instrumen asesmen ABK (kesulitan membaca)

INSTRUMEN ASESMEN KESULITAN MEMBACA
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
“Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus”

Dosen Pengajar
Imam Yuwono, M.Pd

Disusun Oleh:
Haries Hariady            NIM A1F112218
Maydina                      NIM A1F112012
Yasmina                      NIM A1F112222
Eka  Rosyana              NIM A1F112017


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR BIASA
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2013








KISI-KISI INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN MEMBACA
Keterampilan
Sub keterampilan
Indikator
A.  Keterampilan pra-membaca (Membaca Lisan)
1.   Mengenal huruf
a.         Melafalkan huruf vokal kecil
b.        Melafalkan huruf vokal besar/kapital
c.         Melafalkan huruf konsonan kecil
d.        Melafalkan huruf konsonan besar/ kapital
e.         Melafalkan dan menggabungkan huruf diftong-vokal
f.         Melafalkan gabungan huruf konsonan-vokal
g.        Melafalkan huruf vokal rangkap
h.        Melafalkan huruf gabungan konsonan-vokal-konsonan
2.   Membedakan huruf
a.         Membedakan huruf kecil yang bentuknya hampir sama
b.        Membedakan huruf besar yang hampir sama
c.         Membedakan huruf yang pelafalannya hampir sama
B.  Keterampilan membaca (Ketepatan Membaca)
1.   Subtitusi (mengganti huruf/kata yang dibaca)







a.         Mengganti huruf yang dibacanya
b.        Mengganti kata yang dibacanya
c.         Mengganti kata benda menjadi kata sifat

d.        Mengganti kata benda menjadi kata kerja
e.         Mengganti kata benda dengan keterangan waktu
2.   Insersi (menambah huruf/ kata dari teks yang dibaca)
a.         Menambah huruf yang dibacanya
b.        Menambah kata yang dibacanya
c.         Menambah kata kerja yang dibacanya
d.        Menambah kata sifat yang dibacanya
e.         Menambah kata keterangan yang dibacanya
3.   Omisi (menghilangkan huruf/ kata tertentu)
a.         Menghilangkan kata yang dibacanya
b.        Menghilangkan kata kerja dibacanya
4.   Repetisi (Pengulangan huruf/ kata)
a.         Mengulang huruf tertentu yang dibacanya
b.        Mengulang kata tertentu yang dibacanya
c.         Mengulang kata kerja yang dibacanya
d.        Mengulang kata benda yang dibacanya
e.         Mengulang kata keterangan yang dibacanya
5.   Reversal (menukar posisi huruf/ kata)
a.         Menukar huruf tertentu yang dibacanya
b.        Menukar kata tertentu yang dibacanya

c.         Menukar kata kerja dengan kata keterangan
d.        Menukar kata benda dengan kata kerja
e.         Menukar kata kerja dengan kata sifat
6.   Hesitasi/Pouse (penghentian saat membaca sebelum melanjutkan bacaan)
a.         Menghentikan dua kata bacaan
b.        Menghentikan tiga kata bacaan
c.         Menghentikan kata benda sebelum kata kerja
d.        Menghentikan kata benda sebelum kata keterangan
e.         Menghentikan kata kerja sebelum kata keterangan
C.  Keterampilan membaca (Pemahaman isi bacaan)
1.   Eksplisit
a.         Memahami isi teks bacaan secara faktual melalui pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan
b.        Memahami isi teks bacaan berdasarkan sekuen/urutan
c.         Memahami isi teks bacaan yang mengandung argumentasi
2.   Implisit
a.         Keterampilan membaca tingkat penguasaan (Frustration Level)
b.        Keterampilan membaca tingkat tahapan pembelajaran (Interuction Level)
c.         Keterampilan membaca tingkat kemandirian (Independent Level)

1.      PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN MEMBACA LISAN ( MENGENAL HURUF)

Indikator
Butir Instrumen
Hasil
1
2
3
a.    Melafalkan huruf vokal kecil

1.    Anak diminta melafalkan semua huruf vokal (a, i, u, e, o) yang ditunjukkan
2.    Anak diminta melafalkan satu huruf vokal ‘a’/’i’/’u’/’e’/’o’ yang ditunjukkan
3.    Anak diminta melafalkan gabungan dua huruf vokal awalan ‘a’ : a-i, au, ae, ao yang ditunjukkan
4.    Anak diminta melafalkan gabungan dua huruf vokal awalan ‘i’ : i-a, i-u, i-o, i-e yang ditunjukkan
5.    Anak diminta melafalkan gabungan dua huruf awalan ‘e’ : e-a, e-i, e-u, e-o yang ditunjukkan
6.    Anak diminta melafalkan gabungan dua huruf akhiran ‘u’ : u-a, u-i,- u-e, u-o yang ditunjukkan
7.    Anak diminta melafalkan gabungan dua huruf akhiran ‘o’ : o-a, o-i, o-e, o-u yang ditunjukkan
8.    Anak diminta melafalkan gabungan tiga huruf vokal : a-i-u, a-i-o, a-u-e, i-o-e, o-u-i, u-e-o, e-i-u yang ditunjukkan
9.    Anak diminta melafalkan gabungan empat huruf vokal : a-i-u-e, i-u-e-o, u-a-i-o, e-i-u-a, o-e-i-u yang ditunjukkan
10.                  Anak diminta melafalkan gabungan lima huruf vokal : a-i-u-e-o, i-u-e-o-a, u-e-o-a-i, e-o-u-i-a, o-a-i-e-u yang ditunjukkan



b.   Melafalkan huruf vokal besar/kapital
1.    Anak diminta melafalkan semua huruf vokal (A, I, U, E, O) yang ditunjukkan
2.    Anak diminta melafalkan satu huruf vokal ‘A’/’I’/’U’/’E’/’O’ yang ditunjukkan
3.    Anak diminta melafalkan gabungan dua huruf vokal awalan ‘a’ : a-i, au, ae, ao yang ditunjukkan
4.    Anak diminta melafalkan gabungan dua huruf vokal awalan ‘i’ : i-a, i-u, i-o, i-e yang ditunjukkan
5.    Anak diminta melafalkan gabungan dua huruf awalan ‘e’ : e-a, e-i, e-u, e-o yang ditunjukkan
6.    Anak diminta melafalkan gabungan dua huruf akhiran ‘u’ : u-a, u-i,- u-e, u-o yang ditunjukkan
7.    Anak diminta melafalkan gabungan dua huruf akhiran ‘o’ : o-a, o-i, o-e, o-u yang ditunjukkan
8.    Anak diminta melafalkan gabungan tiga huruf vokal : a-i-u, a-i-o, a-u-e, i-o-e, o-u-i, u-e-o, e-i-u yang ditunjukkan
9.    Anak diminta melafalkan gabungan empat huruf vokal : a-i-u-e, i-u-e-o, u-a-i-o, e-i-u-a, o-e-i-u yang ditunjukkan
10.                  Anak diminta melafalkan gabungan lima huruf vokal : a-i-u-e-o, i-u-e-o-a, u-e-o-a-i, e-o-u-i-a, o-a-i-e-u



c.    Melafalkan huruf konsonan kecil

1.    Anak diminta melafalkan huruf konsonan yang dilihatnya
2.    Anak diminta melafalkan beberapa huruf konsonan b, c, d, f, g, h, j, k, l, m, n, p, q, r, s, t, v, w, x, y, z yang ditunjukkan
3.    Anak diminta melafalkan beberapa huruf konsonan secara acak : p, r, t, v, z, y, b, f, d, c, l, m, j, n, q, h, s, w, g, x yang ditunjukkan
4.    Anak diminta melafalkan 3 huruf konsonan yang berurutan: b-c-d, f-g-h, j-k-l, m-n-p, q-r-s, t-v-w, x-y-z yang ditunjukkan
5.    Anak diminta melafalkan 5 huruf konsonan yang berurutan : b-c-d-f-g, h-j-k-l-m, n-p-q-r-s, t-v-w-x-y yang ditunjukkan
6.    Anak diminta melafalkan 3 huruf konsonan secara acak : x-g-w, v-t-y, k-m-b, c-p-d, s-q-z, n-l-f, h-r-j yang ditunjukkan
7.    Anak diminta melafalkan 5 huruf konsonan secara acak : j-r-h-f-l, n-z-q-s-d, p-c-b-m-k, y-t-v-w-x yang ditunjukkan






d.   Melafalkan huruf besar / kapital konsonan
1.    Anak diminta melafalkan salah satu huruf konsonan kapital yang ditunjukkan
2.    Anak diminta melafalkan beberapa huruf  kapital konsonan: B, C, D, F, G, H, J, K, L, M, N, P, Q, R, S, T, V, W, X, Y,  Z yang ditunjukkan
3.    Anak diminta melafalkan beberapa huruf kapital konsonan secara acak : D, G, J , H, L, N, P, R, Q, M, T, W, Z, Y, V, S, C, F, K, B, X. yang di tunjukkan
4.    Anak diminta melafalkan 2 huruf kapital konsonan yang berurutan : B-C, D-F, G-H, J-K, L-M, N-P, Q-R, S-T, V-W, X-Y, Z-B yang ditunjukkan
5.    Anak diminta melafalkan 5 huruf besar konsonan yang berbeda secara berurutan : B-C-D-F-G, H-J-K-L-M, N-P-Q-R-S, T-V-W-X-Y, Z-B-C-D-F yang ditunjukkan



e.    Melafalkan dan menggabungkan huruf diftong-vokal
1.    Anak diminta melafalkan huruf diftong ‘ny’ yang ditunjukkan
2.    Anak diminta melafalkan huruf ‘ng’ yang ditunjukkan
3.    Anak diminta melafalkan gabungan huruf diftong-vokal ‘a’ : nya, nga yang ditunjukkan
4.    Anak diminta melafalkan gabungan huruf diftong-vokal ‘i’ : nyi, ngi yang ditunjukkan

5.    Anak diminta melafalkan gabungan huruf diftong-vokal ‘u’ : nyu, ngu yang ditunjukkan
6.    Anak diminta melafalkan gabungan huruf diftong-vokal ‘e’ : nye, nge yang ditunjukkan
7.    Anak diminta melafalkan gabungan huruf diftong-vokal ‘o’ : ny, ngo yang ditunjukkan



f.    Melafalkan gabungan huruf konsonan-vokal
1.    Anak diminta melafalkan gabungan huruf vokal ‘a’ : ba, ca, da, fa, ga, ha, ja, ka, la, ma, na, pa, qa, ra, sa, ta, va, wa, ya. yang ditunjukkan
2.    Anak diminta melafalkan gabungan huruf vokal ‘i’ : bi, ci, di, fi, gi, hi, ji, ki, li, mi, ni, pi, qi, ri, si, ti, vi, wi, yi. yang ditunjukkan
3.    Anak diminta melafalkan gabungan huruf vokal ‘u’ : bu, cu, du, fu, gu, hu, ju, ku, lu, mu, nu, pu, qu, ru, su, tu, vu, wu, yu. yang ditunjukkan
4.    Anak diminta melafalkan gabungan huruf vokal ‘e’ : be, ce, de, fe, ge, he, je, ke, le, me, ne, pe, qe, re, se, te, ve, we, ye. yang ditunjukkan
5.    Anak diminta melafalkan gabungan huruf vokal ‘o’ : bo, co, do, fo, go, ho, jo, ko, lo, mo, no, po, qo, ro, so, to, vo, wo, yo. yang ditunjukkan



g.   Melafalkan huruf vokal rangkap
1.    Anak diminta melafalkan huruf  ‘ia’, ‘ua’, ‘oa’ yang ditunjukkan
2.    Anak diminta melafalkan huruf ‘ai’ ‘oi’, ‘ei’, ‘ui’ yang ditunjukkan
3.    Anak diminta melafalkan huruf ‘ao’, ‘io’ yang ditunjukkan
Anak diminta melafalkan huruf ‘ie’, ‘ue’ yang ditunjukkan



h.   Melafalkan huruf konsonan-vokal-konsonan
1.    Anak diminta melafalkan huruf dari kata subjek: ‘ba-pak’ yang ditunjukkan
2.    Anak diminta melafalkan huruf dari kata benda :‘ka-pal’ yang ditunjukkan
3.    Anak diminta melafalkan huruf dari kata keterangan arah :‘de-pan’ yang ditunjukkan
4.    Anak diminta melafalkan huruf dari kata keterangan waktu :‘sa-tu ta-hun’ yang ditunjukkan
5.    Anak diminta melafalkan huruf dari kata tempat :‘ke-las’ yang ditunjukkan
6.    Anak diminta melafalkan huruf dari kata keterangan tempat :‘ban-jar-ma-sin’ yang ditunjukkan




Keterangan :
Untuk skor di ambil :
1.      Anak tidak bisa melakukan
2.      Anak bisa melakukan dengan bantuan
3.      Anak bisa melakukan



2.      PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN MEMBACA LISAN ( MEMBEDAKAN HURUF)

Indikator
Butir Instrumen
Hasil
Deskripsi
1
2
3
a.     Membedakan huruf kecil yang bentuknya hampir sama
1.    Anak diminta melafalkan dan membedakan huruf ‘b, d, p’ yang ditunjukkan
2.    Anak diminta melafalkan dan membedakan huruf ‘c-o, u-o, a-c dan u-v’ yang ditunjukkan
3.    Anak diminta melafalkan dan membedakan huruf ‘p-f dan p-g’ yang ditunjukkan
4.    Anak diminta melafalkan dan membedakan huruf ‘h-n, h-b, m-n, m-w’ yang ditunjukkan
5.    Anak diminta melafalkan dan membedakan huruf ‘c-e dan i-j’ yang ditunjukkan
6.    Anak diminta melafalkan dan membedakan huruf ‘r-t, l-t dan s-z’ yang ditunjukkan
7.    Anak diminta melafalkan dan membedakan huruf ‘p-q, d-q dan g-q’ yang ditunjukkan






b.     Membedakan huruf besar/kapital yang hampir sama
1.    Anak diminta melafalkan dan membedakan huruf besar ‘B-D, O-Q’ yang ditunjukkan
2.    Anak diminta melafalkan dan membedakan huruf besar ‘C-G, D-G, D-O’ yang ditunjukkan
3.    Anak diminta melafalkan dan membedakan huruf besar ‘U-V, V-W, M-W’ yang ditunjukkan
4.    Anak diminta melafalkan dan membedakan huruf besar ‘S-Z’ yang ditunjukkan
5.    Anak diminta melafalkan dan membedakan huruf besar ‘I-J, I-T, J-T’ yang ditunjukkan
6.    Anak diminta melafalkan dan membedakan huruf besar ‘E-F, H-N’ yang ditunjukkan




c.     Membedakan huruf yang pelafalannya hampir sama
1.    Anak diminta melafalkan huruf ‘B dan P’ yang ditunjukkan
2.    Anak diminta melafalkan huruf ‘M dan N’ yang ditunjukkan
3.    Anak diminta melafalkan huruf ‘K dan Q’ yang ditunjukkan
4.    Anak diminta melafalkan huruf ‘R dan L’ yang ditunjukkan
5.    Anak diminta melafalkan huruf ‘V dan F’ yang ditunjukkan





Keterangan :
Untuk skor di ambil :
Untuk Deskripsi :
1.      Anak tidak bisa melakukan
2.      Anak bisa melakukan dengan bantuan
3.      Anak bisa melakukan
-          Penjabaran hasil yang dapat diucapkan anak
-          Kesalahan huruf yang dibaca anak















3.      PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN KETEPATAN MEMBACA ( SUBTITUSI)

Indikator
Butir Instrumen
Hasil
Deskripsi
1
2
3
a.    Mengganti huruf yang dibacanya
1.    Anak diminta membaca kata ‘Suka dengan Buka’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
2.    Anak diminta membaca kata ‘Cuci dengan Guci’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
3.    Anak diminta membaca kata ‘Ari dengan Air’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
4.    Anak diminta membaca kata ‘Beli dengan Beri’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
5.    Anak diminta membaca kata ‘Tali dengan Tari’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf




b.    Mengganti kata yang dibacanya

1.    Anak diminta membaca kata ‘Bapak dengan Ayah’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
2.    Anak diminta membaca kata ‘Ibu dengan Mama’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
3.    Anak diminta membaca kata ‘kaka dengan Kaki’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
4.    Anak diminta membaca kata ‘Makan dengan Memakan’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf
5.    Anak diminta membaca kata ‘Cari dengan Cara’ yang ditunjukkan tanpa mengganti huruf




c.     Mengganti kata benda menjadi kata kerja

1.    Anak diminta membaca kalimat ‘Palu dipakai untuk memukul paku’ yang ditunjukkan tanpa mengganti kata
2.    Anak diminta membaca kalimat ‘Sisir untuk menyisir rambut’ yang ditunjukkan tanpa mengganti kata
3.    Anak diminta membaca kalimat ‘penggaris untuk menggaris’ yang ditunjukkan tanpa mengganti kata
4.    Anak diminta membaca kalimat ‘air di dalam gelas diminum kaka’ yang ditunjukkan tanpa mengganti kata
5.    Anak diminta membaca kalimat ‘Ikan di atas meja dimakan kucing’ yang ditunjukkan tanpa mengganti kata





Keterangan :
Untuk skor di ambil :
Untuk Deskripsi :
1.      Anak tidak bisa melakukan
2.      Anak bisa melakukan dengan bantuan
3.      Anak bisa melakukan
-          Penjabaran hasil yang dapat diucapkan anak
-          Kesalahan kata yang dibaca anak
-          Penggantian kata yang dibaca anak
















4.      PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN KETEPATAN MEMBACA ( INSERSI)
Indikator
Butir Instrumen
Hasil
Deskripsi
1
2
3
a.     Menambah huruf yang dibacanya

1. Anak diminta membaca kata ‘jalan’ yang ditunjukkan
2. Anak diminta membaca kata ‘mama’ yang ditunjukkan
3. Anak diminta membaca kata ‘bawa’ yang ditunjukkan
4. Anak diminta membaca kata ‘pasar’ yang ditunjukkan
5. Anak diminta membaca kata ‘sudah’ yang ditunjukkan




b.    Menambah kata yang dibacanya

1. Anak diminta membaca kata ‘saya suka kue’ yang ditunjukkan
2. Anak diminta membaca kata ‘saya tidak suka sayur’ yang ditunjukkan
3. Anak diminta membaca kata ‘pergi ke sekolah pukul 07.00 yang ditunjukkan
4. Anak diminta membaca kata ‘Rumah paman di banjarmasin’ yang ditunjukkan

5. Anak diminta membaca kata ‘ani belajar membaca’ yang ditunjukkan




c.    Menambah kata kerja yang dibacanya

1. Anak diminta membaca kalimat ‘ibu marah dengan saya’ yang ditunjukkan
2. Anak diminta membaca kalimat ‘ayah pergi ke kantor’ yang ditunjukkan
3. Anak diminta membaca kalimat ‘bapak membaca buku’ yang ditunjukkan
4. Anak diminta membaca kalimat ‘kaka belajar sendiri’ yang ditunjukkan
5. Anak diminta membaca kalimat ‘saya disuruh membeli gula’ yang ditunjukkan




d.        Menambah kata sifat yang dibacanya

1. Anak diminta membaca kalimat ‘ibu marah dengan saya’ yang ditunjukkan
2. Anak diminta membaca kalimat ‘sandy suka memukul’ yang ditunjukkan
3. Anak diminta membaca kalimat dengan memakai nama temannya yang dituliskan


4. Anak diminta membaca kalimat dengan memakai namanya yang dituliskan
5. Anak diminta membaca kalimat dengan membuat kata sifat ‘rajin’ yang dituliskan




e.    Menambah kata keterangan yang dibacanya
1. Anak diminta membaca kalimat bertuliskan alamat rumahnya yang ditunjukkan
2. Anak diminta membaca kalimat bertuliskan alamat sekolahnya yang ditunjukkan
3. Anak diminta membaca kalimat bertuliskan alamat temannya yang ditunjukkan
4. Anak diminta membaca kalimat bertuliskan waktu pulang sekolah yang ditunjukkan
5. Anak diminta membaca kalimat bertuliskan waktu ia tidur yang ditunjukkan





Keterangan :
Untuk skor di ambil :
Untuk Deskripsi :
1.      Anak tidak bisa melakukan
2.      Anak bisa melakukan dengan bantuan
3.      Anak bisa melakukan
-          Penjabaran hasil yang dapat diucapkan anak
-          Kesalahan kata yang dibaca anak
-          Penambahan kata yang dibaca anak

5.      PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN KETEPATAN MEMBACA ( OMISI )

Indikator
Butir Instrumen
Hasil
Deskripsi
1
2
3
a.     Menghilangkan kata yang dibacanya

1. Anak diminta membaca kalimat ‘ibu sedang memasak di dapur’ yang ditunjukkan
2. Anak diminta membaca kalimat ‘ada bunga mawar merah’ yang ditunjukkan
3. Anak diminta membaca kalimat ‘hari ini mata pelajaran bahasa’ yang ditunjukkan
4. Anak diminta membaca kalimat ‘bapak dan ibu guru sedang mengajar’ yang ditunjukkan
5. Anak diminta membaca kalimat ‘ayahku seorang pilot’ yang ditunjukkan




b.     Menghilangkan kata kerja dibacanya

1. Anak diminta membaca kalimat ‘Adi membaca buku’ yang ditunjukkan
2. Anak diminta membaca kalimat ‘Ibu menggoreng ikan’ yang ditunjukkan
3. Anak diminta membaca kalimat ‘Saya mencari Ani di kelas’ yang ditunjukkan


4. Anak diminta membaca kalimat dengan kata kerja yang sedang dilakukan anak
5. Anak diminta membaca kalimat dengan kata kerja yang akan dilakukan anak setelah belajar





Keterangan :
Untuk skor di ambil :
Untuk Deskripsi :
1.      Anak tidak bisa melakukan
2.      Anak bisa melakukan dengan bantuan
3.      Anak bisa melakukan
-          Penjabaran hasil yang dapat diucapkan anak
-          Kesalahan kata yang dibaca anak
-          Penghilangan kata yang dibaca anak














6.      PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN KETEPATAN MEMBACA ( REPETISI)
Indikator
Butir Instrumen
Hasil
Deskripsi
1
2
3
a.    Mengulang huruf tertentu yang dibacanya

1. Anak diminta membaca kalimat yang ada huruf ‘R’ dalam isi teks bacaan tanpa diulang
2. Anak diminta membaca kalimat yang ada huruf ‘O dan U’ dalam isi teks bacaan tanpa diulang
3. Anak diminta membaca kalimat yang ada huruf ‘X’ dalam isi teks bacaan tanpa diulang
4. Anak diminta membaca kalimat yang ada huruf ‘Q’ dalam isi teks bacaan tanpa diulang
5. Anak diminta membaca kalimat yang ada huruf ‘Z’ dalam isi teks bacaan tanpa diulang




b.    Mengulang kata tertentu yang dibacanya

1. Anak diminta membaca kalimat ‘senter dipakai untuk penerangan’ yang ditujukkan tanpa ada kata yang di ulang
2. Anak diminta membaca kalimat ‘tas untuk menyimpan peralatan sekolah’ yang ditujukkan tanpa ada kata yang di ulang

3. Anak diminta membaca kalimat ‘pulpen untuk menulis’ yang ditujukkan tanpa ada kata yang di ulang
4. Anak diminta membaca kalimat ‘atap sebagai peneduh’ yang ditujukkan tanpa ada kata yang di ulang
5. Anak diminta membaca kalimat ‘kasur sebagai tempat tidur’ yang ditujukkan tanpa ada kata yang di ulang




c.    Mengulang kata kerja yang dibacanya

1. Anak diminta membaca kata ‘memasak di dapur’ yang ditunjukkan tanpa mengulang kata kerja
2. Anak diminta membaca kata ‘membantu ibu berbelanja’ yang ditunjukkan tanpa mengulang kata kerja
3. Anak diminta membaca kata ‘menyetrika baju’ yang ditunjukkan tanpa mengulang kata kerja
4. Anak diminta membaca kata ‘memcuci piring’ yang ditunjukkan tanpa mengulang kata kerja

5. Anak diminta membaca kata ‘polisi mengadakan razia’ yang ditunjukkan tanpa mengulang kata kerja




d.   Mengulang kata benda yang dibacanya

1. Anak diminta membaca kalimat ‘Susi mendengarkan radio’ yang ditunjukkan tanpa mengulang kata benda
2. Anak diminta membaca kalimat ‘Adik pinjam penggaris’ yang ditunjukkan tanpa mengulang kata benda
3. Anak diminta membaca kalimat ‘Paman mengangkat meja’ yang ditunjukkan tanpa mengulang kata benda
4. Anak diminta membaca kalimat ‘Bibi menjual cincin’ yang ditunjukkan tanpa mengulang kata benda
5. Anak diminta membaca kalimat ‘Heri menyusun balok’ yang ditunjukkan tanpa mengulang kata benda




e.    Mengulang kata keterangan yang dibacanya
1. Anak diminta membaca kalimat ‘bermain di pantai’ yang ditunjukkan tanpa mengulang kata keterangan
2. Anak diminta membaca kalimat ‘saya berangkat pukul 07.00 ke sekolah’ yang ditunjukkan tanpa mengulang kata keterangan
3. Anak diminta membaca kalimat ‘Dora bangun jam 05.00 pagi’ yang ditunjukkan tanpa mengulang kata keterangan
4. Anak diminta membaca kalimat ‘Paman datang kemarin’ yang ditunjukkan tanpa mengulang kata keterangan
5. Anak diminta membaca kalimat ‘ayah minum kopi setiap pagi’ yang ditunjukkan tanpa mengulang kata keterangan





Keterangan :
Untuk skor di ambil :
Untuk Deskripsi :
1.      Anak tidak bisa melakukan
2.      Anak bisa melakukan dengan bantuan
3.      Anak bisa melakukan
-          Penjabaran hasil yang dapat diucapkan anak
-          Kesalahan kata yang dibaca anak
-          Pengulangan kata yang dibaca anak
7.      PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN KETEPATAN MEMBACA ( REVERSAL)
Indikator
Butir Instrumen
Hasil
Deskripsi
1
2
3
a.    Menukar huruf tertentu yang dibacanya

1. Anak diminta menbaca kata ‘Baca’ yang ditunjukkan tanpa menukar hurufnya
2. Anak diminta menbaca kata ‘Orang’ yang ditunjukkan tanpa menukar hurufnya
3. Anak diminta menbaca kata ‘Lari’ yang ditunjukkan tanpa menukar hurufnya
4. Anak diminta menbaca kata ‘Mana’ yang ditunjukkan tanpa menukar hurufnya
5. Anak diminta menbaca kata ‘Rara’ yang ditunjukkan tanpa menukar hurufnya




b.    Menukar kata tertentu yang dibacanya

1. Anak diminta menbaca kata ‘Buku dan Kuku’ yang ditunjukkan tanpa menukar salah satu katanya
2. Anak diminta menbaca kata ‘kata kaka dan kaka berkata’ yang ditunjukkan tanpa menukar salah satu katanya
3. Anak diminta menbaca kata ‘kaka ku dan kakinya’ yang ditunjukkan tanpa menukar salah satu katanya
4. Anak diminta menbaca kata ‘buka pintu dan buku saya’ yang ditunjukkan tanpa menukar salah satu katanya
5. Anak diminta menbaca kata ‘Buku pelajaran dan potong kuku’ yang ditunjukkan tanpa menukar salah satu katanya




c.     Menukar kata kerja dengan kata keterangan

1.    Anak diminta membaca kalimat ‘bermain sambil menangis’ yang ditunjukkan tanpa menukar kata
2.    Anak diminta membaca kalimat ‘habis makan marah-marah’ yang ditunjukkan tanpa menukar kata
3.    Anak diminta membaca kalimat ‘sambil menyelam minum air’ yang ditunjukkan tanpa menukar kata


4.    Anak diminta membaca kalimat ‘bersepeda dengan suka ria’ yang ditunjukkan tanpa menukar kata
5.    Anak diminta membaca kalimat ‘Ayah menanam bunga dan kaka memukul adik’ yang ditunjukkan tanpa menukar kata




d.   Menukar kata benda dengan kata kerja

1.    Anak diminta membaca kalimat ‘pensil dipakai menulis’ yang ditunjukkan tanpa menukar kata
2.    Anak diminta membaca kalimat ‘gunting untuk memotong’ yang ditunjukkan tanpa menukar kata
3.    Anak diminta membaca kalimat ‘jarum untuk menjahit’ yang ditunjukkan tanpa menukar kata
4.    Anak diminta membaca kalimat ‘bola dilempar kaka’ yang ditunjukkan tanpa menukar kata
5.    Anak diminta membaca kalimat ‘Tia bermain boneka dengan susan’ yang ditunjukkan tanpa menukar kata





e.    Menukar kata kerja dengan kata sifat
1.    Anak diminta membaca kalimat ‘Bermain bola dengan memukul’ yang ditunjukkan tanpa menukar kata
2.    Anak diminta membaca kalimat ‘Budi menulis sambil tertawa’ yang ditunjukkan tanpa menukar kata
3.    Anak diminta membaca kalimat ‘membaca dengan senang’ yang ditunjukkan tanpa menukar kata





Keterangan :
Untuk skor di ambil :
Untuk Deskripsi :
1.      Anak tidak bisa melakukan
2.      Anak bisa melakukan dengan bantuan
3.      Anak bisa melakukan
-          Penjabaran hasil yang dapat diucapkan anak
-          Kesalahan kata yang dibaca anak
-          Penukaran kata yang dibaca anak









8.      PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN KETEPATAN MEMBACA ( HESITASI)
Indikator
Butir Instrumen
Hasil
Deskripsi
1
2
3
a.     Menghentikan dua kata bacaan

1.    Anak diminta membaca dua kata yang ditunjukkan, dan lihat tanpa menghentikan kata sebelum bacaan selanjutnya
2.    Anak diminta membaca kalimat ‘Saya diberi uang oleh Ibu’ yang ditunjukkan, dan lihat tanpa menghentikan kata sebelum bacaan selanjutnya
3.    Anak diminta membaca kalimat ‘Hari ini belajar membaca’ yang ditunjukkan, dan lihat tanpa menghentikan kata sebelum bacaan selanjutnya
4.    Anak diminta membaca kalimat ‘Saya makan sayur’ yang ditunjukkan, dan lihat tanpa menghentikan kata sebelum bacaan selanjutnya
5.    Anak diminta membaca kalimat ‘Ibu membeli roti’ yang ditunjukkan, dan lihat tanpa menghentikan kata sebelum bacaan selanjutnya




b.     Menghentikan tiga kata bacaan

1.    Minta anak membaca kalimat lengkap (SPOK) yang ditunjukkan, lihat tanpa berhenti di 3 kata
2.    Minta anak membaca kalimat ‘Ayah, Ibu dan kaka belum pulang’ yang ditunjukkan, lihat tanpa berhenti di 3 kata
3.    Minta anak membaca kalimat ‘Ira, Ita, Ani dan susi teman kelompok saya’ yang ditunjukkan, lihat tanpa berhenti di 3 kata




c.     Menghentikan kata sebelum kata kerja

1.    Minta anak membaca kalimat ‘Nina memotong nanas’ yang ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata kerja
2.    Minta anak membaca kalimat ‘Paman mencangkul di sawah’ yang ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata kerja
3.    Minta anak membaca kalimat ‘Wira sedang memotong rambut’ yang ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata kerja
4.    Minta anak membaca kalimat ‘Anjing itu menggigit kaki ulis’ yang ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata kerja
5.    Minta anak membaca kalimat ‘Ibu menyuruh ‘Ica mencuci piring’ yang ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata kerja




d.    Menghentikan kata benda sebelum kata keterangan

1.    Minta anak membaca kalimat ‘Joko pulang ke Samarinda’ yang ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata keterangan
2.    Minta anak membaca kalimat ‘Ibu guru tidak masuk hari ini’ yang ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata keterangan
3.    Minta anak membaca kalimat ‘Setiap minggu, saya ikut memancing di sungai’ yang ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata keterangan
4.    Minta anak membaca kalimat ‘Jumlah anggota keluarga saya ada 4 orang’ yang ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata keterangan
5.    Minta anak membaca kalimat ‘Hari ini libur sekolah’ yang ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata keterangan




e.     Menghentikan kata kerja sebelum kata keterangan
1.    Minta anak membaca kalimat ‘Si Sani mau minta makan’ yang ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata subjek
2.    Minta anak membaca kalimat ‘Mama memanggil Joki ke sini’ yang ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata keterangan
3.    Minta anak membaca kalimat ‘Saya suka nonton tv’ yang ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata keterangan
4.    Minta anak membaca kalimat ‘Ibu meyuruh makan’ yang ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata keterangan
5.    Minta anak membaca kalimat ‘Nani berangkat sekolah’ yang ditunjukkan, lihat anak tanpa menghentikan kata sebelum kata keterangan





Keterangan :
Untuk skor di ambil :
Untuk Deskripsi :
1.      Anak tidak bisa melakukan
2.      Anak bisa melakukan dengan bantuan
3.      Anak bisa melakukan
-          Penjabaran hasil yang dapat diucapkan anak
-          Kesalahan kata yang dibaca anak
-          Penghentian kata yang dibaca anak











9.      PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN PEMAHAMAN ISI BACAAN ( EKSPLISIT)
Indikator
Butir Instrumen
Hasil
Deskripsi
1
2
3
a.    Memahami isi teks bacaan secara faktual melalui pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan

1.    Anak ditanyakan apa tema dari isi teks yang dibacanya
2.    Anak ditanyakan siapa saja subjek yang ada dari isi teks yang dibacanya
3.    Anak ditanyakan dimana tempat keterangan yang ada di isis teks yang dibacanya
4.    Anak ditanyakan kapan/waktu kejadian dari isi teks yang dibacanya




b.    Memahami isi teks bacaan berdasarkan sekuen/urutan
1.    Anak diminta mengurutkan siapa tokoh yang ada dari isi teks yang dibacanya
2.    Anak diminta mengurutkan sebab kejadian yang ada dari isi teks yang dibacanya
3.    Anak diminta mengurutkan akibat kejadian yang ada dari isi teks yang dibacanya
4.    Anak diminta mengurutkan peristiwa yang ada dari isi teks yang dibacanya





c.    Memahami isi teks bacaan yang mengandung argumentasi
1. Anak diminta menjelaskan mengapa peristiwa itu terjadi, dari isi teks yang dibacanya
2. Anak diminta menjelaskan bagaimana peristiwa itu terjadi, dari isi teks yang dibacanya
3. Anak diminta menjelaskan sebab peristiwa itu terjadi, dari isi teks yang dibacanya
4. Anak diminta menjelaskan akibat peristiwa itu terjadi, dari isi teks yang dibacanya
5. Anak diminta menjelaskan kesimpulan peristiwa itu terjadi, dari isi teks yang dibacanya
6. Anak diminta menjelaskan informasi peristiwa itu terjadi, dari isi teks yang dibacanya





Keterangan :
Untuk skor di ambil :
Untuk Deskripsi :
1.        Anak tidak bisa melakukan
2.        Anak bisa melakukan dengan bantuan
3.        Anak bisa melakukan
-          Penjabaran hasil yang dapat diucapkan anak
-          Kesalahan kata yang dibaca anak
-          Pemahaman isi yang dibaca anak

10.  PENGEMBANGAN BUTIR INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN PEMAHAMAN ISI BACAAN ( IMPLISIT)
Indikator
Butir Instrumen
Hasil
Deskripsi
1
2
3
a.    Keterampilan membaca tingkat penguasaan (Frustration Level)

1. Anak diminta membaca sendiri salah satu kalimat pada isi teks yang dibacanya
2. Anak diminta membaca sendiri salah satu kalimat yang berisi subjek pada isi teks yang dibacanya
3. Anak diminta membaca sendiri kalimat keterangan tempat pada isi teks yang dibacanya
4. Anak diminta membaca sendiri satu kalimat pada isi teks yang dibacanya
5. Anak diminta membaca sendiri kalimat lengkap (SPOK) pada isi teks yang dibacanya




b.    Keterampilan membaca tingkat tahapan pembelajaran (Interuction Level)

1. Anak diminta membaca beberapa kalimat dari isi teks yang ditunjukkan
2. Anak diminta membaca lima kalimat dari isi teks yang ditunjukkan
3. Anak diminta membaca enam kalimat dari isi teks yang ditunjukkan


4. Anak diminta membaca kalimat keterangan tempat dari isi teks yang ditunjukkan
5. Anak diminta membaca kalimat keterangan waktu dari isi teks yang ditunjukkan




c.    Keterampilan membaca tingkat kemandirian (Independent Level)

1. Anak diminta membaca per kata dari isi teks yang ditunjukkan
2. Anak diminta membaca satu kalimat dari isi teks yang ditunjukkan
3. Anak diminta membaca dua kalimat dari isi teks yang ditunjukkan
4. Anak diminta membaca tiga kalimat dari isi teks yang ditunjukkan
5. Anak diminta membaca empat kalimat dari isi teks yang ditunjukkan





Keterangan :
Untuk skor di ambil :
Untuk Deskripsi :
1.      Anak tidak bisa melakukan
2.      Anak bisa melakukan dengan bantuan
3.      Anak bisa melakukan
-          Penjabaran hasil yang dapat diucapkan anak
-          Kesalahan kata yang dibaca anak
-          Tahap Keterampilan membaca anak


Komentar

Postingan populer dari blog ini

instrumen identifikasi anak hiperaktif

identifikasi anak tuna daksa (laporan observasi)