RPP tunarungu K13 SMPLB
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMPLB YPLB Banjarmasin
Mata pelajaran : IPS, Matematika, B.Indonesia dan IPA
Kelas / semester : VII/ 2
Tema : Pahlawanku
Sub Tema : Pahlawan Kebanggaanku
Materi Pembelajaran : Pembelajaran 1
Alokasi waktu : 1 hari (8x35 menit)
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda – benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
NO.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
pencapaian kompetensi
|
1.
|
IPS
3.1 Mengenal
manusia, aspek
keruangan, konektivitas
antar ruang, perubahan dan
keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1
Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas
antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan
pendidikan dalam lingkup
masyarakat di sekitarnya
|
3.1.1Menyebutkan
perjuangan dan perilaku yang pantas
ditiru dari pahlawan Pattimura
4.1.1
Menceritakan sikap kepahlawanan yang dilakukan oleh pahlawan Pattimura
|
2.
|
Matematika
3.3 Memahami
aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur
4.7
Menyatakan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik
|
3.3.1
Membulatkan hasil pengukuran berat ke puluhan terdekat
3.3.2
Menyebutkan data tertinggi dan data terendah dari suatu table yang disajikan
4.7.1
Menyimpulkan data dari tabel atau grafik
|
3.
|
B.
Indonesia
3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku
tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
|
3.5.1 Menyebutkan
perjuangan Pattimura
3.5.2
Menceritakan perjuangan Pattimura dalam melawan penjajah dengan bahasa lisan
|
4.
|
IPA
3.7
Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi,
dan masyarakat
4.6 Menyajikan
laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
|
3.7.1
Menyebutkan rempah-rempah dan ciri-cirinya.
3.7.2
Menjelaskan Sumber Daya Alam rempah-rempah dan pemanfaatannya oleh masyarakat
|
C.
Materi
Dan Kegiatan Pembelajaran
IPS : Mengenal Pahlawan
Indonesia dan Pahlawan Pattimura
Matematika : Membulatkan suatu bilangan
B.Indonesia : Membaca teks pahlawan dan memilih
kosa kata baku
IPA : Mengenal ciri-ciri
rempah-rempah
D. Metode pembelajaran
1. Pendekatan
: Saintifik
2. Model : Pembelajaran Discovery
Learning
E.
Media,
Alat, Sumber Belajar
·
Media :
-
gambar peta Indonesia
-
Stik foto
pahlawan
-
Uang kertas yang
dibawa siswa
-
Beberapa macam
rempah-rempah
-
Gelas air
mineral bekas
·
Sumber belajar :
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.
F. Langkah-langkah
pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
Pendahuluan
|
a.
Persiapan psikis dan fisik dengan membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama (menghayati ajaran agama)
b.
Siswa diberikan waktu bebas ± 10 menit untuk
menanyikan lagu Indonesia raya dan Literasi membaca
c.
Guru memberikan apersepsi terkait manfaat
menghafal lagu nasional dengan sikap teladan pahlawan perjuangan
d.
Siswa menyimak dan aktif satu persatu menyebutkan
nama pahlawan yang mereka ketahui di gambar uang kertas yang mereka miliki
e.
Siswa mendengarkan guru menyampaikan secara singkat garis
besar materi yang akan disajikan yaitu tentang pahlawan di wilayah Indonesia pada
jaman penjajahan
f.
Guru memberi motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
g.
Siswa
mendengarkan guru menyampaikan pengantar tentang
pelajaran yang akan dibahas hari ini.
|
Inti
|
a.
Orientasi peserta
didik pada permasalahan
b.
Siswa memperhatikan
guru membacakan teks tentang “Pahlawan”
c.
Siswa kembali
membacakan teks “Pahlawan”
d.
Guru memperlihatkan
poster peta Indonesia dan gambar pahlawan pada stik
e.
Siswa mencocokkan
gambar pahlawan berdasarkan asal daerahnya pada peta
f.
Siswa menyebutkan
benar-salah gambar pahlawan menurut asalnya secara acak
g.
Guru menjelaskan
perjuanagan dan wilayah-wilayah di Indonesia yang dijajah Belanda
h.
Siswa diberi kesempatan
untuk meneksplor pertanyaan yang ingin mereka ketahui terkait wilayah dan
pahlawan Indonesia yang sudah dicocokkan pada gambar
i.
Siswa menulis dibuku
masing-masing nama pahlawan pada gambar dan asal daerahnya
j.
Guru mengenalkan satu
pahlawan pada jaman penjajahan yaitu “Kapiten Pattimura”
k.
Siswa menyebutkan
perjuangan dari Pattimura
l.
Siswa menyebutkan nama
rempah-rempah Indonesia yang ingin direbut Belanda
m. Siswa
mengira berat rempah-rempah yang dibawa
n.
Guru menjelaskan
pembulatan bilangan ke puluhan terdekat
o.
Siswa mulai membuat
tabel data rempah beserta berat perkiraannya
p.
Siswa mulai memilih
berat perkiraan rempah yang paling timggi hingga rendah
q.
Siswa membaca
keterangan tentang perjuangan Pattimura
r.
Siswa menyebutkan sikap
yang dapat dicontoh dari Pattimura
s.
Siswa menyimak kata
baku dari teks
t.
Guru menguji pengenalan
nama rempah-rempah yang dibawa
u.
Siswa berkelompok mengamati
masing-masing rempah-rempah
v.
Siswa menyebutkan
ciri-ciri dari rempah yang ada
w. Siswa
mencatat masing-masing pada kelompoknya ciri dari rempah-rempah tersebut
x.
Siswa membuat tabel
pengamatan ciri-ciri rempah-rempah
y.
Guru menyiapkan gelas
air mineral bekas dan membagi pada masing-masing kelompok kerja siswa
z.
Siswa diminta menanam
rempah-rempah yang ada di gelas air mineral bekas
|
Penutup
|
a.
Siswa dibawah
bimbingan guru membuat kesimpulan tentang materi
belajar yang telah didapat siswa selama pembelajaran.
b.
Guru memberikan penghargaan terhadap siswa yang aktif
c.
Mengumpulkan
hasil kelompok kerja yang dikerjakan siswa
d.
Memberi penguatan
tentang materi
e.
Siswa diberi pesan tentang nilai dan moral yang berkaitan dengan
materi
f.
Menutup pelajaran dengan berdo’a sesuai dengan agama dan keyakinan
masing-masing.
|
H. Penilaian Hasil Belajar
1.
Sikap
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c.
Rubrik : Terlampir
2.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Unjuk Kerja Kelompok
b.
Bentuk Instrumen : tabel pengamatan
c.
Bentuk
Soal dan penskoran : Terlampir
3.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Observasi dan Praktek
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi hasil laporan
c.
Rubrik : Terlampir
I.
Instrumen Penilaian
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Bersatu
|
Kerja
Sama
|
Tolong
Menolong
|
Percaya
diri
|
Keterangan
|
||||
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
PB
= Perlu Bimbingan
SB
= Sangat Baik
2. Rubrik
penilaian pengetahuan
Isi kolom kosong berdasarkan gambar da
nasal daerahnya di bawah ini dengan jawaban yang telah disediakan!
1.
2.
3.
4.
5.
6.
1.
Rubrik
Penilaian Keterampilan
No
|
Nama
|
Kriteria
|
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|
1. Mampu melakukan pembulatan bilangan pada perkiraan
timbangan
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|||
3
|
|
|
|
|
|||
4
|
|
|
|
|
|||
2
|
|
2. Mampu
mencocokkan gambar pahlawan berdasarkan wilahnya
pada peta
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|||
3
|
|
|
|
|
|||
4
|
|
|
|
|
|||
3
|
|
3.
Mampu mengamati ciri-ciri rempah-rempah dan mengisi tabel
pengamatan.
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|||
3
|
|
|
|
|
|||
4
|
|
|
|
|
|||
4
|
|
4.
Mampu mengurutkan hasil hasil pembulatan bilangan bulat
dari yang tinggi hingga rendah
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|||
3
|
|
|
|
|
|||
4
|
|
|
|
|
|||
5
|
|
5.
Mampu
mengikuti instruksi menanan rempah di gelas air mineral bekas
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|||
3
|
|
|
|
|
|||
4
|
|
|
|
|
Keterangan:
Nilai
rentang antara 1 – 4, dengan deskripsi sebagai berikut:
1
= Kurang ( Anak masih harus dibantu dan diingatkan )
2
= Cukup (Anak masih harus dibantu )
3
= Baik ( Anak sudah mandiri namun perlu diingatkan)
4
= Sangat
Baik ( Anak sudah mampu mandiri)
Jumlah Skor yang
di peroleh
Nilai
=
X 4
Jumlah
Skor
Banjarmasin, 1 Maret 2017
|
Guru Kelas VIIB
---------------------------
|
Selamat malam mbak, mau tanya tentang skala untuk referensi di mana ya mbak?. kebetulan saya sedang skripsi dan butuh skala untuk bab 3. Terima kasih
BalasHapus