RPP tunarungu K13 SMPLB

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan          :  SMPLB YPLB Banjarmasin

Mata pelajaran     :  IPS, Matematika, B.Indonesia dan IPA

Kelas / semester               :  VII/ 2
Tema                                :  Pahlawanku
Sub Tema                         : Pahlawan Kebanggaanku
Materi Pembelajaran       :  Pembelajaran 1
Alokasi waktu                  :  1 hari (8x35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI   
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda – benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI  DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN  KOMPETENSI

NO.
Kompetensi Dasar
Indikator pencapaian kompetensi
1.
IPS
3.1 Mengenal manusia, aspek
keruangan, konektivitas
antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup
    masyarakat di sekitarnya

3.1.1Menyebutkan perjuangan   dan perilaku yang pantas ditiru dari pahlawan Pattimura




4.1.1 Menceritakan sikap kepahlawanan yang dilakukan oleh pahlawan Pattimura



2.
Matematika
3.3 Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur
4.7 Menyatakan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik

3.3.1 Membulatkan hasil pengukuran berat ke puluhan terdekat
3.3.2 Menyebutkan data tertinggi dan data terendah dari suatu table yang disajikan
4.7.1 Menyimpulkan data dari tabel atau grafik

3.

B. Indonesia
 3.5 Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu- Buddha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku


3.5.1 Menyebutkan perjuangan Pattimura
3.5.2 Menceritakan perjuangan Pattimura dalam melawan penjajah dengan bahasa lisan

4.
IPA
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat


3.7.1 Menyebutkan rempah-rempah dan ciri-cirinya.
3.7.2 Menjelaskan Sumber Daya Alam rempah-rempah dan pemanfaatannya oleh masyarakat


C.    Materi Dan Kegiatan Pembelajaran
IPS                       : Mengenal Pahlawan Indonesia dan Pahlawan Pattimura
Matematika          : Membulatkan suatu bilangan
B.Indonesia          : Membaca teks pahlawan dan memilih kosa kata baku
IPA                      : Mengenal ciri-ciri rempah-rempah

D.    Metode pembelajaran
1.  Pendekatan     : Saintifik
2. Model               : Pembelajaran Discovery Learning

E.     Media, Alat, Sumber Belajar
·         Media                            :  -    gambar peta Indonesia
-          Stik foto pahlawan
-          Uang kertas yang dibawa siswa
-          Beberapa macam rempah-rempah
-          Gelas air mineral bekas
·         Sumber belajar : Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.   





F.     Langkah-langkah pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
Pendahuluan
a.       Persiapan psikis dan fisik dengan membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama (menghayati ajaran agama)
b.      Siswa diberikan waktu bebas ± 10 menit untuk menanyikan lagu Indonesia raya dan Literasi membaca
c.       Guru memberikan apersepsi terkait manfaat menghafal lagu nasional dengan sikap teladan pahlawan perjuangan
d.      Siswa menyimak dan aktif satu persatu menyebutkan nama pahlawan yang mereka ketahui di gambar uang kertas yang mereka miliki
e.       Siswa mendengarkan guru menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan yaitu tentang pahlawan di wilayah Indonesia pada jaman penjajahan
f.       Guru memberi motivasi  siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
g.      Siswa mendengarkan guru menyampaikan pengantar tentang pelajaran yang akan dibahas hari ini.
Inti
a.       Orientasi peserta didik pada permasalahan
b.      Siswa memperhatikan guru membacakan teks tentang “Pahlawan”
c.       Siswa kembali membacakan teks “Pahlawan”
d.      Guru memperlihatkan poster peta Indonesia dan gambar pahlawan pada stik
e.       Siswa mencocokkan gambar pahlawan berdasarkan asal daerahnya pada peta
f.       Siswa menyebutkan benar-salah gambar pahlawan menurut asalnya secara acak
g.      Guru menjelaskan perjuanagan dan wilayah-wilayah di Indonesia yang dijajah Belanda
h.      Siswa diberi kesempatan untuk meneksplor pertanyaan yang ingin mereka ketahui terkait wilayah dan pahlawan Indonesia yang sudah dicocokkan pada gambar
i.        Siswa menulis dibuku masing-masing nama pahlawan pada gambar dan asal daerahnya
j.        Guru mengenalkan satu pahlawan pada jaman penjajahan yaitu “Kapiten Pattimura”
k.      Siswa menyebutkan perjuangan dari Pattimura
l.        Siswa menyebutkan nama rempah-rempah Indonesia yang ingin direbut Belanda
m.    Siswa mengira berat rempah-rempah yang dibawa
n.      Guru menjelaskan pembulatan bilangan ke puluhan terdekat
o.      Siswa mulai membuat tabel data rempah beserta berat perkiraannya
p.      Siswa mulai memilih berat perkiraan rempah yang paling timggi hingga rendah
q.      Siswa membaca keterangan tentang perjuangan Pattimura
r.        Siswa menyebutkan sikap yang dapat dicontoh dari Pattimura
s.       Siswa menyimak kata baku dari teks
t.        Guru menguji pengenalan nama rempah-rempah yang dibawa
u.      Siswa berkelompok mengamati masing-masing rempah-rempah
v.      Siswa menyebutkan ciri-ciri dari rempah yang ada
w.    Siswa mencatat masing-masing pada kelompoknya ciri dari rempah-rempah tersebut
x.      Siswa membuat tabel pengamatan ciri-ciri rempah-rempah
y.      Guru menyiapkan gelas air mineral bekas dan membagi pada masing-masing kelompok kerja siswa
z.       Siswa diminta menanam rempah-rempah yang ada di gelas air mineral bekas
Penutup

a.       Siswa dibawah bimbingan guru membuat  kesimpulan tentang materi  belajar yang telah didapat siswa selama pembelajaran.
b.      Guru memberikan penghargaan terhadap siswa yang aktif
c.       Mengumpulkan hasil kelompok kerja yang dikerjakan siswa
d.      Memberi penguatan tentang materi
e.       Siswa diberi pesan tentang nilai dan moral yang berkaitan dengan materi
f.       Menutup pelajaran dengan berdo’a sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

H.       Penilaian Hasil Belajar
1.      Sikap
a.    Teknik Penilaian                      : Observasi
b.    Bentuk Instrumen                   : Lembar Observasi
c.    Rubrik                                     : Terlampir
2.      Pengetahuan
a.    Teknik Penilaian                      : Tes Unjuk Kerja Kelompok
b.    Bentuk Instrumen                   : tabel pengamatan
c.    Bentuk Soal dan penskoran    : Terlampir
3.      Keterampilan
a.    Teknik Penilaian                      : Observasi dan Praktek
b.    Bentuk Instrumen                   : Lembar Observasi hasil laporan
c.    Rubrik                                     : Terlampir
I.       Instrumen Penilaian
1.      Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Bersatu
Kerja Sama
Tolong Menolong
Percaya diri
Keterangan
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
1










2










3










4










5










Keterangan:
PB = Perlu Bimbingan
SB = Sangat Baik





2.   Rubrik penilaian pengetahuan
Isi kolom kosong berdasarkan gambar da nasal daerahnya di bawah ini dengan jawaban yang telah disediakan!
1.     





 


                                   


2.     









3.       




 



4.     


 






5.     




 




6.       




 























1.      Rubrik Penilaian Keterampilan
No
Nama
Kriteria

Skor
1
2
3
4
1

1.      Mampu melakukan pembulatan bilangan pada perkiraan timbangan
1




2




3




4




2

2.      Mampu mencocokkan gambar pahlawan berdasarkan wilahnya pada peta
1




2




3




4




3

3.      Mampu mengamati ciri-ciri rempah-rempah dan mengisi tabel pengamatan.
1




2




3




4




4

4.      Mampu mengurutkan hasil hasil pembulatan bilangan bulat dari yang tinggi hingga rendah
1




2




3




4




5

5.      Mampu mengikuti instruksi menanan rempah di gelas air mineral bekas
1




2




3




4




Keterangan:
Nilai rentang antara 1 – 4, dengan deskripsi sebagai berikut:
1 = Kurang ( Anak masih harus dibantu dan diingatkan )
2 = Cukup  (Anak masih harus dibantu )
3 = Baik ( Anak sudah mandiri namun perlu diingatkan)
4 = Sangat Baik ( Anak sudah mampu mandiri)        
                  Jumlah Skor yang di peroleh
Nilai =                                                         X 4
                                    Jumlah Skor
Banjarmasin, 1 Maret 2017
                                                                       
Mengetahui,
Kepala SMPLB YPLB Banjarmasin



-------------------------------------------

Guru Kelas VIIB








---------------------------


Komentar

  1. Selamat malam mbak, mau tanya tentang skala untuk referensi di mana ya mbak?. kebetulan saya sedang skripsi dan butuh skala untuk bab 3. Terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

instrumen asesmen ABK (kesulitan membaca)

instrumen identifikasi anak hiperaktif

identifikasi anak tuna daksa (laporan observasi)