instrumen asesmen ABK (kesulitan membaca)
INSTRUMEN
ASESMEN KESULITAN MEMBACA
Untuk
Memenuhi Tugas Mata Kuliah
“Asesmen Anak
Berkebutuhan Khusus”
Dosen
Pengajar
Imam Yuwono, M.Pd
Disusun
Oleh:
Haries
Hariady NIM A1F112218
Maydina NIM A1F112012
Yasmina NIM A1F112222
Eka Rosyana NIM
A1F112017
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN LUAR BIASA
FAKULTAS
KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2013
KISI-KISI
INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN MEMBACA
Keterampilan
|
Sub keterampilan
|
Indikator
|
A. Keterampilan
pra-membaca (Membaca Lisan)
|
1.
Mengenal huruf
|
a.
Melafalkan huruf vokal kecil
b.
Melafalkan huruf vokal besar/kapital
c.
Melafalkan huruf konsonan kecil
d.
Melafalkan huruf konsonan besar/
kapital
e.
Melafalkan dan menggabungkan
huruf diftong-vokal
f.
Melafalkan gabungan huruf
konsonan-vokal
g.
Melafalkan huruf vokal rangkap
h.
Melafalkan huruf gabungan
konsonan-vokal-konsonan
|
2.
Membedakan huruf
|
a.
Membedakan huruf kecil yang
bentuknya hampir sama
b.
Membedakan huruf besar yang
hampir sama
c.
Membedakan huruf yang
pelafalannya hampir sama
|
|
B. Keterampilan
membaca (Ketepatan Membaca)
|
1.
Subtitusi (mengganti huruf/kata yang dibaca)
|
a.
Mengganti huruf yang dibacanya
b.
Mengganti kata yang dibacanya
c.
Mengganti kata benda menjadi kata
sifat
d.
Mengganti kata benda menjadi kata
kerja
e.
Mengganti kata benda dengan
keterangan waktu
|
2.
Insersi (menambah huruf/ kata dari teks yang
dibaca)
|
a.
Menambah huruf yang dibacanya
b.
Menambah kata yang dibacanya
c.
Menambah kata kerja yang
dibacanya
d.
Menambah kata sifat yang
dibacanya
e.
Menambah kata keterangan yang
dibacanya
|
|
3.
Omisi (menghilangkan huruf/ kata tertentu)
|
a.
Menghilangkan kata yang dibacanya
b.
Menghilangkan kata kerja
dibacanya
|
|
4.
Repetisi (Pengulangan huruf/ kata)
|
a.
Mengulang huruf tertentu yang
dibacanya
b.
Mengulang kata tertentu yang
dibacanya
c.
Mengulang kata kerja yang
dibacanya
d.
Mengulang kata benda yang
dibacanya
e.
Mengulang kata keterangan yang dibacanya
|
|
5.
Reversal (menukar posisi huruf/ kata)
|
a.
Menukar huruf tertentu yang
dibacanya
b.
Menukar kata tertentu yang
dibacanya
c.
Menukar kata kerja dengan kata
keterangan
d.
Menukar kata benda dengan kata
kerja
e.
Menukar kata kerja dengan kata
sifat
|
|
6.
Hesitasi/Pouse (penghentian saat membaca sebelum
melanjutkan bacaan)
|
a.
Menghentikan dua kata bacaan
b.
Menghentikan tiga kata bacaan
c.
Menghentikan kata benda sebelum
kata kerja
d.
Menghentikan kata benda sebelum
kata keterangan
e.
Menghentikan kata kerja sebelum
kata keterangan
|
|
C.
Keterampilan membaca (Pemahaman
isi bacaan)
|
1.
Eksplisit
|
a.
Memahami isi teks bacaan secara
faktual melalui pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan
b.
Memahami isi teks bacaan
berdasarkan sekuen/urutan
c.
Memahami isi teks bacaan yang
mengandung argumentasi
|
2.
Implisit
|
a.
Keterampilan membaca tingkat penguasaan (Frustration
Level)
b.
Keterampilan membaca tingkat tahapan pembelajaran
(Interuction Level)
c.
Keterampilan membaca tingkat kemandirian (Independent
Level)
|
1.
PENGEMBANGAN
BUTIR INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN MEMBACA LISAN ( MENGENAL HURUF)
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
Hasil
|
||
1
|
2
|
3
|
||
a. Melafalkan
huruf vokal kecil
|
1. Anak
diminta melafalkan semua huruf vokal (a, i, u, e, o) yang ditunjukkan
2. Anak
diminta melafalkan satu huruf vokal ‘a’/’i’/’u’/’e’/’o’ yang ditunjukkan
3. Anak
diminta melafalkan gabungan dua huruf vokal awalan ‘a’ : a-i, au, ae, ao yang
ditunjukkan
4. Anak
diminta melafalkan gabungan dua huruf vokal awalan ‘i’ : i-a, i-u, i-o, i-e
yang ditunjukkan
5. Anak
diminta melafalkan gabungan dua huruf awalan ‘e’ : e-a, e-i, e-u, e-o yang
ditunjukkan
6. Anak
diminta melafalkan gabungan dua huruf akhiran ‘u’ : u-a, u-i,- u-e, u-o yang
ditunjukkan
7. Anak
diminta melafalkan gabungan dua huruf akhiran ‘o’ : o-a, o-i, o-e, o-u yang
ditunjukkan
8. Anak
diminta melafalkan gabungan tiga huruf vokal : a-i-u, a-i-o, a-u-e, i-o-e,
o-u-i, u-e-o, e-i-u yang ditunjukkan
9. Anak
diminta melafalkan gabungan empat huruf vokal : a-i-u-e, i-u-e-o, u-a-i-o, e-i-u-a,
o-e-i-u yang ditunjukkan
10.
Anak diminta melafalkan gabungan
lima huruf vokal : a-i-u-e-o, i-u-e-o-a, u-e-o-a-i, e-o-u-i-a, o-a-i-e-u yang
ditunjukkan
|
|||
b. Melafalkan
huruf vokal besar/kapital
|
1. Anak
diminta melafalkan semua huruf vokal (A, I, U, E, O) yang ditunjukkan
2. Anak
diminta melafalkan satu huruf vokal ‘A’/’I’/’U’/’E’/’O’ yang ditunjukkan
3. Anak
diminta melafalkan gabungan dua huruf vokal awalan ‘a’ : a-i, au, ae, ao yang
ditunjukkan
4. Anak
diminta melafalkan gabungan dua huruf vokal awalan ‘i’ : i-a, i-u, i-o, i-e
yang ditunjukkan
5. Anak
diminta melafalkan gabungan dua huruf awalan ‘e’ : e-a, e-i, e-u, e-o yang
ditunjukkan
6. Anak
diminta melafalkan gabungan dua huruf akhiran ‘u’ : u-a, u-i,- u-e, u-o yang
ditunjukkan
7. Anak
diminta melafalkan gabungan dua huruf akhiran ‘o’ : o-a, o-i, o-e, o-u yang
ditunjukkan
8. Anak
diminta melafalkan gabungan tiga huruf vokal : a-i-u, a-i-o, a-u-e, i-o-e,
o-u-i, u-e-o, e-i-u yang ditunjukkan
9. Anak
diminta melafalkan gabungan empat huruf vokal : a-i-u-e, i-u-e-o, u-a-i-o,
e-i-u-a, o-e-i-u yang ditunjukkan
10.
Anak diminta melafalkan gabungan
lima huruf vokal : a-i-u-e-o, i-u-e-o-a, u-e-o-a-i, e-o-u-i-a, o-a-i-e-u
|
|||
c.
Melafalkan huruf konsonan kecil
|
1. Anak
diminta melafalkan huruf konsonan yang dilihatnya
2. Anak
diminta melafalkan beberapa huruf konsonan b, c, d, f, g, h, j, k, l, m, n,
p, q, r, s, t, v, w, x, y, z yang ditunjukkan
3. Anak
diminta melafalkan beberapa huruf konsonan secara acak : p, r, t, v, z, y, b,
f, d, c, l, m, j, n, q, h, s, w, g, x yang ditunjukkan
4. Anak
diminta melafalkan 3 huruf konsonan yang berurutan: b-c-d, f-g-h, j-k-l,
m-n-p, q-r-s, t-v-w, x-y-z yang ditunjukkan
5. Anak
diminta melafalkan 5 huruf konsonan yang berurutan : b-c-d-f-g, h-j-k-l-m,
n-p-q-r-s, t-v-w-x-y yang ditunjukkan
6. Anak
diminta melafalkan 3 huruf konsonan secara acak : x-g-w, v-t-y, k-m-b, c-p-d,
s-q-z, n-l-f, h-r-j yang ditunjukkan
7. Anak
diminta melafalkan 5 huruf konsonan secara acak : j-r-h-f-l, n-z-q-s-d,
p-c-b-m-k, y-t-v-w-x yang ditunjukkan
|
|||
d. Melafalkan
huruf besar / kapital konsonan
|
1. Anak
diminta melafalkan salah satu huruf konsonan kapital yang ditunjukkan
2. Anak
diminta melafalkan beberapa huruf
kapital konsonan: B, C, D, F, G, H, J, K, L, M, N, P, Q, R, S, T, V,
W, X, Y, Z yang ditunjukkan
3. Anak
diminta melafalkan beberapa huruf kapital konsonan secara acak : D, G, J , H,
L, N, P, R, Q, M, T, W, Z, Y, V, S, C, F, K, B, X. yang di tunjukkan
4. Anak
diminta melafalkan 2 huruf kapital konsonan yang berurutan : B-C, D-F, G-H,
J-K, L-M, N-P, Q-R, S-T, V-W, X-Y, Z-B yang ditunjukkan
5. Anak
diminta melafalkan 5 huruf besar konsonan yang berbeda secara berurutan :
B-C-D-F-G, H-J-K-L-M, N-P-Q-R-S, T-V-W-X-Y, Z-B-C-D-F yang ditunjukkan
|
|||
e. Melafalkan
dan menggabungkan huruf diftong-vokal
|
1. Anak
diminta melafalkan huruf diftong ‘ny’ yang ditunjukkan
2. Anak
diminta melafalkan huruf ‘ng’ yang ditunjukkan
3. Anak
diminta melafalkan gabungan huruf diftong-vokal ‘a’ : nya, nga yang
ditunjukkan
4. Anak
diminta melafalkan gabungan huruf diftong-vokal ‘i’ : nyi, ngi yang
ditunjukkan
5. Anak
diminta melafalkan gabungan huruf diftong-vokal ‘u’ : nyu, ngu yang
ditunjukkan
6. Anak
diminta melafalkan gabungan huruf diftong-vokal ‘e’ : nye, nge yang
ditunjukkan
7. Anak
diminta melafalkan gabungan huruf diftong-vokal ‘o’ : ny, ngo yang
ditunjukkan
|
|||
f. Melafalkan
gabungan huruf konsonan-vokal
|
1. Anak
diminta melafalkan gabungan huruf vokal ‘a’ : ba, ca, da, fa, ga, ha, ja, ka,
la, ma, na, pa, qa, ra, sa, ta, va, wa, ya. yang ditunjukkan
2. Anak
diminta melafalkan gabungan huruf vokal ‘i’ : bi, ci, di, fi, gi, hi, ji, ki,
li, mi, ni, pi, qi, ri, si, ti, vi, wi, yi. yang ditunjukkan
3. Anak
diminta melafalkan gabungan huruf vokal ‘u’ : bu, cu, du, fu, gu, hu, ju, ku,
lu, mu, nu, pu, qu, ru, su, tu, vu, wu, yu. yang ditunjukkan
4. Anak
diminta melafalkan gabungan huruf vokal ‘e’ : be, ce, de, fe, ge, he, je, ke,
le, me, ne, pe, qe, re, se, te, ve, we, ye. yang ditunjukkan
5. Anak
diminta melafalkan gabungan huruf vokal ‘o’ : bo, co, do, fo, go, ho, jo, ko,
lo, mo, no, po, qo, ro, so, to, vo, wo, yo. yang ditunjukkan
|
|||
g. Melafalkan
huruf vokal rangkap
|
1. Anak
diminta melafalkan huruf ‘ia’, ‘ua’,
‘oa’ yang ditunjukkan
2. Anak
diminta melafalkan huruf ‘ai’ ‘oi’, ‘ei’, ‘ui’ yang ditunjukkan
3. Anak
diminta melafalkan huruf ‘ao’, ‘io’ yang ditunjukkan
Anak diminta melafalkan huruf ‘ie’,
‘ue’ yang ditunjukkan
|
|||
h. Melafalkan
huruf konsonan-vokal-konsonan
|
1. Anak
diminta melafalkan huruf dari kata subjek: ‘ba-pak’ yang ditunjukkan
2. Anak
diminta melafalkan huruf dari kata benda :‘ka-pal’ yang ditunjukkan
3. Anak
diminta melafalkan huruf dari kata keterangan arah :‘de-pan’ yang ditunjukkan
4. Anak
diminta melafalkan huruf dari kata keterangan waktu :‘sa-tu ta-hun’ yang
ditunjukkan
5. Anak
diminta melafalkan huruf dari kata tempat :‘ke-las’ yang ditunjukkan
6. Anak
diminta melafalkan huruf dari kata keterangan tempat :‘ban-jar-ma-sin’ yang
ditunjukkan
|
Keterangan :
Untuk skor di ambil :
1. Anak
tidak bisa melakukan
2. Anak
bisa melakukan dengan bantuan
3. Anak
bisa melakukan
2.
PENGEMBANGAN
BUTIR INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN MEMBACA LISAN ( MEMBEDAKAN HURUF)
Indikator
|
Butir Instrumen
|
Hasil
|
Deskripsi
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
a. Membedakan
huruf kecil yang bentuknya hampir sama
|
1. Anak
diminta melafalkan dan membedakan huruf ‘b, d, p’ yang ditunjukkan
2. Anak
diminta melafalkan dan membedakan huruf ‘c-o, u-o, a-c dan u-v’ yang
ditunjukkan
3. Anak
diminta melafalkan dan membedakan huruf ‘p-f dan p-g’ yang ditunjukkan
4. Anak
diminta melafalkan dan membedakan huruf ‘h-n, h-b, m-n, m-w’ yang ditunjukkan
5. Anak
diminta melafalkan dan membedakan huruf ‘c-e dan i-j’ yang ditunjukkan
6. Anak
diminta melafalkan dan membedakan huruf ‘r-t, l-t dan s-z’ yang ditunjukkan
7. Anak
diminta melafalkan dan membedakan huruf ‘p-q, d-q dan g-q’ yang ditunjukkan
|
||||
b. Membedakan
huruf besar/kapital yang hampir sama
|
1. Anak
diminta melafalkan dan membedakan huruf besar ‘B-D, O-Q’ yang ditunjukkan
2. Anak
diminta melafalkan dan membedakan huruf besar ‘C-G, D-G, D-O’ yang ditunjukkan
3. Anak
diminta melafalkan dan membedakan huruf besar ‘U-V, V-W, M-W’ yang
ditunjukkan
4. Anak
diminta melafalkan dan membedakan huruf besar ‘S-Z’ yang ditunjukkan
5. Anak
diminta melafalkan dan membedakan huruf besar ‘I-J, I-T, J-T’ yang
ditunjukkan
6. Anak
diminta melafalkan dan membedakan huruf besar ‘E-F, H-N’ yang ditunjukkan
|
||||
c. Membedakan
huruf yang pelafalannya hampir sama
|
1. Anak
diminta melafalkan huruf ‘B dan P’ yang ditunjukkan
2. Anak
diminta melafalkan huruf ‘M dan N’ yang ditunjukkan
3. Anak
diminta melafalkan huruf ‘K dan Q’ yang ditunjukkan
4. Anak
diminta melafalkan huruf ‘R dan L’ yang ditunjukkan
5. Anak
diminta melafalkan huruf ‘V dan F’ yang ditunjukkan
|
Keterangan :
Untuk
skor di ambil :
|
Untuk Deskripsi :
|
1.
Anak tidak bisa melakukan
2.
Anak bisa melakukan dengan
bantuan
3.
Anak bisa melakukan
|
-
Penjabaran hasil yang dapat
diucapkan anak
-
Kesalahan huruf yang dibaca anak
|
3. PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN
ASESMEN KETERAMPILAN KETEPATAN MEMBACA ( SUBTITUSI)
Indikator
|
Butir Instrumen
|
Hasil
|
Deskripsi
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
a. Mengganti
huruf yang dibacanya
|
1.
Anak diminta membaca kata ‘Suka
dengan Buka’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
2.
Anak diminta membaca kata ‘Cuci
dengan Guci’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
3.
Anak diminta membaca kata ‘Ari dengan
Air’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
4.
Anak diminta membaca kata ‘Beli
dengan Beri’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
5.
Anak diminta membaca kata ‘Tali
dengan Tari’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
|
||||
b. Mengganti
kata yang dibacanya
|
1.
Anak diminta membaca kata ‘Bapak
dengan Ayah’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
2.
Anak diminta membaca kata ‘Ibu
dengan Mama’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
3.
Anak diminta membaca kata ‘kaka
dengan Kaki’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
4.
Anak diminta membaca kata ‘Makan
dengan Memakan’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
5.
Anak diminta membaca kata ‘Cari
dengan Cara’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
|
||||
c. Mengganti
kata benda menjadi kata kerja
|
1. Anak
diminta membaca kalimat ‘Palu dipakai untuk memukul paku’ yang
ditunjukkan tanpa mengganti kata
2. Anak
diminta membaca kalimat ‘Sisir untuk menyisir rambut’ yang
ditunjukkan tanpa mengganti kata
3. Anak
diminta membaca kalimat ‘penggaris untuk menggaris’ yang
ditunjukkan tanpa mengganti kata
4. Anak
diminta membaca kalimat ‘air di dalam gelas diminum kaka’ yang
ditunjukkan tanpa mengganti kata
5. Anak
diminta membaca kalimat ‘Ikan di atas meja dimakan kucing’ yang
ditunjukkan tanpa mengganti kata
|
Keterangan :
Untuk
skor di ambil :
|
Untuk Deskripsi :
|
1.
Anak tidak bisa melakukan
2.
Anak bisa melakukan dengan
bantuan
3.
Anak bisa melakukan
|
-
Penjabaran hasil yang dapat
diucapkan anak
-
Kesalahan kata yang dibaca anak
-
Penggantian kata yang dibaca anak
|
4. PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN
ASESMEN KETERAMPILAN KETEPATAN MEMBACA ( INSERSI)
Indikator
|
Butir Instrumen
|
Hasil
|
Deskripsi
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
a. Menambah
huruf yang dibacanya
|
1.
Anak diminta membaca kata ‘jalan’
yang ditunjukkan
2.
Anak diminta membaca kata ‘mama’
yang ditunjukkan
3.
Anak diminta membaca kata ‘bawa’
yang ditunjukkan
4.
Anak diminta membaca kata ‘pasar’
yang ditunjukkan
5.
Anak diminta membaca kata ‘sudah’
yang ditunjukkan
|
||||
b. Menambah
kata yang dibacanya
|
1. Anak
diminta membaca kata ‘saya suka kue’ yang ditunjukkan
2. Anak
diminta membaca kata ‘saya tidak suka sayur’ yang ditunjukkan
3. Anak
diminta membaca kata ‘pergi ke sekolah pukul 07.00 yang ditunjukkan
4. Anak
diminta membaca kata ‘Rumah paman di banjarmasin’ yang ditunjukkan
5. Anak
diminta membaca kata ‘ani belajar membaca’ yang ditunjukkan
|
||||
c. Menambah
kata kerja yang dibacanya
|
1. Anak
diminta membaca kalimat ‘ibu marah dengan saya’ yang ditunjukkan
2. Anak
diminta membaca kalimat ‘ayah pergi ke kantor’ yang ditunjukkan
3. Anak
diminta membaca kalimat ‘bapak membaca buku’ yang ditunjukkan
4. Anak
diminta membaca kalimat ‘kaka belajar sendiri’ yang ditunjukkan
5. Anak
diminta membaca kalimat ‘saya disuruh membeli gula’ yang ditunjukkan
|
||||
d.
Menambah kata sifat yang
dibacanya
|
1. Anak
diminta membaca kalimat ‘ibu marah dengan saya’ yang ditunjukkan
2. Anak
diminta membaca kalimat ‘sandy suka memukul’ yang ditunjukkan
3. Anak
diminta membaca kalimat dengan memakai nama temannya yang dituliskan
4. Anak
diminta membaca kalimat dengan memakai namanya yang dituliskan
5. Anak
diminta membaca kalimat dengan membuat kata sifat ‘rajin’ yang dituliskan
|
||||
e. Menambah
kata keterangan yang dibacanya
|
1. Anak
diminta membaca kalimat bertuliskan alamat rumahnya yang ditunjukkan
2. Anak
diminta membaca kalimat bertuliskan alamat sekolahnya yang ditunjukkan
3. Anak
diminta membaca kalimat bertuliskan alamat temannya yang ditunjukkan
4. Anak
diminta membaca kalimat bertuliskan waktu pulang sekolah yang ditunjukkan
5. Anak
diminta membaca kalimat bertuliskan waktu ia tidur yang ditunjukkan
|
Keterangan :
Untuk
skor di ambil :
|
Untuk Deskripsi :
|
1.
Anak tidak bisa melakukan
2.
Anak bisa melakukan dengan
bantuan
3.
Anak bisa melakukan
|
-
Penjabaran hasil yang dapat
diucapkan anak
-
Kesalahan kata yang dibaca anak
-
Penambahan kata yang dibaca anak
|
5. PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN
ASESMEN KETERAMPILAN KETEPATAN MEMBACA ( OMISI )
Indikator
|
Butir Instrumen
|
Hasil
|
Deskripsi
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
a. Menghilangkan
kata yang dibacanya
|
1. Anak
diminta membaca kalimat ‘ibu sedang memasak di dapur’ yang ditunjukkan
2. Anak
diminta membaca kalimat ‘ada bunga mawar merah’ yang ditunjukkan
3. Anak
diminta membaca kalimat ‘hari ini mata pelajaran bahasa’ yang ditunjukkan
4. Anak
diminta membaca kalimat ‘bapak dan ibu guru sedang mengajar’ yang ditunjukkan
5. Anak
diminta membaca kalimat ‘ayahku seorang pilot’ yang ditunjukkan
|
||||
b. Menghilangkan
kata kerja dibacanya
|
1. Anak
diminta membaca kalimat ‘Adi membaca buku’ yang ditunjukkan
2. Anak
diminta membaca kalimat ‘Ibu menggoreng ikan’ yang ditunjukkan
3. Anak
diminta membaca kalimat ‘Saya mencari Ani di kelas’ yang ditunjukkan
4. Anak
diminta membaca kalimat dengan kata kerja yang sedang dilakukan anak
5. Anak
diminta membaca kalimat dengan kata kerja yang akan dilakukan anak setelah
belajar
|
Keterangan :
Untuk
skor di ambil :
|
Untuk Deskripsi :
|
1.
Anak tidak bisa melakukan
2.
Anak bisa melakukan dengan
bantuan
3.
Anak bisa melakukan
|
-
Penjabaran hasil yang dapat
diucapkan anak
-
Kesalahan kata yang dibaca anak
-
Penghilangan kata yang dibaca
anak
|
6. PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN
ASESMEN KETERAMPILAN KETEPATAN MEMBACA ( REPETISI)
Indikator
|
Butir Instrumen
|
Hasil
|
Deskripsi
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
a. Mengulang
huruf tertentu yang dibacanya
|
1.
Anak diminta membaca kalimat yang
ada huruf ‘R’ dalam isi teks bacaan tanpa diulang
2.
Anak diminta membaca kalimat yang
ada huruf ‘O dan U’ dalam isi teks bacaan tanpa diulang
3.
Anak diminta membaca kalimat yang
ada huruf ‘X’ dalam isi teks bacaan tanpa diulang
4.
Anak diminta membaca kalimat yang
ada huruf ‘Q’ dalam isi teks bacaan tanpa diulang
5.
Anak diminta membaca kalimat yang
ada huruf ‘Z’ dalam isi teks bacaan tanpa diulang
|
||||
b. Mengulang
kata tertentu yang dibacanya
|
1. Anak
diminta membaca kalimat ‘senter dipakai untuk penerangan’ yang ditujukkan
tanpa ada kata yang di ulang
2. Anak diminta
membaca kalimat ‘tas untuk menyimpan peralatan sekolah’ yang ditujukkan tanpa
ada kata yang di ulang
3. Anak
diminta membaca kalimat ‘pulpen untuk menulis’ yang ditujukkan tanpa ada kata
yang di ulang
4. Anak
diminta membaca kalimat ‘atap sebagai peneduh’ yang ditujukkan tanpa ada kata
yang di ulang
5. Anak
diminta membaca kalimat ‘kasur sebagai tempat tidur’ yang ditujukkan tanpa
ada kata yang di ulang
|
||||
c. Mengulang
kata kerja yang dibacanya
|
1. Anak
diminta membaca kata ‘memasak di dapur’ yang ditunjukkan tanpa
mengulang kata kerja
2. Anak
diminta membaca kata ‘membantu ibu berbelanja’ yang ditunjukkan tanpa
mengulang kata kerja
3. Anak
diminta membaca kata ‘menyetrika baju’ yang ditunjukkan tanpa
mengulang kata kerja
4. Anak
diminta membaca kata ‘memcuci piring’ yang ditunjukkan tanpa mengulang
kata kerja
5. Anak
diminta membaca kata ‘polisi mengadakan razia’ yang ditunjukkan tanpa
mengulang kata kerja
|
||||
d. Mengulang
kata benda yang dibacanya
|
1. Anak
diminta membaca kalimat ‘Susi mendengarkan radio’ yang ditunjukkan
tanpa mengulang kata benda
2. Anak
diminta membaca kalimat ‘Adik pinjam penggaris’ yang ditunjukkan tanpa
mengulang kata benda
3. Anak
diminta membaca kalimat ‘Paman mengangkat meja’ yang ditunjukkan tanpa
mengulang kata benda
4. Anak
diminta membaca kalimat ‘Bibi menjual cincin’ yang ditunjukkan tanpa
mengulang kata benda
5. Anak
diminta membaca kalimat ‘Heri menyusun balok’ yang ditunjukkan tanpa
mengulang kata benda
|
||||
e. Mengulang
kata keterangan yang dibacanya
|
1. Anak
diminta membaca kalimat ‘bermain di pantai’ yang ditunjukkan tanpa
mengulang kata keterangan
2. Anak
diminta membaca kalimat ‘saya berangkat pukul 07.00 ke sekolah’ yang
ditunjukkan tanpa mengulang kata keterangan
3. Anak
diminta membaca kalimat ‘Dora bangun jam 05.00 pagi’ yang ditunjukkan
tanpa mengulang kata keterangan
4. Anak
diminta membaca kalimat ‘Paman datang kemarin’ yang ditunjukkan tanpa
mengulang kata keterangan
5. Anak
diminta membaca kalimat ‘ayah minum kopi setiap pagi’ yang ditunjukkan
tanpa mengulang kata keterangan
|
Keterangan
:
Untuk
skor di ambil :
|
Untuk Deskripsi :
|
1.
Anak tidak bisa melakukan
2.
Anak bisa melakukan dengan
bantuan
3.
Anak bisa melakukan
|
-
Penjabaran hasil yang dapat
diucapkan anak
-
Kesalahan kata yang dibaca anak
-
Pengulangan kata yang dibaca anak
|
7. PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN
ASESMEN KETERAMPILAN KETEPATAN MEMBACA ( REVERSAL)
Indikator
|
Butir Instrumen
|
Hasil
|
Deskripsi
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
a. Menukar
huruf tertentu yang dibacanya
|
1.
Anak diminta menbaca kata ‘Baca’
yang ditunjukkan tanpa menukar hurufnya
2.
Anak diminta menbaca kata ‘Orang’
yang ditunjukkan tanpa menukar hurufnya
3.
Anak diminta menbaca kata ‘Lari’
yang ditunjukkan tanpa menukar hurufnya
4.
Anak diminta menbaca kata ‘Mana’
yang ditunjukkan tanpa menukar hurufnya
5.
Anak diminta menbaca kata ‘Rara’
yang ditunjukkan tanpa menukar hurufnya
|
||||
b. Menukar
kata tertentu yang dibacanya
|
1. Anak
diminta menbaca kata ‘Buku dan Kuku’ yang ditunjukkan tanpa menukar salah
satu katanya
2. Anak
diminta menbaca kata ‘kata kaka dan kaka berkata’ yang ditunjukkan tanpa menukar
salah satu katanya
3. Anak
diminta menbaca kata ‘kaka ku dan kakinya’ yang ditunjukkan tanpa menukar salah
satu katanya
4. Anak
diminta menbaca kata ‘buka pintu dan buku saya’ yang ditunjukkan tanpa menukar
salah satu katanya
5. Anak
diminta menbaca kata ‘Buku pelajaran dan potong kuku’ yang ditunjukkan tanpa menukar
salah satu katanya
|
||||
c. Menukar
kata kerja dengan kata keterangan
|
1. Anak
diminta membaca kalimat ‘bermain sambil menangis’ yang
ditunjukkan tanpa menukar kata
2. Anak
diminta membaca kalimat ‘habis makan marah-marah’ yang
ditunjukkan tanpa menukar kata
3. Anak
diminta membaca kalimat ‘sambil menyelam minum air’ yang ditunjukkan
tanpa menukar kata
4. Anak
diminta membaca kalimat ‘bersepeda dengan suka ria’ yang
ditunjukkan tanpa menukar kata
5. Anak
diminta membaca kalimat ‘Ayah menanam bunga dan kaka memukul
adik’ yang ditunjukkan tanpa menukar kata
|
||||
d. Menukar
kata benda dengan kata kerja
|
1. Anak
diminta membaca kalimat ‘pensil dipakai menulis’ yang
ditunjukkan tanpa menukar kata
2. Anak
diminta membaca kalimat ‘gunting untuk memotong’ yang
ditunjukkan tanpa menukar kata
3. Anak
diminta membaca kalimat ‘jarum untuk menjahit’ yang ditunjukkan
tanpa menukar kata
4. Anak
diminta membaca kalimat ‘bola dilempar kaka’ yang ditunjukkan
tanpa menukar kata
5. Anak
diminta membaca kalimat ‘Tia bermain boneka dengan susan’ yang ditunjukkan
tanpa menukar kata
|
||||
e. Menukar
kata kerja dengan kata sifat
|
1. Anak
diminta membaca kalimat ‘Bermain bola dengan memukul’ yang
ditunjukkan tanpa menukar kata
2. Anak
diminta membaca kalimat ‘Budi menulis sambil tertawa’ yang
ditunjukkan tanpa menukar kata
3. Anak
diminta membaca kalimat ‘membaca dengan senang’ yang
ditunjukkan tanpa menukar kata
|
Keterangan :
Untuk
skor di ambil :
|
Untuk Deskripsi :
|
1.
Anak tidak bisa melakukan
2.
Anak bisa melakukan dengan
bantuan
3.
Anak bisa melakukan
|
-
Penjabaran hasil yang dapat
diucapkan anak
-
Kesalahan kata yang dibaca anak
-
Penukaran kata yang dibaca anak
|
8. PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN
ASESMEN KETERAMPILAN KETEPATAN MEMBACA ( HESITASI)
Indikator
|
Butir Instrumen
|
Hasil
|
Deskripsi
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
a. Menghentikan
dua kata bacaan
|
1.
Anak diminta membaca dua kata
yang ditunjukkan, dan lihat tanpa menghentikan kata sebelum bacaan
selanjutnya
2.
Anak diminta membaca kalimat
‘Saya diberi uang oleh Ibu’ yang ditunjukkan, dan lihat tanpa menghentikan
kata sebelum bacaan selanjutnya
3.
Anak diminta membaca kalimat
‘Hari ini belajar membaca’ yang ditunjukkan, dan lihat tanpa menghentikan
kata sebelum bacaan selanjutnya
4.
Anak diminta membaca kalimat
‘Saya makan sayur’ yang ditunjukkan, dan lihat tanpa menghentikan kata
sebelum bacaan selanjutnya
5.
Anak diminta membaca kalimat ‘Ibu
membeli roti’ yang ditunjukkan, dan lihat tanpa menghentikan kata sebelum
bacaan selanjutnya
|
||||
b. Menghentikan
tiga kata bacaan
|
1. Minta
anak membaca kalimat lengkap (SPOK) yang ditunjukkan, lihat tanpa berhenti di
3 kata
2. Minta
anak membaca kalimat ‘Ayah, Ibu dan kaka belum pulang’ yang ditunjukkan,
lihat tanpa berhenti di 3 kata
3. Minta
anak membaca kalimat ‘Ira, Ita, Ani dan susi teman kelompok saya’ yang
ditunjukkan, lihat tanpa berhenti di 3 kata
|
||||
c. Menghentikan
kata sebelum kata kerja
|
1. Minta
anak membaca kalimat ‘Nina memotong nanas’ yang ditunjukkan, lihat
anak tanpa menghentikan kata sebelum kata kerja
2. Minta
anak membaca kalimat ‘Paman mencangkul di sawah’ yang ditunjukkan,
lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata kerja
3. Minta
anak membaca kalimat ‘Wira sedang memotong rambut’ yang ditunjukkan,
lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata kerja
4. Minta
anak membaca kalimat ‘Anjing itu menggigit kaki ulis’ yang
ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata kerja
5. Minta
anak membaca kalimat ‘Ibu menyuruh ‘Ica mencuci piring’ yang
ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata kerja
|
||||
d. Menghentikan
kata benda sebelum kata keterangan
|
1. Minta
anak membaca kalimat ‘Joko pulang ke Samarinda’ yang ditunjukkan,
lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata keterangan
2. Minta
anak membaca kalimat ‘Ibu guru tidak masuk hari ini’ yang ditunjukkan,
lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata keterangan
3. Minta
anak membaca kalimat ‘Setiap minggu, saya ikut memancing di sungai’
yang ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata keterangan
4. Minta
anak membaca kalimat ‘Jumlah anggota keluarga saya ada 4 orang’ yang
ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata keterangan
5. Minta
anak membaca kalimat ‘Hari ini libur sekolah’ yang ditunjukkan, lihat
anak tanpa menghentikan kata sebelum kata keterangan
|
||||
e. Menghentikan
kata kerja sebelum kata keterangan
|
1. Minta
anak membaca kalimat ‘Si Sani mau minta makan’ yang ditunjukkan, lihat anak
tanpa menghentikan kata sebelum kata subjek
2. Minta
anak membaca kalimat ‘Mama memanggil Joki ke sini’ yang ditunjukkan, lihat
anak tanpa menghentikan kata sebelum kata keterangan
3. Minta
anak membaca kalimat ‘Saya suka nonton tv’ yang ditunjukkan, lihat anak tanpa
menghentikan kata sebelum kata keterangan
4. Minta
anak membaca kalimat ‘Ibu meyuruh makan’ yang ditunjukkan, lihat anak tanpa
menghentikan kata sebelum kata keterangan
5. Minta
anak membaca kalimat ‘Nani berangkat sekolah’ yang ditunjukkan, lihat anak
tanpa menghentikan kata sebelum kata keterangan
|
Keterangan :
Untuk
skor di ambil :
|
Untuk Deskripsi :
|
1.
Anak tidak bisa melakukan
2.
Anak bisa melakukan dengan bantuan
3.
Anak bisa melakukan
|
-
Penjabaran hasil yang dapat
diucapkan anak
-
Kesalahan kata yang dibaca anak
-
Penghentian kata yang dibaca anak
|
9. PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN
ASESMEN KETERAMPILAN PEMAHAMAN ISI BACAAN ( EKSPLISIT)
Indikator
|
Butir Instrumen
|
Hasil
|
Deskripsi
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
a. Memahami
isi teks bacaan secara faktual melalui pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan
|
1.
Anak ditanyakan apa tema dari isi
teks yang dibacanya
2.
Anak ditanyakan siapa saja subjek
yang ada dari isi teks yang dibacanya
3.
Anak ditanyakan dimana tempat
keterangan yang ada di isis teks yang dibacanya
4.
Anak ditanyakan kapan/waktu
kejadian dari isi teks yang dibacanya
|
||||
b. Memahami
isi teks bacaan berdasarkan sekuen/urutan
|
1. Anak
diminta mengurutkan siapa tokoh yang ada dari isi teks yang dibacanya
2. Anak
diminta mengurutkan sebab kejadian yang ada dari isi teks yang dibacanya
3. Anak
diminta mengurutkan akibat kejadian yang ada dari isi teks yang dibacanya
4. Anak
diminta mengurutkan peristiwa yang ada dari isi teks yang dibacanya
|
||||
c. Memahami
isi teks bacaan yang mengandung argumentasi
|
1. Anak
diminta menjelaskan mengapa peristiwa itu terjadi, dari isi teks yang
dibacanya
2. Anak
diminta menjelaskan bagaimana peristiwa itu terjadi, dari isi teks yang
dibacanya
3. Anak
diminta menjelaskan sebab peristiwa itu terjadi, dari isi teks yang dibacanya
4. Anak
diminta menjelaskan akibat peristiwa itu terjadi, dari isi teks yang
dibacanya
5. Anak
diminta menjelaskan kesimpulan peristiwa itu terjadi, dari isi teks yang
dibacanya
6. Anak
diminta menjelaskan informasi peristiwa itu terjadi, dari isi teks yang
dibacanya
|
Keterangan :
Untuk
skor di ambil :
|
Untuk Deskripsi :
|
1.
Anak tidak bisa melakukan
2.
Anak bisa melakukan dengan
bantuan
3.
Anak bisa melakukan
|
-
Penjabaran hasil yang dapat
diucapkan anak
-
Kesalahan kata yang dibaca anak
-
Pemahaman isi yang dibaca anak
|
10. PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN
ASESMEN KETERAMPILAN PEMAHAMAN ISI BACAAN ( IMPLISIT)
Indikator
|
Butir Instrumen
|
Hasil
|
Deskripsi
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
a. Keterampilan
membaca tingkat penguasaan (Frustration Level)
|
1.
Anak diminta membaca sendiri
salah satu kalimat pada isi teks yang dibacanya
2.
Anak diminta membaca sendiri
salah satu kalimat yang berisi subjek pada isi teks yang dibacanya
3.
Anak diminta membaca sendiri
kalimat keterangan tempat pada isi teks yang dibacanya
4.
Anak diminta membaca sendiri satu
kalimat pada isi teks yang dibacanya
5.
Anak diminta membaca sendiri
kalimat lengkap (SPOK) pada isi teks yang dibacanya
|
||||
b. Keterampilan
membaca tingkat tahapan pembelajaran (Interuction Level)
|
1. Anak
diminta membaca beberapa kalimat dari isi teks yang ditunjukkan
2. Anak
diminta membaca lima kalimat dari isi teks yang ditunjukkan
3. Anak
diminta membaca enam kalimat dari isi teks yang ditunjukkan
4. Anak
diminta membaca kalimat keterangan tempat dari isi teks yang ditunjukkan
5. Anak
diminta membaca kalimat keterangan waktu dari isi teks yang ditunjukkan
|
||||
c. Keterampilan
membaca tingkat kemandirian (Independent Level)
|
1. Anak
diminta membaca per kata dari isi teks yang ditunjukkan
2. Anak
diminta membaca satu kalimat dari isi teks yang ditunjukkan
3. Anak
diminta membaca dua kalimat dari isi teks yang ditunjukkan
4. Anak
diminta membaca tiga kalimat dari isi teks yang ditunjukkan
5. Anak
diminta membaca empat kalimat dari isi teks yang ditunjukkan
|
Keterangan :
Untuk
skor di ambil :
|
Untuk Deskripsi :
|
1.
Anak tidak bisa melakukan
2.
Anak bisa melakukan dengan
bantuan
3.
Anak bisa melakukan
|
-
Penjabaran hasil yang dapat
diucapkan anak
-
Kesalahan kata yang dibaca anak
-
Tahap Keterampilan membaca anak
|
Komentar
Posting Komentar