. Apakah anak bersikap aktif / pasif terhadap
orang yang baru ia kenal?
2. Apakah anak tidak menghiraukan guru pengajarnya?
3. Apakah anak tidak dapat menyesuaikan diri dengan
lingkungan baru?
4. Apakah anak tidak mau bermain secara
berkelompok?
5. Apakah anak tidak menghiraukan sekitarnya saat
bermain?
6. Apakah anak sering membuat ramai karena
keaktifannya?
7. Apakah anak lebih banyak bicara tidak jelas?
8. Apakah anak sering memotong pembicaraan orang
lain?
9. Apakah anak sering lupa dan tidak fokus dalam
tugas kelompok dengan temannya?
10. Apakah pola istirahat anak sedikit?
11. Apakah anak tidak merasa kelelahan dengan
gerakan-gerakan kacau sepanjang hari?
12. Apakah anak tidak menghiraukan ibunya yang
memanggil?
13. Apakah anak tidak mau diam?
14. Apakah anak selalu menunda pekerjaannya?
15. Apakah anak sulit diajak bicara secara langsung
(berhadapan)?
16. Apakah anak tantrum saat keinginannya tidak ada
yang mengerti?
17. Apakah pola makan anak sulit/ tidak teratur?
18. Apakah anak hanya memikirkan diri sendiri saat
melihat temannya jatuh?
19. Apakah anak sering menjatuhkan temannya saat
berlari?
20. Apakah anak lebih suka berada di luar ruangan
(out door)?
21. Apakah anak tidak dapat mengenal dan menyebutkan
nama temannya di dalam kelas?
22. Apakah anak tidak dapat disuruh memperkenalkan
diri saat disuruh untuk memperkenalkan?
23. Apakah anak sering tidak menyadari orang baru di
lingkungannya?
24. Apakah anak tidak memperhatikan temannya mengajak
bicara?
25. Apakah anak tidak dapat mengatakan pinjam pensil
dengan temannya?
26. Apakah anak tidak dapat menunjukkan orangtuanya
saat ditanya guru?
27. Apakah anak sering bingung dengan orang baru?
28. Apakah anak tidak bermain tenang dengan teman?
29. Apakah anak menghindar saat ditanya namanya?
30. Apakah anak tidak membantu temannya yang jatuh?
31. Apakah anak tidak dapat meminjamkan buku dengan
temannya?
32. Apakah anak berjalan-jalan di dalam kelas?
33. Apakah anak tidak dapat mengikuti gerakan guru
saat olahraga?
34. Apakah anak tidak menoleh saat dipanggil?
35. Apakah anak tidak dapat berinteraksi dengan
sopan dihadapan orang sekitarnya?
36. Apakah anak tidak merespon lawan bicaranya?
37. Apakah anak tidak bersikap baik dengan
lingkungannya?
38. Apakah anak tidak dapat bicara meminta untuk
pergi ke toilet?
|
LEMBAR
WAWANCARA ORANGTUA/WALI
Selain wawancara untuk guru, identifikasi di atas
dapat juga untuk orangtua/wali peserta didik.
Riwayat Hidup Anak
1.
Sebelum kelahiran :
apakah ibu sehat selama mengandung?
2.
Saat kelahiran, lama kandungan :
apakah cukup bulan, berat badan…. gram….cm
3.
Melahirkan di :
rumah bersalin/rumah sakit
4. Ditolong oleh :
5. Proses kelahiran :
6.
Makanan pertama yang diberikan :
susu kaleng, mulai umur…bulan sampai…bulan
7. Perkembangan tengkurap anak :
8. Perkembangan duduk anak :
9. Perkembangan pengucapan kata :
10. Perkembangan kelancaran berbicara :
11. Subyek dalam hal mengisap jempol :
12. Berapa jam pola tidur anak :
13. Subyek terhadap perhatian dalam
lingkungan :
14. Subyek dalam hal perasaan takut :
15. Subyek dalam hal perasaan malu :
16. Subyek dalam hal kegiatan sehari-hari :
17. Anak menjadi mandi sendiri :
18. Anak tidak merasa lelah dengan
aktifitasnya :
19. Anak menjadi berpakaian sendiri :
20. Anak menjadi makan sendiri :
21. Anak menjadi bermain dengan mainan :
22. Anak menjadi bergaul dengan anak sebaya :
Komentar
Posting Komentar